Comscore Tracker

Cetak 6 Gol Beruntun, Enner Valencia Sejajar dengan para Legenda

Valencia kembali catat rekor terbaru

Amerika Latin melahirkan bintang baru di sepak bola internasional. Enner Valencia, kapten Timnas Ekuador tampil mengesankan pada babak penyisihan grup Piala Dunia 2022 Qatar.

Pemain senior ini mencetak dua gol saat bersua Timnas Qatar pada laga pembuka. Kemudian, dirinya kembali disorot usai menjebol gawang Timnas Belanda. Berkat gol-gol tersebut, Valencia mengukir rekor di turnamen antar dunia. 

Sebelumnya, Valencia sendiri sudah tampil di Piala Dunia 2014 Brasil. Sukses mencetak enam gol beruntun, Enner Valencia sekarang sejajar dengan para legenda. 

1. Sosok Enner Valencia yang sudah tua

Cetak 6 Gol Beruntun, Enner Valencia Sejajar dengan para LegendaEnner Valencia (instagram.com/ennervalencia1)

Pemilik nama panjang Enner Remberto Valencia Lastra ini merupakan pemain senior yang sudah memasuki usia 33 tahun. Dirinya lahir di San Lorenzo, Ekuador, pada 4 November 1989 silam. Posisi utamanya di lapangan adalah penyerang tengah. 

Sepanjang karier sepak bolanya, Enner Valencia pernah membela CS Emelec, Pachuca, West Ham United, Everton, Tigres UANL, dan sekarang berlabuh di klub Turki, Fenerbahce. Terhitung 129 gol telah dicetaknya dalam 440 penampilan di level klub. 

2. Kiprah Valencia untuk Timnas Ekuador

Cetak 6 Gol Beruntun, Enner Valencia Sejajar dengan para LegendaEnner Valencia (twitter.com/Fenerbahce)

Dahulu, Valencia bukanlah pemain yang menonjol. Ia diberi kesempatan debut untuk tim senior Ekuador pada 1 Maret 2012 silam, tetapi hanya bermain selama sembilan menit. Setelah debut itu, Valencia sempat didiamkan selama setahun tanpa panggilan tim nasional. 

Menjelang turnamen antar dunia, Enner Valencia mulai dipercaya lagi oleh La Tri. Ia bermain di pertandingan persahabatan, Kualifikasi Piala Dunia zona Amerika Selatan hingga Piala Dunia 2014 Brasil. 

Sejak saat itulah dirinya teguh menjadi pemain vital Timnas Ekuador hingga sekarang. Valencia juga sudah belasan kali tampil di Copa America. Namanya tercatat sebagai pencetak gol terbanyak Timnas Ekuador dengan torehan 38 gol. Total ia punya 76 caps. 

Baca Juga: Profil Enner Valencia: Brace Bersejarah di Piala Dunia 2022

3. Berapa banyak gol yang sudah ditorehkan Valencia di Piala Dunia?

Cetak 6 Gol Beruntun, Enner Valencia Sejajar dengan para LegendaEnner Valencia (fifa.com)

Enner Valencia pertama kali mentas di Piala Dunia 2014 Brasil. Kala itu, sang striker membukukan 3 gol dalam 3 penampilan. Namun, Timnas Ekuador hanya mencomot empat poin dan tersingkir di fase grup. 

Kegagalan kembali ditelan saat Ekuador tidak lolos ke Piala Dunia 2018 Rusia. Valencia sekarang tampil lagi di Piala Dunia 2022 Qatar dan sudah mengumpulkan tiga gol. Secara keseluruhan, ia telah mengoleksi 6 gol dalam 5 penampilan di turnamen akbar tersebut. 

4. Enner Valencia sekarang sejajar dengan para legenda

Cetak 6 Gol Beruntun, Enner Valencia Sejajar dengan para LegendaEnner Valencia jebol gawang Andries Noppert. (instagram.com/latriecu)

Enner Valencia lagi-lagi jadi pahlawan bagi Timnas Ekuador. Berkat satu gol solonya pada menit ke-39, La Tri lolos dari jurang kekalahan atas Timnas Belanda, Jumat (25/11/2022). Laga berujung imbang 1-1.

Itu merupakan gol keenam yang dicetak Valencia secara berturut-turut di Piala Dunia. Kini ia pun sejajar dengan para legenda, yakni Eusebio untuk Timnas Portugal (1966), Paolo Rossi untuk Timnas Italia (1982), dan Oleg Salenko untuk Timnas Rusia (1994).

5. Cedera menumbangkan Enner Valencia, bagaimana nasib La Tri? 

Cetak 6 Gol Beruntun, Enner Valencia Sejajar dengan para LegendaEnner Valencia (instagram.com/ennervalencia1)

Cedera jadi momok menakutkan di Piala Dunia 2022 Qatar. Sejumlah pemain bintang tumbang di lapangan. Mungkin karena usianya sudah tua, Enner Valencia juga ikutan tumbang akibat cedera lutut saat bermain kontra Timnas Belanda kemarin.

Hal ini tentu jadi kabar buruk bagi Timnas Ekuador. Sebab, Valencia adalah aktor utama yang membuat La Tri tampil impresif. Jangan khawatir, melansir laman The Sporting News, Valencia hanya mengalami cedera ringan dan diprediksi bisa pulih cepat. 

Timnas Ekuador selanjutnya akan berjumpa dengan Timnas Senegal di Stadion Internasional Khalifa pada 29 November 2022. Valencia dkk. kini hanya perlu satu poin untuk lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar

Baca Juga: 5 Pemain Ekuador Paling Menonjol saat Berhasil Memaksa Belanda Imbang

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya