Menilik Kiprah Dusan Vlahovic di Serie A, Catat Rekor Anyar! 

Dusan Vlahovic telah mencapai gol ke-50 di Serie A

Di tengah-tengah persaingan ketat sepak bola Eropa, banyak bermunculan talenta muda. Salah satunya Dusan Vlahovic. Ia tengah naik daun di Serie A Italia.

Vlahovic sedang dielu-elukan karena aksi gokilnya di lapangan. Apalagi setelah merapat ke Juventus, namanya makin melambung. Ia juga baru mencatatkan rekor anyar.

1. Dusan Vlahovic bukan pemain asli Italia

Menilik Kiprah Dusan Vlahovic di Serie A, Catat Rekor Anyar! potret Dusan Vlahovic (twitter.com/6ixSideCalcio)

Meskipun sukses berkarier pada usia muda di Serie A, Dusan Vlahovic sama sekali tidak memiliki darah Italia. Ia merupakan pemain kelahiran Serbia, 28 Januari 2000. Artinya, sekarang Vlahovic masih berusia 22 tahun.

Sebelum terbang ke Italia, Vlahovic belajar sepak bola di klub negara asalnya, Partizan, sajak berusia 14 tahun. Ia kini memiliki postur tubuh yang tinggi, yakni mencapai 190 cm. Di lapangan sendiri, ia dipercaya bermain sebagai penyerang tengah.

2. Vlahovic sudah merantau ke Italia sejak berusia 18 tahun

Menilik Kiprah Dusan Vlahovic di Serie A, Catat Rekor Anyar! potret Dusan Vlahovic (twitter.com/ACFFiorentinaEN)

Sejak remaja, Dusan Vlahovic memang memiliki potensi kuat untuk bersinar di Eropa. Ia diangkat ke tim utama Partizan saat masih berusia 16 tahun pada 2016. Dua tahun kemudian, sang pemain terbang ke Italia.

Fiorentina resmi merekrutnya pada 1 Juli 2018 senilai 1,95 juta euro atau sekitar Rp30 miliar. Dahulu ia bukan siapa-siapa, tetapi namanya melejit setelah tampil apik. Dalam kurun waktu 3,5 tahun bersama Fiorentina, Vlahovic mampu mencetak 49 gol dan 8 assist dalam 108 penampilan.

Baca Juga: Dusan Vlahovic Jadi Faktor Cabutnya Paulo Dybala dari Juventus

3. Meskipun mahal, Juventus beruntung merekrut Vlahovic

Menilik Kiprah Dusan Vlahovic di Serie A, Catat Rekor Anyar! potret Dusan Vlahovic (instagram.com/juventus)

Dusan Vlahovic jadi rekrutan termahal pada bursa transfer musim dingin 2022 lalu. Ia direkrut Juventus dengan mahar mencapai 81,6 juta euro atau sekitar Rp1,2 triliun. Saat itu, nilai pasarnya baru sekitar Rp1 triliun, sekarang sudah naik menjadi Rp1,3 triliun. Fantastis, bukan?

Si Nyonya Tua sangat beruntung. Meskipun mahal, Vlahovic benar-benar membawa pengaruh positif di Allianz Stadium. Sejauh ini, ia telah memberikan 7 gol dan 2 assist hanya dalam 14 pertandingan yang dilakoninya sejak debut pada 6 Februari 2022.

4. Dusan Vlahovic kini telah mencetak total lima puluh gol di Serie A

Menilik Kiprah Dusan Vlahovic di Serie A, Catat Rekor Anyar! potret Moise Kean dan Dusan Vlahovic (twitter.com/toisports)

Juventus menjamu Bologna di Allianz Stadium, Sabtu (16/4/2022) waktu setempat. Tuan rumah hampir kalah karena gawang Wojciech Szczesny berhasil dibobol Marko Arnautovic pada menit ke-52. Namun, Vlahovic berhasil menggagalkan kemenangan lawan.

Dusan Vlahovic mencetak gol untuk Juventus pada 5 menit tambahan waktu. Skor imbang 1-1 pun bertahan sampai laga usai. Selain jadi pahlawan, Vlahovic mencatatkan rekor anyar dalam laga tersebut.

Pemain jangkung satu ini akhirnya mencetak total lima puluh gol di Serie A. Ia menyumbang 44 golnya untuk Fiorentina dan 6 gol lagi untuk Juventus. Tentunya torehan tersebut masih akan bertambah.

5. Vlahovic jadi pemain asing termuda kedua yang berhasil mencapai rekor tersebut

Menilik Kiprah Dusan Vlahovic di Serie A, Catat Rekor Anyar! potret Dusan Vlahovic (instagram.com/vlahovicdusan)

Dusan Vlahovic mencetak 50 golnya di Serie A dalam 108 penampilan dan total 7.274 menit bermain di lapangan. Ia juga telah mengumpulkan delapan assist. Perlahan, tetapi pasti, Vlahovic jadi superstar anyar.

Vlahovic bahkan menjadi pemain asing (bukan orang Italia) termuda kedua (22 tahun 78 hari) yang mencapai rekor lima puluh gol setelah pemain asal Brasil, Alexandre Pato (21 tahun 220 hari).

Bukan hal baru bila pemain muda lebih mendominasi di lapangan, termasuk Dusan Vlahovic. Ia sedang menggebu-gebu untuk memecahkan lebih banyak rekor.

Baca Juga: Momen Dusan Vlahovic Cetak Gol Debut di 6 Kompetisi, Teranyar di UCL

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya