Comscore Tracker

4 Pencetak Enam Gol Beruntun di Piala Dunia, Valencia Pecahkan Rekor!

Kini Valencia sejajar dengan para legenda

Sejauh ini, Piala Dunia 2022 Qatar berlangsung sengit. Dominasi tim-tim kuda hitam sedang di atas angin. Timnas Ekuador, misalnya, mampu konsisten dalam dua pertandingan babak penyisihan di Grup A.

Pemain paling disorot saat ini adalah Enner Valencia. Statusnya yang bukan pemain bintang dan memperkuat tim non unggulan jadi perhatian tersendiri. Siapa sangka, ia sudah mengumpulkan tiga gol dari dua pertandingan yang telah ia lakoni di fase grup Piala Dunia 2022. 

Gol yang ia torehkan terasa lebih istimewa lantaran ada rekor di dalamnya. Enner Valencia kini termasuk dalam jajaran pemain yang bisa cetak gol di enam pertandingan Piala Dunia secara beruntun. Simak siapa saja yang termasuk di dalam daftar elit tersebut lewat artikel ini, yuk!

1. Eusebio (1966) 

4 Pencetak Enam Gol Beruntun di Piala Dunia, Valencia Pecahkan Rekor!Eusebio (twitter.com/FIFAWorldCup)

Sudah berpartisipasi dalam tujuh edisi Piala Dunia terakhir, Timnas Portugal tidak pernah sekalipun mencicipi gelar. Namun, Selecao selalu dikenang sebagai salah satu debutan paling memukau di ajang akbar sejagat itu. 

Pada Piala Dunia 1966 Inggris, Portugal untuk pertama kalinya mentas di Piala Dunia dan langsung menduduki juara tiga. Kala itu, Eusebio jadi pencetak gol terbanyak dan diberi hadiah Golden Boot. Sang legenda mencetak sembilan gol secara berturut-turut dalam lima pertandingan. 

2. Paolo Rossi (1982) 

4 Pencetak Enam Gol Beruntun di Piala Dunia, Valencia Pecahkan Rekor!Paolo Rossi (twitter.com/FIFAWorldCup)

Negera Eropa Selatan lainnya, Itaia, malah punya empat trofi Piala Dunia di lemari sejarah mereka. Meski tahun ini tidak lolos ke Qatar, tim yang dikenal dengan julukan Gli Azzurri itu merupakan salah satu negara tersukses yang telah mengikuti 18 edisi Piala Dunia.

Salah satu gelar juara diraih pada tahun 1982 saat Paolo Rossi menyabet Golden Boot. Legenda Italia yang meninggal pada 2020 lalu tersebut mampu membukukan 6 gol hanya dari 3 pertandingan, termasuk di partai semifinal dan final. 

Baca Juga: Cetak 6 Gol Beruntun, Enner Valencia Sejajar dengan Para Legenda

3. Oleg Salenko (1994) 

4 Pencetak Enam Gol Beruntun di Piala Dunia, Valencia Pecahkan Rekor!Oleg Salenko (twitter.com/FIFAcom)

Oleg Salenko, pemain Rusia yang tidak punya banyak rekor, tetapi sangat ikonik. Ia merupakan satu-satunya pencetak lima gol dalam satu pertandingan Piala Dunia. Momen itu tercatat saat Rusia menang 6-1 atas Kamerun pada 1994. 

Sebelum pertandingan itu, Oleg Salenko sudah mencetak satu gol sehingga ia masuk pula ke dalam rekor pencetak enam gol beruntun. Rusia kala itu terdepak di fase grup dan pemain ini jadi satu-satunya peraih Golden Boot yang membela tim tidak lolos ke fase gugur. 

4. Enner Valencia (2018 dan 2022) 

4 Pencetak Enam Gol Beruntun di Piala Dunia, Valencia Pecahkan Rekor!Enner Valencia (instagram.com/ennervalencia1)

Enner Valencia sendiri mencatat rekor enam golnya dalam dua edisi Piala Dunia. Ketika Ekuador gagal melaju ke fase gugur pada 2014, pemain ini mencetak tiga gol. Berselang delapan tahun, ia cetak tiga gol lagi di babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar.

Bukan sembarang gol, Valencia bawa negaranya menang 2-0 atas Qatar sekaligus jadi pahlawan dalam laga imbang 1-1 melawan Belanda. Ekuador sekarang dicap kuda hitam yang seharusnya layak melaju ke babak berikutnya. 

Sayangnya, pada pertandingan melawan Belanda, Enner Valencia ditarik keluar lapangan akibat cedera lutut. Meski begitu, ia diprediksi bisa pulih cepat dan kembali memperkuat Ekuador untuk melawan Senegal pada laga terakhir Grup A Piala Dunia 2022. Akankah Valencia menambah koleksi golnya?

Baca Juga: Enner Valencia dan Para Pencetak Gol Perdana di Piala Dunia

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya