Comscore Tracker

5 Pemain Afrika dengan Gaji Tertinggi pada 2022, Mane Lampaui Salah!

Pindah ke Bayern, Mane raup gaji fantastis

Bukan rahasia umum lagi jika deretan nama pemain sepak bola berdarah Afrika semakin tenar di sepak bola Eropa. Dua nama paling fenomenal, Sadio Mane dan Mohamed Salah, jadi bintang asal Afrika yang makin bersaing di deretan pesepak bola top.

Tidak hanya bersaing di atas rumput hijau, kedua nama ini pun bertengger sebagai pesepak bola Afrika dengan raupan gaji tertinggi. Kepindahan Sadio Mane ke Bayern Munchen baru-baru ini pun membuatnya melewati Mohamed Salah sebagai pemuncak peraih gaji tertinggi.  

Kira-kira berapa gaji mereka serta siapa saja pemain asal Afrika yang termasuk lima besar pemain dengan gaji tertinggi? Langsung simak ulasannya berikut, yuk! 

1. Sadio Mane (Rp4,5 miliar per pekan)

5 Pemain Afrika dengan Gaji Tertinggi pada 2022, Mane Lampaui Salah!Sadio Mane resmi jadi pemain Bayern Munich. (instagram.com/sadiomaneofficiel)

Musim panas 2022 ini, Bayern Munchen resmi mengontrak Sadio Mane selama tiga tahun sampai 2025 mendatang. Ia direkrut dari Liverpool dengan mahar senilai 28,8 juta poundsterling atau sekitar Rp523 miliar.

Gaji Mane di Bayern pun naik dua kali lipat dari yang ia terima di Liverpool. Pemian sayap kiri tersebut sebelumnya digaji 100 ribu poundsterling (Rp1,8 miliar) per pekan oleh The Reds. Kini, Mane akan mengantongi 250 ribu poundsterling (Rp4,5 miliar) per pekan dari Die Roten.

2. Mohamed Salah (Rp4 miliar per pekan)

5 Pemain Afrika dengan Gaji Tertinggi pada 2022, Mane Lampaui Salah!potret Mohamed Salah (twitter.com/LFC)

Mantan kolega Sadio Mane di Liverpool, Mohamed Salah, juga meraup gaji yang tak sedikit dari Liverpool. Wajar saja, pemain asal Mesir satu ini jadi aktor utama kesuksesan klub dalam beberapa musim terakhir.

Mohamed Salah digaji 220 ribu poundsterling atau setara dengan Rp4 miliar per pekan. Namun, kontraknya di Anfield Stadium hanya tersisa satu tahun lagi hingga Juni 2023.

Baca Juga: Kronologi Transfer Sadio Mane dari Liverpool ke Bayern Munich

3. Riyad Mahrez (Rp3,6 miliar per pekan)

5 Pemain Afrika dengan Gaji Tertinggi pada 2022, Mane Lampaui Salah!potret Riyad Mahrez (twitter.com/Mahrez22)

Riyad Mahrez merupakan pemain kelahiran Prancis yang memiliki darah Afrika. Pemain berkewarganegaraan Aljazair tersebut membela Manchester City sejak 2018.

Sejauh ini, Mahrez telah menyumbang lebih dari 60 gol dalam 189 penampilan di semua ajang bersama Manchester City. Gaji 200 ribu poundsterling (Rp3,6 miliar) per pekan yang dikantonginya pun dirasa pantas.

4. Thomas Partey (Rp3,6 miliar per pekan)

5 Pemain Afrika dengan Gaji Tertinggi pada 2022, Mane Lampaui Salah!potret Thomas Partey (instagram.com/thomaspartey5)

Thomas Partey juga digaji 200 ribu poundsterling (Rp3,6 miliar) per pekan oleh Arsenal. Namun, penampilan sang gelandang dinilai masih belum memenuhi harapan klub.

Partey datang ke Emirates Stadium sejak musim panas 2020. Sejauh ini, ia telah berkontribusi dalam 57 pertandingan. Meski begitu, pemain berusia 29 tahun tersebut banyak menepi akibat cedera. 

5. Dede Ayew (Rp3,2 miliar per pekan)

5 Pemain Afrika dengan Gaji Tertinggi pada 2022, Mane Lampaui Salah!Dede Ayew (twitter.com/AyewAndre)

Dari luar kancah sepak bola Eropa ada nama Dede Ayew yang digaji 180 ribu poundsterling atau sekitar Rp3,2 miliar per pekan oleh klub Qatar, Al-Sadd SC. Pemain Afrika yang satu ini sebelumnya pernah bermain di Premier League.

Pemilik nama lengkap Andre Morgan Rami Ayew tersebut pernah membela West Ham United (2016—2018) dan Swansea City (2015—2016 dan 2018-2021). Ia pindah secara gratis ke Al-Sadd SC pada musim panas 2021 lalu.

Semkin tinggi gaji sang pemain, beban yang dipikul pun tentunya akan semakin berat. Sebagai pemain Afrika dengan bayaran tertinggi, mampukah Sadio Mane menyicipi kesuksesan terbaik bersama Bayern Munchen?  

Baca Juga: 5 Klub Tempat Sadio Mane Pernah Berkarier, Bayern Munich Terbaru

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya