6 Klub dengan Poin Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions 

Klub mana yang pantas disebut sebagai Raja Eropa?

Pencapaian para klub dalam sebuah kompetisi sangat menarik untuk dibahas. Terlebih lagi di Liga Champions. Tak sembarang klub yang bisa berlaga di kompetisi teratas di Benua Biru tersebut.

Liga Champions menjadi kompetisi bergengsi yang dianggap krusial. Meraih trofi pun menjadi impian yang harus dikejar dengan perjuangan ekstra. Nah, kali ini ada enam klub dengan torehan poin terbanyak di liga tersebut. Yuk, langsung simak daftarnya di bawah ini!

Baca Juga: 8 Pelatih Tersukses di Liga Champions, Zidane Kalahkan Guardiola

1. AC Milan (417 Poin dalam 241 Pertandingan)

6 Klub dengan Poin Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions footballwhispers.com

AC Milan saat ini sedang berada di performa terbaiknya. Serie A semakin seru dengan ketatnya persaingan. Namun, sayangnya musim ini AC Milan tak berlaga di Liga Champions karena hanya finis di posisi keenam Serie A musim 2019/2020. 

Sejauh ini, AC Milan tercatat pernah 7 kali memenangkan trofi kompetisi teratas di Eropa tersebut. Dengan penghitungan poin yang berlaku saat ini, AC Milan berhasil mengumpulkan 417 poin dalam 241 pertandingan mereka di Liga Champions.

2. Juventus (484 Poin dalam 275 Pertandingan)

6 Klub dengan Poin Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions transfermarkt.com

Selain AC Milan, Juventus juga merupakan tim tersukses di Italia. Klub berjuluk Si Nyonya Tua itu mengoleksi 36 trofi Serie A dan bertahan secara betuntun dari musim 2011/2012 hingga kini.

Tidak hanya itu, Juventus juga punya catatan bagus di Liga Champions. Meskipun hanya pernah meraih trofi dua kali, Juve sukses mengumpulkan 484 poin dalam 275 pertandingan yang menjadi pencapaian yang sangat baik bagu klub yang bermarkas di Turin tersebut.

3. Manchester United (503 Poin dalam 269 Pertandingan)

6 Klub dengan Poin Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions planetfootball.com

Dahulu kala, Manchester United mampu menguasai sepak bola Inggris. Itu terjadi saat Sir Alex Ferguson masih menduduki kursi manajer. Selain merajai Inggris, Manchester United juga mampu merajai Eropa di bawah komando Fergie. Ferguson sendiri merupakan pelatih dengan penampilan terbanyak dalam sejarah Liga Champions.

Untuk koleksi trofi Liga Champions, Setan Merah sampai saat ini hanya memiliki 3 trofi. Namun, catatan 503 poin dalam 269 pertandingan di Liga Champions menjadi catatan yang cukup apik. Di bawah asuhan Solskjaer sekarang, MU diharapkan bisa bertahan hingga final di kompetisi tersebut.

4. Barcelona (616 Poin dalam 311 Pertandingan)

6 Klub dengan Poin Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions dailymail.co.uk

Meskipun drama klub dengan Lionel Messi saat ini belum kunjung usai, Barcelona tetaplah salah satu tim yang musim ini dijagokan akan juara di Liga Champions. Materi pemain Barcelona masih terbilang jempolan meskipun terseok-seok di LaLiga musim ini.

Di Liga Champions, El Barca tercatat telah mengoleksi 616 poin dalam 311 pertandingan. Untuk jumlah gelar juara, raksasa Spanyol ini sudah 5 kali meraih trofi Liga Champions. Gelar Liga Champions pertama diraih pada musim 1991/1992, disusul pada musim 2005/2006, 2008/2009, 2010/2011, dan 2014/2015.

5. Bayern Munchen (674 Poin dalam 346 Pertandingan)

6 Klub dengan Poin Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions twitter.com/FCBayernEN

Musim lalu, Bayern Munchen sukses meraih treble winner di bawah arahan Hansi Flick. Tiga piala diboyong Die Roten, termasuk gelar Liga Champions. Kesuksesan meraih treble winner itu menjadi yang kedua kali untuk klub yang bermarkas di Allianz Arena tersebut.

Trofi yang dipersembahkan Flick merupakan trofi Liga Champions ke-6 untuk Bayern. Secara jumlah poin, dari 346 pertandingan, klub raksasa Jerman ini tercatat mengumpulkan 674 poin. Musim ini pun Die Roten akan berusaha mempertahankan gelarnya dan pastinya poin mereka akan terus bertambah.

6. Real Madrid (856 poin dalam 437 pertandingan)

6 Klub dengan Poin Terbanyak dalam Sejarah Liga Champions espn.com

Rahian gelar Liga Champions milik Real Madrid merupakan yang paling banyak dari klub lain sepanjang sejarah. Jaraknya dengan posisi kedua pun sangat jauh, yakni 7 milik AC Milan berbanding 13 milik Madrid. Ke-13 trofi tersebut sukses mengisi lemari klub berjuluk Los Blancos tersebut. Secara raihan poin, 856 poin dalam 437 pertandingan pun membuat Madrid menjadi tim dengan poin Liga Champions sepanjang sejarah.

Dua musim tanpa Ronaldo yang sudah pindah ke Juventus, El Real masih kesulitan untuk berbicara banyak di Liga Champions. Musim ini di bawah asuhan Zinedine Zidane, El Real masih bertahan di fase penyisihan grup Liga Champions, namun dengan posisi yang terjepit. Bisakah Madrid lolos ke babak 16 besar dan menambah koleksi trofinya musim ini?

Kompetisi yang sangat ketat dan enam klub di atas memang pantas mendapat catatan bagus dalam sejarah. Kira-kira, klub mana yang akan juara musim ini?

Baca Juga: 8 Pelatih Tersukses di Liga Champions, Zidane Kalahkan Guardiola

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya