5 Momen Gol Ronaldo di Piala Dunia, Cetak Hattrick ke Gawang Spanyol!

Ronaldo bakal lakoni Piala Dunia terakhir? 

Cristiano Ronaldo telah mengukir sejarah panjang di rumput hijau. Kisah perjalanan kariernya sangat populer di seantero dunia. Bermodal nekat, bocah bersepatu lusuh kini menjelma legenda tersukses dalam sejarah sepak bola.

Bukan sekadar emblem semata, sejauh ini Ronaldo masih memegang rekor gol terbanyak di dunia. Ia telah mengantongi 818 gol yang dicetak dalam 1.140 penampilan. Sebanyak 117 gol di antaranya dicetak CR7 untuk Timnas Portugal. 

Dari sekian banyak rekor yang sudah terpecahkan, Cristiano Ronaldo ternyata belum pernah menembus top skor turnamen antarnegara. Padahal, sang pemain telah mentas di empat edisi Piala Dunia terakhir (2006, 2010, 2014, dan 2018).

Terbilang agak langka, sangat menarik untuk melihat momen-momen gol Cristiano Ronaldo di Piala Dunia. Simak lima ulasan momennya berikut ini!

1. Ronaldo mencetak gol Piala Dunia pertamanya pada 2006

5 Momen Gol Ronaldo di Piala Dunia, Cetak Hattrick ke Gawang Spanyol!Cristiano Ronaldo saat mencetak gol pertamanya di Piala Dunia pada 2006 silam. (twitter.com/brfootball)

Pada Juli 2002 silam, nama Cristiano Ronaldo baru lahir di dunia sepak bola profesional. Bocah berusia 17 tahun diperkenalkan ke publik oleh Sporting Lisbon. Musim 2002/2003 merupakan awal dari langkah panjangnya. 

Luiz Felipe Scolari yang saat itu menjabat kursi pelatih Timnas Portugal langsung mencium talenta Ronaldo. Sang juru taktik segera mengorbitkannya ke level internasional pada 20 Agustus 2003.

Ronaldo tampil sangat baik di Euro 2004 dan di Kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa pada 2005. Sang striker kemudian langsung jadi pemain reguler di Piala Dunia pertamanya pada 2006 di Jerman.

Gol debut Ronaldo di Piala Dunia terjadi saat Portugal menang 2-0 menghadapi Iran di babak penyisihan grup pada 17 Juni 2006. CR7 mencetak golnya melalui titik putih atau penalti pada menit ke-80.

2. Ronaldo sumbang satu gol saat Portugal melumat Korea Utara pada Piala Dunia 2010

5 Momen Gol Ronaldo di Piala Dunia, Cetak Hattrick ke Gawang Spanyol!Cristiano Ronaldo sumbang satu gol saat Portugal melumat Korea Utara pada Piala Dunia 2010. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Timnas Portugal tidak punya rekor mentereng di Piala Dunia selain jadi juara tiga pada 1966 dan juara empat pada 2006. Dalam sejarahnya, tim dengan julukan Selecao Das Quinas tersebut tidak pernah menjadi juara utama. 

Dari tujuh kali kesempatan berpartisipasi di Piala Dunia, Portugal sering terdepak di fase grup dan fase gugur. Hal serupa terjadi pula pada Piala Dunia 2010 saat Ronaldo didapuk menjadi kapten. Kala itu, Portugal tersingkir di fase gugur usai kalah 0-1 dari Spanyol.

Namun, momen saat CR7 mencetak gol ke gawang Korea Utara masuk ke dalam catatan sejarah. Portugal memenangi pertandingan dengan skor 7-0 pada 21 Juni 2010. Itu merupakan kemenangan terbesar dalam sejarah Timnas Portugal.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Ngaku Tak Berhubungan Baik dengan Erik ten Hag

3. Jarang cetak gol di Piala Dunia, Ronaldo hanya mencetak satu gol pada Piala Dunia 2014

5 Momen Gol Ronaldo di Piala Dunia, Cetak Hattrick ke Gawang Spanyol!Cristiano Ronaldo (twitter.com/FIFAWorldCup)

Tidak dapat dibantah, Cristiano Ronaldo memang jarang mencetak gol pada tiap edisi Piala Dunia. Termasuk pula pada Piala Dunia 2014 di Brasil, sang legenda hidup hanya menyumbang satu gol untuk Timnas Portugal.

Pada pertandingan kontra Ghana, 26 Juni 2014, Portugal unggul terlebih dahulu, tetapi berkat gol bunuh diri dari pemain lawan. Skor berubah menjadi 1-1 pada menit ke-57. Kebuntuan sempat terjadi sampai Ronaldo mencetak gol pada menit ke-80 yang membuat Portugal menang 2-1.

Hanya itu momen gol yang diciptakan Cristiano Ronaldo pada Piala Dunia 2014. Portugal sendiri langsung tersingkir usai pertandingan itu selesai. Mereka kalah saing oleh Jerman dan Amerika Serikat yang juga tergabung di Grup G.

4. Momen ikonik terjadi saat hattrick dilesatkan Ronaldo ke gawang Spanyol pada Piala Dunia 2018

5 Momen Gol Ronaldo di Piala Dunia, Cetak Hattrick ke Gawang Spanyol!Cristiano Ronaldo (fifa.com)

Cristiano Ronaldo mengukir momen terbaiknya pada Piala Dunia 2018 di Rusia. Megabintang berusia 37 tahun tersebut tampil mengejutkan pada laga pembuka saat Timnas Portugal dipertemukan dengan Timnas Spanyol.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah, Ronaldo akhirnya bisa mencatatkan hattrick di Piala Dunia. Ia tiga kali menjebol gawang Spanyol pada 15 Juni 2018.

Momen hattrick itu cukup sensasional. Pasalnya, Portugal hampir kalah saat Spanyol unggul 3-2 pada menit ke-80. Namun, CR7 berhasil melesatkan gol terakhir pada menit ke-88 dari tendangan bebas yang membuat laga menjadi imbang 3-3.

5. Gol terakhir Ronaldo di Piala Dunia dicetak ke gawang Timnas Maroko pada 20 Juni 2018

5 Momen Gol Ronaldo di Piala Dunia, Cetak Hattrick ke Gawang Spanyol!Cristiano Ronaldo (twitter.com/brfootball)

Cristiano Ronaldo mencetak gol tunggal saat Timnas Portugal menang 1-0 atas Timnas Maroko pada 20 Juni 2018. Tak kalah sensasional, Ronaldo kala itu menembus gawang Timnas Maroko menggunakan sundulan kepala pada menit ke-4. 

Sayang, penampilan apik Cristiano Ronaldo tetap tidak berhasil membawa Timnas Portugal melaju lebih jauh di Piala Dunia 2018. Langkah tim besutan pelatih Fernando Santos itu terhenti di fase gugur lantaran kalah 1-2 dari Uruguay.

 

Meski sudah tua, Cristiano Ronaldo belum menunjukkan tanda ingin pensiun. Namun, karena usia yang hampir berkepala empat, Piala Dunia 2022 Qatar tampaknya akan menjadi akhir dari perjalanan CR7 di turnamen antarnegara tersebut.

Baca Juga: Ronaldo Akui MU yang Sekarang Sangat Suram

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya