Comscore Tracker

7 Pemain Ajax Amsterdam Warnai Timnas Belanda di Piala Dunia 2022

Ajax selalu mengirim para pemain top

Pada 1995, generasi emas Ajax Amsterdam mulai mendominasi Timnas Belanda. Selang setahun, De Oranje terbukti mencapai perempat final Piala Eropa 1996.

Timnas Belanda juga mampu jadi peringkat keempat Piala Dunia 1998. Prestasi terus berlanjut dengan mencapai semifinal Piala Eropa 2000 dan 2004.

Sampai sekarang, Ajax selalu punya pemain top yang dikirim ke turnamen besar untuk membela Timnas Belanda. Wajar saja, De Godenzonen merupakan klub tersukses di Negeri Kincir Angin. Mereka punya 36 trofi Eredivisie Belanda.

Masih jadi mayoritas, terdapat tujuh pemain Ajax Amsterdam warnai Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 Qatar. Bisa jadi tumpuan?

1. Remko Pasveer

7 Pemain Ajax Amsterdam Warnai Timnas Belanda di Piala Dunia 2022Remko Pasveer (twitter.com/OnsOranje)

Ajax Amsterdam bersedia menaungi Remko Pasveer yang sudah tua. Ia diboyong gratis dari Vitesse Arnhem pada musim panas 2021. Meski begitu, Pasveer dijadikan kiper utama yang telah memainkan 48 pertandingan. 

Alasan itulah yang membuat pelatih Louis van Gaal mengikutsertakan Pasveer ke Piala Dunia 2022 Qatar. Akan tetapi, kiper 39 tahun ini kalah saing oleh Andries Noppert dan Justin Bijlow yang lebih diandalkan.

2. Jurrien Timber

7 Pemain Ajax Amsterdam Warnai Timnas Belanda di Piala Dunia 2022Jurrien Timber (instagram.com/jurrientimber)

Jurrien Timber lahir dari produk akademi Ajax Amsterdam. Sejak diangkat ke tim utama pada September 2020, pemain muda berusia 21 tahun tersebut telah membukukan 4 gol dan 4 assist dalam 95 penampilan. 

Sementara itu, Timber baru memiliki 11 caps di level timnas. Terhitung 3 penampilan di antaranya dibuat di Piala Eropa 2020 dan 1 penampilan di Piala Dunia 2022. Ia tampil selama 90 menit penuh saat Belanda ditahan imbang 1-1 oleh Ekuador.

3. Daley Blind

7 Pemain Ajax Amsterdam Warnai Timnas Belanda di Piala Dunia 2022Daley Blind (instagram.com/blinddaley)

Di antara pemain Ajax lainnya, Daley Blind yang paling berpengalaman di skuad Belanda. Total 2 gol dan 13 assist dari 96 penampilan telah ditorehkannya untuk timnas. Ia juga merupakan pemain penting saat Oranje menempati posisi ketiga di Piala Dunia 2014 Brasil.

Dengan kapasitasnya itu, Blind dipercaya tampil di Piala Dunia 2022 Qatar. Timnas Belanda sangat mengandalkannya dalam dua laga terakhir kontra Senegal dan Ekuador. Padahal, usia sang pemain sudah menginjak angka 32 tahun.

Baca Juga: 10 Potret Cody Gakpo, Pemain Muda Timnas Belanda yang Tampil Impresif

4. Kenneth Taylor

7 Pemain Ajax Amsterdam Warnai Timnas Belanda di Piala Dunia 2022Kenneth Taylor (instagram.com/kennethtaylor_)

Kenneth Taylor belum punya rekor apa-apa di tim nasional. Debutnya baru dibuat pada 22 September 2022 lalu. Pemain muda kelahiran 2002 ini hanya punya dua caps dan belum diturunkan di Piala Dunia 2022 Qatar.

Untuk Ajax sendiri, Taylor sebenarnya tampil menonjol pada awal musim 2022/2023. Sebelum jeda Piala Dunia 2022, ia mencetak 5 gol dan 4 assist dalam 19 penampilan. Mengingat catatannya bagus, masa depan Kenneth Taylor tampaknya akan cerah bersama Belanda. 

5. Steven Berghuis

7 Pemain Ajax Amsterdam Warnai Timnas Belanda di Piala Dunia 2022Steven Berghuis (instagram.com/stevenberghuis)

Pemain muda dan tua saling berdampingan di Timnas Belanda. Kebanyakan datang dari Ajax Amsterdam, tidak terkecuali Steven Berghuis. Walau sudah 30 tahun, gelandang serang ini jadi tumpuan Belanda di Piala Dunia 2022.

Tentu bukan tanpa alasan, kualitas Steven Berghuis nyatanya tetap diperhitungkan. Ajax bahkan masih menerima suntikan 7 gol dan 6 assist dari pemain senior ini. Berghuis menorehkannya dari 21 pertandingan pada awal musim 2022/2023.

6. Davy Klaassen

7 Pemain Ajax Amsterdam Warnai Timnas Belanda di Piala Dunia 2022Davy Klaassen (instagram.com/onsoranje)

Davy Klaassen mencetak gol saat Belanda menumbangkan Senegal dengan skor 2-0 pada pertandingan pertama Piala Dunia 2022. Ia juga menyumbang 1 assist dalam laga imbang 1-1 kontra Ekuador.

Itu jadi pencapaian bagus bagi gelandang 29 tahun ini. Pasalnya, Klaassen tidak dipanggil ke Piala Dunia 2014 Brasil dan hanya duduk di kursi cadangan selama Belanda mentas di Piala Eropa 2020.

7. Steven Bergwijn

7 Pemain Ajax Amsterdam Warnai Timnas Belanda di Piala Dunia 2022Steven Bergwijn (twitter.com/SpursOfficial)

Steven Bergwijn tidak mungkin dilewatkan oleh pelatih Louis van Gaal. Winger 25 tahun tersebut telah mengukir 11 gol dan 3 assist dalam 21 penampilan untuk Ajax. Padahal, ia baru bergabung pada musim panas 2022 lalu.

Bergwijn sudah dimainkan menghadapi Senegal dan Ekuador di Piala Dunia 2022. Sayangnya, lulusan akademi Ajax ini belum pecah telur. Namun, ia digadang-gadang bakal jadi pemain kunci. Terlebih, Belanda tinggal selangkah lagi menuju fase gugur. 

Lawan terakhir Timnas Belanda pada fase grup adalah tuan rumah, Timnas Qatar. Jika menilik rekor kedua tim ke belakang, Oranje tampaknya akan mudah meraih kemenangan dan lolos ke babak 16 besar.

Baca Juga: 5 Bek Tengah yang Perkuat Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Kokoh!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya