6 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Aston Villa, Emery Terbaru!

Unai Emery jadi pelatih Spanyol pertama di Aston Villa

Dinilai tak becus, Aston Villa memecat Steven Gerrard pada 20 Oktober 2022 lalu. Selagi mencari pengganti, klub sempat memakai jasa Aaron Danks sebagai pelatih sementara.

The Villans kini telah menemukan pelatih yang cocok. Klub resmi mengumumkan Unai Emery sebagai pelatih anyar mereka pada Selasa (25/10/2022). 

Juru taktik asing atau non-Inggris sudah lama tak terdengar di Villa Park. Termasuk Unai Emery, berikut enam pelatih asing terakhir yang menangani Aston Villa.

1. Gerard Houllier (Prancis) 

6 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Aston Villa, Emery Terbaru!Gerard Houllier (twitter.com/premierleague)

Nama Gerard Houllier dikenal luas di dunia sepak bola Eropa. Semasa hidup, ia pernah menangani klub-klub top, seperti Liverpool, Olympique Lyon, dan Aston Villa. Houllier bahkan pernah jadi pelatih Timnas Prancis. 

Aston Villa sendiri merupakan klub terakhir yang dilatih Gerard Houllier. Ia melatih dari September 2010 sampai dengan Juni 2011. Juru taktik asal Prancis tersebut total memimpin 40 pertandingan, tetapi hanya memperoleh 14 kemenangan.

2. Alex McLeish (Skotlandia) 

6 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Aston Villa, Emery Terbaru!Alex McLeish (premierleague.com)

Alex McLeish hanya bertahan kurang dari 1 tahun (Juni 2011—Mei 2012) mengasuh Aston Villa. Dahulu, ia hanya mampu mengantongi sembilan kemenangan. Parahnya, McLeish mengalami kekalahan hingga 16 kali dari 42 pertandingan. 

Meski berasal dari Skotlandia, nama Alex McLeish memang pernah berseliweran di English Premier League (EPL). Selain Aston Villa, pria yang kini berusia 63 tahun tersebut juga pernah jadi pelatih Birmingham City dan Nottingham Forest.

3. Paul Lambert (Skotlandia) 

6 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Aston Villa, Emery Terbaru!Paul Lambert (twitter.com/premierleague)

Pelatih Skotlandia lainnya, Paul Lambert, justru bisa bertahan agak lama dalam menangani Aston Villa. Ia bertahan kurang lebih selama 2,5 tahun dari Juni 2012 sampai dipecat pada Februari 2015.

Meski demikian, catatan Paul Lambert di Aston Villa jauh lebih anjlok. Ia secara keseluruhan memimpin 115 pertandingan, tetapi hanya 34 kali menang, 26 kali imbang, dan 55 kali kalah.

Baca Juga: Fakta di Balik Pemecatan Steven Gerrard dari Kursi Pelatih Aston Villa

4. Remi Garde (Prancis) 

6 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Aston Villa, Emery Terbaru!Remi Garde (twitter.com/AVFCOfficial)

Dari sekian banyak pelatih yang pernah menangani Aston Villa, era Remi Garde dan Roberto Di Matteo jadi yang tersingkat. Keduanya hanya bertahan 4 bulan sebelum dipecat. 

Remi Garde didapuk Aston Villa untuk mengisi kursi pelatih pada November 2015. Malang, pelatih asal Prancis tersebut dipecat pada Maret 2016. Wajar saja, dari 23 pertandingan, ia hanya 3 kali menang. 

5. Roberto Di Matteo (Italia) 

6 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Aston Villa, Emery Terbaru!Roberto Di Matteo (twitter.com/AVFCOfficial)

Roberto Di Matteo juga dipecat setelah 4 bulan jadi pelatih Aston Villa. Baru juga menangani 12 pertandingan, pelatih berkebangsaan Italia tersebut kalah 4 kali dan menang 1 kali saja. 

Roberto Di Matteo datang ke Villa Park pada Juni 2016 dan dipecat pada Oktober 2016. Sejak saat itu, mantan pelatih Chelsea dan FC Schalke tersebut tak pernah lagi memegang jabatan yang sama di klub mana pun. Aston Villa jadi klub terakhirnya sejauh ini.

6. Unai Emery (Spanyol) 

6 Pelatih Asing Terakhir yang Menangani Aston Villa, Emery Terbaru!Unai Emery (premierleague.com)

Setelah tiga kali gagal dipimpin pelatih Inggris, kini Aston Villa mencoba menggaet kembali pelatih asing. Dia adalah Unai Emery, juru taktik asal Spanyol yang telah ditunjuk menggantikan Steven Gerrard. 

Unai Emery sendiri bukan sembarang pelatih. Sebelumnya, ia pernah bekerja untuk Valencia, Sevilla, Paris Saint-Germain (PSG), Arsenal, dan Villarreal. Emery akan mulai mengemban tugasnya di Villa Park pada 1 November 2022.

Dalam sejarahnya, Aston Villa pernah ditangani oleh 13 pelatih asing. Kebanyakan datang dari Skotlandia. Unai Emery akan jadi pelatih Spanyol pertama di Villa Park. 

Baca Juga: Unai Emery Resmi Ditunjuk Jadi Manajer Aston Villa

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya