5 Pemain Termahal yang Pernah Diboyong Newcastle pada Musim Dingin

Anthony Gordon buat rekor anyar

Newcastle United, yang finis di peringkat sebelas pada 2021/2022 lalu, kini melonjak ke peringkat tiga klasemen sementara English Premier League (EPL) 2022/2023. Salah satu faktor pendukungnya adalah kucuran dana melimpah. 

The Magpies dinobatkan sebagai klub terkaya di dunia setelah Saudi Public Investment Fund (PIF) mengakuisisi klub dengan saham sebesar 80 persen pada Oktober 2021. Klub pun mulai berani merekrut pemain mahal.

Newcastle United baru-baru ini kembali mendatangkan pemain berharga cukup tinggi. Ia direkrut pada musim dingin 2023.

Dalam sejarahnya, inilah pemain termahal yang pernah diboyong Newcastle pada musim dingin.

1. Anthony Gordon (Rp742 miliar) 

5 Pemain Termahal yang Pernah Diboyong Newcastle pada Musim DinginAnthony Gordon (instagram.com/anthonygordon)

Tak banyak pemain yang direkrut Newcastle United pada transfer musim dingin 2023 ini. Akan tetapi, klub memboyong Anthony Gordon dengan harga mahal dari Everton, yakni 45,6 juta euro atau sekitar Rp742 miliar.

Menelisik statistiknya, winger satu ini belum memiliki catatan yang mentereng di karier profesional. Namun, Gordon masih berusia 21 tahun dan digadang-gadang bakal menjadi aset berharga bagi masa depan Newcastle United. 

2. Bruno Guimaraes (Rp685 miliar) 

5 Pemain Termahal yang Pernah Diboyong Newcastle pada Musim DinginBruno Guimaraes (twitter.com/premierleague)

Talenta dari Amerika Latin, khususnya dari Brasil, selalu mencuri perhatian. Tak jarang mereka direkrut dengan harga mahal. Newcastle United, misalnya, mengeluarkan dana 42,1 juta euro atau sekitar Rp685 miliar saat membajak Bruno Guimaraes dari Olympique Lyon pada Januari 2022.

Hasilnya cukup memuaskan lantaran Guimaraes tampil apik sejauh ini. Gelandang berusia 25 tahun tersebut telah mengoleksi 9 gol dan 4 assist dari 41 penampilan di semua kompetisi dalam kurun waktu setahun terakhir.

Baca Juga: 5 Pemain Inggris yang Dipulangkan dari LaLiga, Trippier Terbaru

3. Chris Wood (Rp488 miliar) 

5 Pemain Termahal yang Pernah Diboyong Newcastle pada Musim DinginChris Wood (twitter.com/NUFC)

Bersamaan dengan Bruno Guimaraes, Newcastle United turut memboyong Chris Wood pada musim dingin 2022. Ia datang dari Burnley dengan kesepakatan transfer senilai 30 juta euro (Rp488 miliar).

Wood sendiri merupakan pemain Inggris yang sudah berusia 31 tahun. Berbeda nasib dari rekan setimnya, pada paruh musim 2022/2023 ini, Chris Wood malah kurang mendapat jam main dari The Magpies.

Pada 20 Januari 2023 lalu, ia akhirnya dipinjamkan ke Nottingham Forest. Sang pemain akan menjalani masa pinjaman setengah musim sampai 30 Juni 2023.

4. Miguel Almiron (Rp391 miliar) 

5 Pemain Termahal yang Pernah Diboyong Newcastle pada Musim DinginMiguel Almiron (twitter.com/premierleague)

Miguel Almiron jadi salah satu pemain Newcastle United paling mengesankan musim ini. Berkat 9 gol yang dicetaknya dalam 20 penampilan, The Magpies mampu bertahan di empat besar klasemen sementara Premier League 2022/2023.

Bukan nama baru, Miguel Almiron sudah mengabdi selama 4 tahun kepada Newcastle United. Ia dahulu direkrut dari klub Amerika Serikat, Atlanta United, seharga 24 juta euro (Rp391 miliar) pada 31 Januari 2019. Akan tetapi, sekarang kontrak Almiron hanya tersisa setahun lagi (2024). 

5. Jonjo Shelvey (Rp260 miliar) 

5 Pemain Termahal yang Pernah Diboyong Newcastle pada Musim DinginJonjo Shelvey (twitter.com/premierleague)

Selain Chris Wood, Nottingham Forest juga membajak Jonjo Shelvey dari Newcastle United. Bedanya, pemain senior berusia 30 tahun tersebut resmi bergabung dan telah menandatangani kontrak berdurasi 2,5 tahun yang akan bertahan hingga 2025.

Jonjo Shelvey membela Newcastle United 7 tahun lamanya. Dahulu sang gelandang direkrut dari Swansea dengan nilai transfer sebesar 16 juta euro (Rp260 miliar). Selama berseragam The Magpies, Shelvey membukukan 18 gol dan 25 assist dalam 202 penampilan.

Newcastle United sedang mengincar tiket UEFA Champions League (UCL). Mereka harus bertahan di empat besar klasemen EPL hingga akhir musim 2022/2023. Kehadiran Anthony Gordon diharapkan bisa membuat lumbung gol makin lebar.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pernah Diboyong Newcastle United dari Everton

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya