Resmi Hijrah ke Barcelona, Begini Perjalanan Karier Ferran Torres

Ferran Torres pulang ke tanah kelahirannya! 

Barcelona secara resmi mengumumkan bahwa perekrutan Ferran Torres telah mencapai kesepakatan. Kabar tersebut dibagian setelah sang pemain lulus menjalani tes medis di Ciutat Esportiva Joan Gamper, pusat akademisi dan tempat latihan milik El Barca

Ferran Torres bukan sembarang pemain. Ia terbilang telah sukses pada usia muda. Hal tersebut tidak lain berkat kerja kerasnya selama ini. Nah, mari menilik kilas balik perjalanan karier sang pemain. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Profil singkat Ferran Torres

Resmi Hijrah ke Barcelona, Begini Perjalanan Karier Ferran Torrespotret Ferran Torres (twitter.com/FerranTorres20)

Bakat muda satu ini lahir dengan nama panjang Ferran Torres Garcia. Ia lahir pada 29 Februari 2000 di Foios, kawasan kota kecil di Spanyol. Torres memulai karier sepak bolanya sejak berusia 6 tahun di akademisi Valencia.

Pada usia 18 tahun, Ferran Torres dipromosikan di tim utama Valencia. Ia melakoni debut pada 30 November 2017 dalam pertandingan Copa del Rey di bawah asuhan Marcelino. Kini ia telah menjadi salah satu bintang muda senilai 45 juta euro atau sekitar Rp724 miliar.

2. Ferran Torres jadi rekrutan pertama Xavi Hernandez di Barcelona

Resmi Hijrah ke Barcelona, Begini Perjalanan Karier Ferran Torrespotret Ferran Torres (instagram.com/fcbarcelona)

Xavi Hernandez baru diangkat menjadi pelatih Barcelona pada awal November lalu. Selain jadi pembuka bursa transfer musim dingin, Ferran Torres juga menjadi rekrutan pertama Xavi untuk tim Catalan. Sang pemain dilaporkan baru akan menandatangani kontraknya pada bulan Januari 2022 nanti.

Ferran Torres diboyong dengan mahar senilai 55 juta euro atau sekitar Rp884 miliar. Ia akan mendapatkan kontrak berdurasi 5 tahun sampai 2027. Meski transfer belum sepenuhnya selesai, Torres sudah terlihat dalam serangkaian sesi latihan di Barcelona. 

Baca Juga: 10 Potret Menawan Ferran Torres, Pemain Baru Milik Barcelona

3. Kontribusi Ferran Torres untuk Valencia

Resmi Hijrah ke Barcelona, Begini Perjalanan Karier Ferran Torrespotret Ferran Torres (twitter.com/FerranTorres20)

Ferran Torres tidak langsung diangkat ke tim utama pada saat penampilannya cukup menjanjikan untuk Valencia U19. Ia sempat berjuang keras menjalani satu musim di Valencia B. Barulah pada musim dingin 2018, Torres resmi jadi pemain sepak bola profesional. 

Meskipun hanya dua musim (2018-2020), karier Ferran Torres bersama Valencia menjadi cikal-bakal kesuksesannya dalam sepak bola. Pemain berusia 21 tahun ini telah tampil dalam 97 pertandingan di semua kompetisi untuk Valencia.

4. Bagaimana karier Torres di Liga Inggris bersama Manchester City? 

Resmi Hijrah ke Barcelona, Begini Perjalanan Karier Ferran Torrespotret Ferran Torres (instagram.com/ferrantorres)

Nama Ferran Torres lansung melambung ketika Manchester City resmi memboyongnya senilai Rp531 miliar pada musim panas 2020. Meski baru pertama kali merumput di Liga Inggris, ia mampu beradaptasi dengan baik.

Ferran Torres total telah tampil dalam 43 pertandingan dengan torehan 16 gol. Musim lalu, ia ikut andil dalam membantu Manchester City merebut gelar Premier League dari Liverpool. Sebagai tambahan, mereka juga memenangkan Piala EFL. 

5. Ferran Torres juga jadi andalan tim nasional Spanyol, lho! 

Resmi Hijrah ke Barcelona, Begini Perjalanan Karier Ferran Torrespotret Ferran Torres (twitter.com/FerranTorres20)

Tidak hanya sukses berkarier bersama klub, Ferran Torres juga jadi andalan tim nasional. Bersamaan dengan bersinar namanya pada 2018, untuk pertama kalinya Torres dipanggil ke tim utama Spanyol oleh Luis Enrique.

Torres melakoni debut profesional pada 3 September 2020 saat usianya menginjak 20 tahun 6 bulan 5 hari. Sejauh ini, ia baru mencapai 22 penampilan dan mencetak 12 gol di ajang internasional.

Ferran Torres menambah daftar pemain muda Barcelona yang saat ini tengah dikembangkan. Ia sendiri bisa lebih leluasa meniti karier di tanah kelahirannya. 

Baca Juga: 5 Kapten Terbaik Barcelona Sepanjang Sejarah, Tak Ada Xavi Hernandez!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya