Comscore Tracker

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Everton, Richarlison Terbaru!

Meraup untung besar dalam penjualan Richarlison

Everton terperosok hingga ke urutan enam belas klasemen English Premier League (EPL) 2021/2022. Klub asuhan Frank Lampard tersebut kebobolan hingga 66 kali dalam 1 musim.

Alih-alih memperkuat skuad, Everton justru tidak aktif dalam bursa transfer musim panas 2022 ini. Mereka malah melepaskan penyerang utamanya, Richarlison, dengan harga mahal.

Everton memang punya sejarah dalam menjual para pemainnya dengan harga mahal. Itu biasanya menjadi modal untuk merekrut pemain anyar.

Termasuk Richarlison, berikut deretan pemain termahal yang pernah dijual Everton.

1. Romelu Lukaku (Rp1,3 triliun)

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Everton, Richarlison Terbaru!Romelu Lukaku saat masih membela Everton. (twitter.com/OptaJoe)

Saat membela Everton (2013—2017), termasuk sebagai pinjaman selama setahun, Romelu Lukaku tampil menggila. Ia berhasil mengemas 87 gol dan 29 assist dalam 166 penampilan untuk klub berjuluk The Toffees tersebut.

Statistik apik tersebutlah yang membuat Manchester United bersedia membelinya seharga 84,7 juta euro atau setara Rp1,3 triliun. Everton meraup untung hingga 49,34 juta euro (Rp770 miliar) saat itu.

2. Richarlison (Rp905 miliar) 

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Everton, Richarlison Terbaru!Richarlison (premierleague.com)

Pada 2018, Richarlison direkrut dari Watford senilai 39,2 juta euro (Rp612 miliar). Sekarang, striker asal Brasil tersebut berhasil dijual ke Tottenham Hotspur senilai 58 juta euro (Rp905 miliar).

Richarlison memang tampil gemilang bersama Everton. Dalam kurun waktu 4 tahun (2018—2022), ia mampu menyumbang 53 gol dan 24 assist dalam 152 penampilan di semua ajang.

Baca Juga: Adu Moncer Jesus dan Richarlison serta Prediksi bersama Klub Baru

3. John Stones (Rp868 miliar) 

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Everton, Richarlison Terbaru!John Stones saat masih membela Everton. (twitter.com/Everton)

Bek asli Inggris, John Stones, juga sukses dijual mahal Everton. Penjualan Stones bahkan jauh lebih menguntungkan. Everton mengantongi keuntungan mencapai 52,1 juta euro (Rp868 miliar).

John Stones membela Everton mulai dari 2013 dan dijual ke Manchester City senilai 55,6 juta euro (Rp868 miliar) pada 2016. Stones masih bertahan di Etihad Stadium sampai saat ini. Ia ikut andil memenangi sejumlah trofi bersama Manchester City.

4. Wayne Rooney (Rp577 miliar)

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Everton, Richarlison Terbaru!Wayne Rooney (instagram.com/waynerooney)

Wayne Rooney merupakan jebolan akademi Everton yang diangkat ke tim utama pada 2002. Ia jadi salah satu penjualan termahal klub sepanjang sejarah saat Manchester United membajaknya pada 2004. 

Dana 37 juta euro setara Rp577 miliar diserahkan kepada Everton demi memboyong Rooney ke Old Trafford. Hasilnya ternyata memuaskan. Rooney hingga kini masih memegang rekor pencetak gol terbanyak dalam sejarah Manchester United.

5. Marouane Fellaini (Rp506 miliar)

5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Everton, Richarlison Terbaru!Marouane Fellaini saat masih membela Everton. (evertonfc.com)

Manchester United dikenal sebagai klub kaya raya di Premier League. Everton gemar menjual pemainnya kepada klub tersebut karena keuntungannya tidak pernah mengecewakan, termasuk dalam penjualan Marouane Fellaini.

Gelandang berpaspor Belgia satu ini pergi pada 2013 setelah membela Everton selama 5 tahun (2008—2013). Marouane Fellaini dijual seharga 32 juta euro atau sekitar Rp506 miliar ke Manchester United.

Penjualan yang dilakukan ke sesama klub Inggris memang untung besar. Di sisi lain, hal tersebut jadi bumerang untuk klub. Jika Richarlison tampil ganas bersama Spurs, Everton bisa makin terperosok ke dasar klasemen.

Baca Juga: 5 Rekrutan Termahal dalam Sejarah Tottenham, Richarlison Teranyar!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya