5 Bek Tengah yang Perkuat Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Kokoh!

Perpaduan bek muda dan senior

Timnas Belanda mulai menunjukkan taringnya kembali di bawah asuhan Louis van Gaal. De Oranje sempat terpuruk setelah gagal lolos ke Piala Dunia pada edisi 2018 lalu.

Sejak ditangani van Gaal, performa Timnas Belanda mulai meningkat. Mereka pun menjadi salah satu kandidat juara di Piala Dunia 2022. Belanda memiliki modal berharga dengan catatan 15 pertandingan tak terkalahkan.

Lini belakang menjadi salah satu kuncinya dengan formasi tiga bek ala van Gaal. Di Piala Dunia 2022, van Gaal pun memboyong bek-bek terbaik Belanda.

Setidaknya ada lima bek tengah yang akan memperkokoh lini belakang Belanda di Qatar nanti. Siapa saja mereka?

1. Jurrien Timber

5 Bek Tengah yang Perkuat Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Kokoh!Jurrien Timber (twitter.com/JurrienTimber)

Salah satu bek tengah yang akan memperkuat Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 adalah Jurrien Timber. Ia menjadi bek tengah termuda yang dibawa van Gaal ke Qatar.

Pemain 21 tahun tersebut telah menjalani debut bersama Timnas Belanda pada Juni 2021. Timber pun telah mencatatkan sepuluh caps bersama De Oranje.

Penampilan apiknya bersama Ajax Amsterdam menjadi modal Timber untuk berangkat ke Qatar. Ia akan bersaing dengan bek tengah senior Belanda yang lebih berpengalaman. 

2. Matthijs de Ligt

5 Bek Tengah yang Perkuat Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Kokoh!Matthijs de Ligt (uefa.com)

Berikutnya ada Matthijs de Ligt, bek tengah milik Timnas Belanda yang tak kalah berkualitas. Saat ini, de Ligt membela klub Bundesliga, yakni Bayern Munchen. Lulusan akademi Ajax Amsterdam itu sudah cukup berpengalaman di level internasional meskipun masih cukup muda.

Pemain 23 tahun tersebut telah membela Timnas Belanda sejak Maret 2017. Hingga saat ini de Ligt sudah mencatatkan 38 caps bersama De Oranje.

Performa de Ligt dinilai sedikit menurun dalam beberapa musim terakhir. Meskipun demikian, ia berpeluang menunjukkan aksi terbaiknya di Qatar nanti.

Baca Juga: 5 Pemain Papan Atas Tak Masuk Timnas Belanda di Piala Dunia 2022

3. Nathan Ake

5 Bek Tengah yang Perkuat Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Kokoh!Nathan Ake (twitter.com/NathanAke)

Nathan Ake menjadi bek tengah Belanda yang mengalami perkembangan cukup pesat. Apalagi setelah bek 27 tahun itu bergabung dengan Manchester City pada musim panas 2020.

Ia pun dipercaya menjaga lini pertahanan Belanda di bawah asuhan Louis van Gaal. Ake sendiri menjalani debut bersama Timnas Belanda pada Mei 2017. Mantan pemain Chelsea ini sudah membela De Oranje dalam 29 pertandingan di semua kompetisi.

Ia berpeluang besar menjadi andalan utama van Gaal di Qatar nanti. Apalagi van Gaal lebih memilih Ake daripada de Ligt dalam beberapa pertandingan terakhir.

4. Stefan de Vrij

5 Bek Tengah yang Perkuat Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Kokoh!Stefan de Vrij (twitter.com/Stefandevrij)

Louis van Gaal memadukan pemain muda dengan beberapa pemain senior. Stefan de Vrij menjadi salah satu bek tengah yang cukup senior dan dibawa van Gaal ke Qatar. Di usianya yang menginjak 30 tahun, de Vrij masih menjadi andalan Inter Milan di level klub.

Sebagai pemain senior, de Vrij pun cukup berpengalaman di level internasional. Ia menjalani debut bersama Timnas Belanda pada Agustus 2012.

Hingga saat ini, de Vrij membela De Oranje dalam 59 pertandingan di semua kompetisi. De Vrij bisa menjadi opsi bagi van Gaal di Qatar nanti.

5. Virgil van Dijk

5 Bek Tengah yang Perkuat Timnas Belanda di Piala Dunia 2022, Kokoh!Virgil van Dijk (uefa.com)

Bek tengah kelima yang diboyong Timnas Belanda ke Piala Dunia 2022 adalah Virgil van Dijk. Ia menjadi bek tengah paling senior yang dipanggil van Gaal. Pemain 31 tahun ini pun sudah menyegel satu tempat di link belakang De Oranje.

Apalagi pemain Liverpool ini akan menjadi kapten Timnas Belanda. Meskipun sudah cukup berpengalaman, Piala Dunia 2022 menjadi Piala Dunia pertama bagi van Dijk. Ia menjalani debut bersama Timnas Belanda pada Oktober 2015.

Pada Piala Dunia 2018 lalu, Timnas Belanda harus absen dari ajang 4 tahunan ini. Hingga saat ini, van Dijk telah catatkan 49 caps bersama Negeri Kincir Angin.

 

Para bek tengah tersebut bisa menjadi kunci kesuksesan Timnas Belanda di Piala Dunia 2022. Patut kita nantikan kiprah Negeri Kincir Angin di ajang 4 tahunan ini setelah sebelumnya sempat absen di edisi 2014. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Louis van Gaal di Timnas Belanda

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya