Momen Dusan Vlahovic Cetak Gol Debut di 6 Kompetisi, Teranyar di UCL

Mencetak gol kilat dalam laga debutnya di Liga Champions

Dusan Vlahovic menjadi salah satu pemain muda yang sedang naik daun. Penampilan gemilangnya bersama Juventus mendapat banyak sorotan. Baru-baru ini ia bahkan berhasil mencetak gol tercepat dalam laga debutnya di Liga Champions.

Sebelum jadi salah satu bakat emas pada generasinya, Dusan Vlahovic mencetak gol pertamanya sebagai pesepak bola profesional saat masih berusia 16 tahun. Penasaran? Mari menilik gol-gol debut Vlahovic di berbagai kompetisi berikut ini!

1. Dusan Vlahovic mencetak gol pertamanya di Super Liga Srbije bersama Partizan

Momen Dusan Vlahovic Cetak Gol Debut di 6 Kompetisi, Teranyar di UCLpotret Dusan Vlahovic (twitter.com/SquawkaNews)

Dusan Vlahovic merupakan pemain muda berusia 22 tahun yang lahir di Belgrade, Serbia. Ia memulai karier sepak bolanya di tim junior Partizan. Vlahovic baru resmi diangkat ke tim utama dan melakukan debut profesional pada 21 Februari 2016 silam.

Vlahovic mencetak gol dalam kemenangan 3-2 Partizan atas Radnik Surdulica di Super Liga Srbije pada 2 April 2016. Kala itu, Dusan Vlahovic mencetak gol pada menit ke-54. Usianya baru 16 tahun 2 bulan 5 hari. Gol tersebut merupakan gol debutnya di karier profesional sekaligus gol debut di liga level teratas Serbia.

2. Dusan Vlahovic mencetak gol kedua dan merupakan gol debut di Kup Srbije

Momen Dusan Vlahovic Cetak Gol Debut di 6 Kompetisi, Teranyar di UCLpotret Dusan Vlahovic (twitter.com/shumanskoo)

Tak berselang lama, Dusan Vlahovic mencatatkan gol kedua di karier profesional pada 20 April 2016. Kala itu Partizan harus menghadapi Spartak Subotica di Kup Srbije. Vlahovic berhasil menjadi salah satu pencetak gol dalam kemenangan klub, yang sukses membobol gawang lawan sampai tiga gol tanpa balas.

Dulu Vlahovic masih belum berpengalaman. Ia jadi pemain pengganti pada menit ke-63. Pemain yang berposisi penyerang tengah tersebut berhasil mencetak gol dengan sundulan tajamnya pada menit ke-84 lewat umpan Nemanja Mihajlovic.

4. Momen Vlahovic mencetak gol untuk Fiorentina U-19 di Liga Primavera 1

Momen Dusan Vlahovic Cetak Gol Debut di 6 Kompetisi, Teranyar di UCLpotret Dusan Vlahovic (twitter.com/ACFFiorentinaEN)

Dusan Vlahovic mencetak 3 gol dalam 27 penampilan untuk Partizan. Fiorentina kemudian memboyongnya ke Italia saat Vlahovic masih bukan siapa-siapa pada musim panas 2018. Ia hanya bocah 18 tahun yang diharapkan bisa berkembang di level yang lebih tinggi.

Akibat masalah administrasi, Vlahovic tidak bisa tampil untuk tim utama. Ia pun dikirim ke Fiorentina Primavera atau tim junior di bawah usia 20 tahun. Siapa sangka, sang pemain langsung mencetak gol dalam laga debutnya pada 17 September 2018 di Liga Primavera 1. Fiorentina U-19 menang 4-0 atas tuan rumah Chievo Primavera. Vlahovic sendiri menciptakan gol kedua untuk klub pada menit ke-65.

Baca Juga: Dusan Vlahovic Cetak Rekor Sensasional di Liga Champions

4. Vlahovic pecah telur untuk tim utama Fiorentina di Coppa Italia pada 2019

Momen Dusan Vlahovic Cetak Gol Debut di 6 Kompetisi, Teranyar di UCLpotret Dusan Vlahovic (instagram.com/vlahovicdusan)

Setahun setelah menorehkan gol pertamanya di tim junior, Vlahovic pecah telur untuk tim utama pada putaran ketiga Coppa Italia pada 18 Agustus 2019. La Viola saat itu menjamu Monza di Stadion Artemio Franchi. Sang pemain tampil luar bisa. Ia menyumbang dua gol dan membawa klub menang dengan skor 3-1. Satu gol lainnya dicetak oleh Federico Chiesa.

Vlahovic masuk menggantikan Marco Benassi pada menit ke-74. Hebatnya, baru 6 menit berada di lapangan, sang pemain langsung membobol gawang lawan pada menit ke-80. Tidak hanya itu, Vlahovic langsung mencetak gol kedua untuk klub pada menit ke-86. Kedua gol tersebut dicetak melalui umpan Tofol Montiel.

5. Gol debut Dusan Vlahovic di Serie A

Momen Dusan Vlahovic Cetak Gol Debut di 6 Kompetisi, Teranyar di UCLpotret Dusan Vlahovic (sempreinter.com)

Tanpa disangka-sangka, Fiorentina bak menemukan mesin gol. Vlahovic terus memukau penonton dengan penampilan gemilangnya. Namun, penampilan pertama dan gol pertama Vlahovic di liga kasta tertinggi Italia tak berjalan mulus. Sebab, di kedua pertandingan tersebut, Fiorentina kalah oleh lawan. 

Pada 25 September 2018, Dusan Vlahovic tampil untuk pertama kalinya di Serie A bersama La Viola di bawah asuhan Stefano Pioli. Ia juga hanya tampil dari menit ke-84 menggantikan Marco Benassi. Saat itu, Fiorentina kalah 1-2 oleh Inter Milan sebagai tuan rumah.

Vlahovic baru bisa mencetak gol debut di Serie A setahun setelahnya, yakni pada 10 November 2019, ketika Fiorentina kalah 2-5 oleh Cagliari Calcio. Vlahovic saat itu merupakan pemain Fiorentina paling menonjol dalam laga tersebut. Ia bermain selama 90 menit dan dua gol milik klub tercipta dari kaki kirinya pada babak kedua. La Viola tidak mampu mengejar ketertinggalan, karena lawan sudah lebih dahulu unggul lima gol.

6. Vlahovic mencetak gol kilat dalam laga debutnya di Liga Champions

Momen Dusan Vlahovic Cetak Gol Debut di 6 Kompetisi, Teranyar di UCLpotret Dusan Vlahovic (twitter.com/ChampionsLeague)

Dusan Vlahovic mengakhiri karier bersama Fiorentina dengan 49 gol yang dicetaknya dalam 108 penampilan. Juventus kemudian membawanya ke Turin dengan nilai transfer mencapai 81,60 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun. Sang pemain telah tampil dalam 5 pertandingan dan mencetak 2 gol.

Dengan percaya diri, Vlahovic melakoni debut untuk Bianconeri di Serie A pada 6 Februari 2022 lalu. Striker dengan tinggi badan mencapai 1,90 cm tersebut bahkan berhasil mencatatkan gol pertamanya untuk klub pada menit ke-13 ke gawang Hellas Verona.

Vlahovic kembali menjadi sorotan setelah melakoni debut di Liga Champions melawan Villarreal. Bagaimana tidak, ia langsung mencetak gol ketika pertandingan baru berjalan 32 detik. Meskipun hasil pertandingan imbang, Vlahovic dinobatkan sebagai starter tercepat yang mencetak gol dalam laga debut di Liga Champions.

Tak sia-sia Juventus merekrut Dusan Vlahovic dengan harga fantasis. Sang striker yang identik dengan kaki kiri ini memang terbukti punya bakat luar biasa. Akan tetapi, Vlahovic harus tampil konsisten jika ingin membawa Bianconeri ke puncak. Sebab, klub sejauh ini masih berada di posisi keempat klasemen sementara Serie A.

Baca Juga: Dusan Vlahovic Keberatan Warisi Nomor 7 Ronaldo di Juventus

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya