Mengenal Ibrahima Konate, Pemain Muslim yang Pecahkan Rekor di UCL

Konate pecahkan rekor gol di perempat final Liga Champions 

Pemain anyar Liverpool, Ibrahima Konate, sedang jadi buah bibir di ajang Eropa. Dalam dua pertandingan di perempat final Liga Champions Eropa 2021/2022, sang pemain berhasil menyumbang gol.

Dengan dua gol yang telah dicetaknya untuk Liverpool, Ibrahima Konate kian percaya diri untuk mengembangkan kariernya. Untuk itu, mari menilik profil singkat, perjalanan karier, hingga statistik sang pemain!

1. Ibrahima Konate merupakan pemain muslim kelahiran Prancis

Mengenal Ibrahima Konate, Pemain Muslim yang Pecahkan Rekor di UCLpotret Ibrahima Konate (instagram.com/ibrahimakonate)

Nama Ibrahima Konate memang agak asing di telinga. Ia merupakan pemain yang lahir di Paris, Prancis, pada 25 Mei 1999. Namun, Konate punya darah Mali, Afrika Barat, dari orangtuanya sehingga ia menganut agama Islam.

Ibrahima Konate sekarang masih berusia 22 tahun. Ia memiliki tinggi badan mencapai 194 cm dan dipercaya bermain di posisi belakang sebagai bek tengah.

2. Sebelum mendarat di Inggris, Ibrahima Konate sempat melancong ke Jerman

Mengenal Ibrahima Konate, Pemain Muslim yang Pecahkan Rekor di UCLpotret Ibrahima Konate (instagram.com/ibrahimakonate)

Kebanyakan pemain berbakat sudah dilatih sejak usia dini, tidak terkecuali Ibrahima Konate. Ia mulai belajar sepak bola sejak menginjak usia 10 tahun. Konate sendiri memilih klub di tanah kelahirannya, yakni tim junior Paris FC (2009—2014). 

Meski begitu, FC Sochaux menjadi tempat awal keberhasilan Konate di karier profesional. Ia pindah ke klub tersebut dan bermain di tim U-19 pada 2014. Sebelum diangkat ke tim utama, Konate juga sempat bermain di tim B dua tahun setelahnya.

Pada Januari 2017, Konate resmi menandatangani kontrak untuk tim utama Sochaux. Tak berselang lama, ia diboyong RB Leipzig pada Juli tahun yang sama dengan status bebas transfer.

Baca Juga: 5 Bek Prancis yang Pernah Membela Liverpool, Ibrahima Konate Terbaru!

3. Jurgen Klopp rela gelontorkan dana besar demi rekrut Ibrahima Konate

Mengenal Ibrahima Konate, Pemain Muslim yang Pecahkan Rekor di UCLpotret Ibrahima Konate (instagram.com/ibrahimakonate)

Selama 4 tahun (2017— 2021) bersama RB Leipzig, Ibrahima Konate tampil dalam 95 pertandingan dengan torehan 9 gol dan 1 assist. Statistik tersebut tentu cukup apik bagi seorang bek.

Melihat bakat tersembunyi Konate, Jurgen Klopp rela menggelontorkan dana sebesar 40 juta euro atau sekitar Rp626 miliar untuk membawanya ke Anfield Stadium pada musim panas 2021. Konate pun resmi menjadi milik Liverpool.

4. Konate baru saja mencatatkan rekor gol di Liga Champions

Mengenal Ibrahima Konate, Pemain Muslim yang Pecahkan Rekor di UCLpotret Ibrahima Konate (twitter.com/ChampionsLeague)

Ibrahima Konate melakoni laga debut untuk Liverpool pada 18 September 2021 di English Premier League (EPL). Namun, ia baru pecah telur dalam pertandingan leg pertama perempat final Liga Champions Eropa 2021/2022 menghadapi Benfica, Rabu (6/5/2022).

Konate kemudian mencetak satu gol lagi dalam pertandingan leg kedua pada Kamis (14/5/2022) dini hari. Dua gol tersebut menjadikannya pemain Liverpool keempat yang mampu mencetak gol pada kedua leg perempat final Liga Champions.

Pemain Liverpool sebelum Konate yang berhasil melakukannya adalah Peter Crouch (2006/2007), Mohamed Salah (2017/2018), dan Roberto Firmino (2018/2019). Konate kini berada di jajaran elite.

5. Begini statistik lengkap Konate yang masih berusia 22 tahun

Mengenal Ibrahima Konate, Pemain Muslim yang Pecahkan Rekor di UCLpotret Ibrahima Konate (instagram.com/ibrahimakonate)

Konate melakukan debut karier profesional pada usia 17 tahun. Sekarang ia baru menginjak usia 22 tahun. Artinya, bek tengah satu ini belum punya pengalaman yang cukup panjang.

Selama kurun waktu 5 tahun (2017— 2022), Ibrahima Konate baru mencetak 7 gol dan 2 assist dalam 129 penampilan untuk FC Sochaux, RB Leipzig, dan Liverpool. Angka itu bisa bertambah mengingat kariernya yang terus berkembang.

Musim 2021/2022 sendiri merupakan musim pertama Ibrahima Konate bersama Liverpool. Ia punya banyak waktu untuk mendapatkan tempat yang lebih layak di Anfield. Apalagi durasi kontraknya bertahan sampai Juni 2026.

Baca Juga: Menakar Kehebatan Ibrahima Konate, Tandem Baru Van Dijk di Liverpool

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya