Comscore Tracker

5 Pemain Ekuador Paling Menonjol saat Berhasil Memaksa Belanda Imbang

Kuda hitam Grup A tampil ngotot

Lagi dan lagi, Timnas Ekuador membuat kejutan panas di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar. Berjumpa dengan lawan yang dianggap kuat, Enner Valencia dkk. berhasil memaksa Timnas Belanda imbang 1-1 di Stadion Internasional Khalifa, Jumat (25/11/2022) malam. 

Meski pemain Oranje, Frenkie de Jong, yang dinobatkan menjadi Man of The Match, tetapi sejumlah pemain La Tri bermain ngotot. Permainan ciamik ditujukan para penggawa tim kuda hitam asal Amerika Selatan itu.

Setidaknya ada lima pemain Ekuador yang dinilai paling menonjol saat berhasil memaksa Belanda imbang di laga kedua Grup A Piala Dunia 2022 Qatar. Siap all out lawan Senegal!

1. Pervis Estupinan

5 Pemain Ekuador Paling Menonjol saat Berhasil Memaksa Belanda ImbangPervis Estupinan (instagram.com/pervisestupinan_oficial)

Timnas Ekuador kebobolan pada menit awal. Cody Gakpo masih jadi momok kuat di skuad Timnas Belanda. Meski begitu, Pervis Estupinan tampil menggebrak, bahkan sempat menyamakan kedudukan. 

Pada menit akhir babak pertama, tendangan Estupinan menembus gawang Oranje. Namun, gol dianulir karena dinilai offside. Bek Brighton & Hove Albion satu ini terbukti paling banyak menguasai bola dengan operan paling aktif di sisi kiri selama 90 menit penuh. 

2. Enner Valencia 

5 Pemain Ekuador Paling Menonjol saat Berhasil Memaksa Belanda ImbangEnner Valencia (instagram.com/ennervalencia1)

Enner Valencia mesti diwaspadai lawan. Ia merupakan motor panas penggerak lini depan Ekuador yang kembali mengukir gol. Dari jarak sekitar enam meter ke arah gawang, sang kapten berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-49.

Total enam gol secara berturut-turut telah dicetak striker 33 tahun ini untuk La Tri di Piala Dunia. Ia menjadi pemain keempat yang mampu melakukannya. Namun, Enner Valencia tumbang karena cedera lutut dan dipaksa keluar menggunakan tandu pada menit ke-90. 

Baca Juga: 9 Gaya Stylish ala Penggawa Timnas Belanda di Piala Dunia 2022

3. Moises Caicedo

5 Pemain Ekuador Paling Menonjol saat Berhasil Memaksa Belanda ImbangMoises Caicedo (instagram.com/moises_caicedo55)

Kita telah melihat kemajuan yang signifikan dari Brighton & Hove Albion di Premier League sebelum jeda Piala Dunia 2022. Sebanyak tiga pemainnya memperkuat Ekuador di turnamen antar dunia dan semuanya bermain apik kontra Belanda kemarin malam. 

Moises Caicedo adalah salah satunya yang mesti diperhatikan. Pemain muda berusia 21 tahun tersebut telah bekerja keras sesuai posisinya sebagai gelandang tengah. Ia terus menyelinap ke sudut kawasan Oranje demi membantu terciptanya sebuah gol. 

4. Gonzalo Plata

5 Pemain Ekuador Paling Menonjol saat Berhasil Memaksa Belanda ImbangGonzalo Plata (twitter.com/LaTri)

Sebagai pemain sayap di sisi kanan, Gonzalo Plata telah menunjukkan performa apik dalam dua penampilan penuhnya di fase grup Piala Dunia 2022, termasuk saat bersua Belanda. Ia terus berlari ke arah depan menembus tembok pertahanan Oranje.

Plata kerap bermunculan merebut bola sampai hampir membuat skor berubah pada menit ke-59. Pemain berusia 22 tahun tersebut melesatkan tendangan keras, tetapi hanya menggetarkan mistar gawang.

5. Jeremy Sarmiento

5 Pemain Ekuador Paling Menonjol saat Berhasil Memaksa Belanda ImbangJeremy Sarmiento (twitter.com/LaTri)

Jeremy Sarmiento, pemain Seagulls lainnya mampu merepotkan Timnas Belanda walaupun hanya bermain di sisa pengujung waktu. Ia masuk menggantikan Michael Estrada pada menit ke-74.

Posisi asli Jeremy Sarmiento adalah gelandang serang. Akan tetapi, pelatih Gustavo Alfaro telah memainkannya di posisi sayap kiri dalam dua laga terakhir di Piala Dunia 2022 Qatar. 

Dengan hasil ini, Timnas Ekuador dan Timnas Belanda berdampingan di tangga tertinggi Grup A Piala Dunia 2022 Qatar. Kedua tim telah mengantongi empat poin. Selanjutnya, La Tri akan berjumpa dengan Timnas Senegal pada 29 November 2022 mendatang. 

Baca Juga: Gol Kedua Ekuador vs Belanda Dianulir, Bagaimana Aturannya?

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya