Daftar Top Skor Piala Dunia 2022: Mbappe dan Gakpo Bersaing

Rashford juga sudah mencetak tiga gol

Jakarta, IDN Times - Persaingan top skor Piala Dunia 2022 kian ramai. Hingga laga terakhir babak penyisihan Grup A dan B, tercatat empat pemain menjadi pencetak gol terbanyak.

Mereka adalah Kylian Mbappe (Prancis), Enner Valancia (Ekuador), Cody Gakpo (Belanda), dan Marcus Rashford (Inggris). Keempat nama ini sementara jadi yang paling berpeluang meraih penghargaan Golden Boot Piala Dunia 2022.

Menariknya, mereka yang memimpin perburuan sepatu emas sampai hari ini sama-sama mencetak tiga gol sepanjang babak penyisihan Piala Dunia.

1. Kylian Mbappe

Daftar Top Skor Piala Dunia 2022: Mbappe dan Gakpo Bersaingpotret Kyiian Mbappe bersama Prancis (skysports.com)

Top Skor pertama di ajang Piala Dunia 2022 adalah bintang Prancis, Kylian Mbappe. Dari dua laga yang sudah dilakoninya, Mbappe mencetak tiga gol untuk Les Blues.

Pesepak bola 23 tahun ini mencetak gol pertama di Piala Dunia 2022 pada menit ke-68 saat melawan Australia. Dalam laga tersebut, Prancis menang 4-1. Gol Mbappe menjadi gol terakhir negaranya dalam duel itu.

Dua gol Mbappe lainnya dicetak saat Prancis melawan Denmark. Mbappe jadi satu-satunya pencetak gol untuk Prancis dari laga tersebut.

2. Enner Valencia

Daftar Top Skor Piala Dunia 2022: Mbappe dan Gakpo BersaingKapten Ekuador, Enner Valencia, merayakan gol ke gawang Qatar di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Pencetak gol terbanyak kedua adalah pesepak bola Ekuador, Enner Valencia. Sudah tiga gol juga dicetak pespeak bola 33 tahun itu di ajang Piala Dunia 2022.

Enner mencetak gol Piala Dunia 2022 pertamanya di laga kontra Qatar pada menit ke-16. Kala itu, Enner sukses mengeksekusi penalti untuk Ekuador. Gol kedua tercipta di laga yang sama (31') dan memastikan Ekuador menang 2-0 atas Qatar.

Saat menghadapi Belanda, Valencia kembali membubuhkan namanya di papan skor. Hal itu terasa spesial karena Ekuador sukses mengakhiri laga dengan hasil imbang 1-1.

Namun, gol itu dipastikan jadi yang terakhir dilesakan Valencia untuk La Tri di Piala Dunia 2022. Sebab, Ekuador sudah tersingkir dalam ajang empat tahunan ini.

3. Cody Gakpo

Daftar Top Skor Piala Dunia 2022: Mbappe dan Gakpo BersaingGelandang muda Belanda, Cody Gakpo, merayakan gol ke gawang Senegal di Piala Dunia 2022 (Twitter @FIFAWorldCup)

Belanda juga mempunyai top skor di Piala Dunia 2022. Cody Gakpo mencetak tiga gol di tiga laga yang sudah dilakoninya bersama De Oranje sepanjang babak penyisihan Piala Dunia 2022.

Gol pertama Gakpo tercipta di laga Belanda kontra Senegal (84') yang berakhir dengan kemenangan Belanda 2-0.

Diturunkan dalam skuad melawan Ekuador, Gakpo menyumbang angka juga untuk Belanda pada menit ke-6. Laga berakhir imbang 1-1.

Dijamu tuan rumah, Qatar, Gakpo sekali lagi menyumbang gol untuk Belanda. Gol Gakpo tercipta di menit ke-26 yang disempurnakan oleh gol Frenkie de Jong (49') sehingga membawa Belanda menang 2-0 atas Qatar.

Catatan itu berpotensi bertambah. Selain karena Belanda lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022, Gakpo juga terus menunjukkan konsistensinya sepanjang turnamen.

4. Marcus Rashford

Daftar Top Skor Piala Dunia 2022: Mbappe dan Gakpo BersaingMarcus Rashford mencetak dua gol untuk timnas Inggris di laga vs Wales babak penyisihan grup B Piala Dunia 2022 (Twitter.com/FIFAWorldCup)

Pemain Inggris, Marcus Rashford jadi nama terakhir yang mencatatkan namanya sebagai top skor sementara Piala Dunia 2022. 

Gol pertama Rashford dicetak di menit ke-71 saat Inggris pesta gol 6-2 kontra Iran. Dua gol Rashford lainnya tercipta dalam laga kontra Wales (50' dan 68').

Marcus Rashford pun masih bisa bersaing dengan Kylian Mbappe dan Cody Gakpo untuk bersaing memperebutkan gelar top skor. Maklum, negara yang mereka bela juga bakal tampil di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Daftar Top Scorer Piala Dunia: Valencia dan Mbappe Terdepan

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya