Gol Kedua Ekuador vs Belanda Dianulir, Bagaimana Aturannya?

Porozo dianggap terlebih dahulu terperangkap offside

Jakarta, IDN Times - Belanda dan Ekuador harus puas berbagi angka dalam laga Grup A Piala Dunia 2022. Keduanya bermain imbang 1-1 dalam duel yang digelar di Stadion Internasional Khalifa, Doha, Qatar, Jumat (26/11/2022).

Menariknya, Ekuador hampir saja memenangkan duel melawan Belanda. Sayang, gol yang bisa membawa skuad El Tri meraih tripoin kedua di ajang ini buyar lantaran dianulir wasit.

1. Gol Estupinan dianulir lantaran Porozo dianggap offside

Ekuador mampu mencetak gol jelang turun minum. Pada saat memasuki masa injury time (45+4’), Pervis Estupinan mampu membobol gawang De Oranje yang dikawal Andries Noppert.

Hanya saja, wasit yang memimpin jalannya pertandingan, memutuskan untuk tak mengesahkan gol itu. Usai melakukan pengecekan melalui VAR, Jackson Porozo dinilai terlebih dahulu dalam posisi offside sebelum gol terjadi.

Dalam kejadian tersebut, Porozo sendiri tak menyentuh bola sambaran Estupinan. Namun, posisi itu berada tepat dalam aliran bola yang meluncur.

Baca Juga: Diimbangi Ekuador, Belanda Gagal Kunci Tiket Fase Gugur

2. Aturan offside berdasarkan Law of the Game Pasal 11

Jika menilik aturan yang ada, berdasarkan Laws of the Game Pasal 11 yang dikeluarkan IFAB. Seorang pemain dinyatakan dengan kriteria berikut.

  • Mengganggu permainan dengan memainkan atau menyentuh bola yang dioper atau disentuh oleh rekan satu tim atau
  • Mengganggu lawan dengan:
    - Mencegah lawan bermain atau tidak dapat memainkan bola dengan menghalangi      pandangan lawan secara jelas atau
    - Menantang lawan untuk merebut bola atau jelas mencoba memainkan bola yang        dekat ketika tindakan ini berdampak pada lawan atau
    - Melakukan tindakan nyata yang jelas berdampak pada kemampuan lawan                    memainkan bola

3. Porozo menghalangi aliran bola saat open play

Gol Kedua Ekuador vs Belanda Dianulir, Bagaimana Aturannya?Pemain Belanda, Jurrien Timber, coba melewati adangan pemain Ekaudor, Enner Valencia, dalam laga lanjutan Grup A Piala Dunia 2022. (Twitter/@@OnsOranje)

Walau tak menyentuh bola tersebut, Porozo sendiri terlihat menghalang-halangi Noppert yang berada di bawah mistar gawang Belanda. Hal itu terjadi saat open play sehingga dianggap mengganggu aliran bola lawan.

Hal itu membuayarkan mimpi Ekuador untuk bisa mempercepat kepastian lolos ke babak gugur Piala Dunia 2022. Mereka pun harus meraih kemenangan di laga terakhir melawan Iran untuk bisa mengamankan posisinya nanti.

Baca Juga: Belanda Tak Mau Ikut-ikutan Jerman di Piala Dunia 2022

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya