Comscore Tracker

Sejumlah Rekor yang Bisa Dipecahkan Cody Gakpo di Piala Dunia 2022

Berpeluang meraih Golden Boot

Piala Dunia 2022 Qatar bertabur bintang muda yang tengah moncer. Timnas Belanda juga punya jagoannya, yakni Cody Gakpo. Ia sedang dielu-elukan lantaran berhasil melancarkan keran gol De Oranje pada babak penyisihan grup. 

Rekor demi rekor mulai dipecahkan Gakpo. Salah satunya jadi pemain Belanda pertama yang sukses meluncurkan gol beruntun dalam tiga pertandingan pertama Piala Dunia.

Belanda sendiri sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Dengan demikian, winger 23 tahun ini berpotensi menambah catatan golnya. Ini sejumlah rekor yang bisa dipecahkan Cody Gakpo di Piala Dunia 2022.

1. Cody Gakpo punya peluang untuk menyamai rekor legenda Belanda, Johan Neeskens

Sejumlah Rekor yang Bisa Dipecahkan Cody Gakpo di Piala Dunia 2022Cody Gakpo (twitter.com/FIFAWorldCup)

Saat Belanda menemui kebuntuan di hadapan Senegal pada pertandingan pertama fase grup, Cody Gakpo berhasil membuka celah. Menyambar umpan dari Frenkie de Jong, sang pemain mencetak gol pada menit ke-84.

Gakpo merupakan pemain Belanda pertama yang mencetak gol di Piala Dunia 2022. Aksi ciamik tersebut berlanjut saat Belanda dipaksa imbang 1-1 oleh Ekuador. Pemain muda inilah yang pertama kali merobek gawang lawan. 

Terakhir, Gakpo menjebol gawang Qatar pada laga terakhir. Koleksi tiga golnya di Piala Dunia kini sama dengan legenda Belanda, Johan Cruyff. Sedangkan, untuk sejajar dengan legenda lainnya, Johan Neeskens, Gakpo hanya perlu mencetak dua gol lagi.

2. Jadi pemain Belanda dengan gol terbanyak di Piala Dunia juga mungkin saja

Sejumlah Rekor yang Bisa Dipecahkan Cody Gakpo di Piala Dunia 2022Cody Gakpo (instagram.com/onsoranje)

Meski sering diunggulan, tidak ada pemain Belanda yang benar-benar subur menciptakan gol di turnamen antardunia. Rekor gol terbanyak pemain Belanda di Piala Dunia masih dipegang oleh Johnny Rep, yang mentok hanya mampu mencetak tujuh gol.

Legenda lainnya, Arjen Robben, Dennis Bergkamp, Wesley Sneijder, Robin van Persie, dan Rob Rensenbrink sejajar mengumpulkan enam gol. Nah, situasi itu bisa dimanfaatkan Cody Gakpo untuk melampaui rekor mereka.

Gakpo minimal harus mencetak delapan gol agar bisa menjadi pemain Belanda dengan gol terbanyak di Piala Dunia. Mengingat performanya sedang panas, pemain PSV Eindhoven tersebut mungkin saja melakukannya.

Baca Juga: Cody Gakpo, Penerus Legenda PSV di Lini Depan Belanda

3. Cody Gakpo berpeluang jadi pemain Belanda pertama yang meraih Golden Boot di Piala Dunia

Sejumlah Rekor yang Bisa Dipecahkan Cody Gakpo di Piala Dunia 2022Cody Gakpo (twitter.com/alimo_philip)

Satu nama legenda, Wesley Sneijder, pernah jadi sorotan di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Ia merupakan pemain kunci yang sukses menggendong Belanda hingga partai final. Sneijder mengantongi lima gol dan hampir meraih Golden Boot atau Sepatu Emas.

Sayangnya, Wesley Sneijder bersaing dengan Thomas Mueller, David Villa, dan Diego Forlan yang juga menorehkan lima gol sepanjang turnamen. FIFA akhirnya memberikan Golden Boot kepada Mueller lantaran jumlah assist-nya lebih banyak.

Dalam sejarah Piala Dunia, belum ada pemain Belanda yang pernah mendapatkan penghargaan tersebut. Maka dari itu, kesempatan emas bagi Cody Gakpo untuk jadi pemain Belanda pertama yang mengangkat Sepatu Emas.

4. Jika Belanda juara, maka Gakpo jadi bagian skuad pertama yang merengkuh gelar Piala Dunia

Sejumlah Rekor yang Bisa Dipecahkan Cody Gakpo di Piala Dunia 2022Louis van Gaal dan Cody Gakpo (twitter.com/OnsOranje)

Belanda sering dicap raja tanpa mahkota. Bukan tanpa alasan, sebutan itu dilayangkan karena Belanda merupakan tim kuat yang tidak pernah juara. Mereka sering berpartisipasi dan tiga kali menembus final, tetapi nihil trofi. 

Di tangan Louis van Gaal, Belanda percaya diri di Piala Dunia 2022. Salah satu wakil Eropa itu datang dengan tujuan mulia, yakni jadi juara. Jika tujuan itu berhasil, maka Cody Gakpo dan rekan-rekannya akan menjadi skuad Belanda pertama dalam sejarah yang mampu merengkuh gelar juara Piala Dunia.

5. Mampukah Cody Gakpo memecahkan semua rekor itu?

Sejumlah Rekor yang Bisa Dipecahkan Cody Gakpo di Piala Dunia 2022Cody Gakpo (instagram.com/onsoranje)

Langkah Cody Gakpo untuk memecahkan rekor demi rekor pastinya tidak akan mudah. Para pesaingnya tak kalah lihai mencetak gol, terutama Kylian Mbappe dan Marcus Rashford. Keduanya terus memepet di papan top skor sementara Piala Dunia 2022.

Sebenarnya, masih terlalu jauh menimbang potensi Cody Gakpo. Setelah lolos ke fase knockout, tugasnya sekarang adalah membantu Belanda menumbangkan Amerika Serikat. Akan tetapi, ia tetap berpeluang setidaknya memecahkan 1 atau 2 rekor. 

Belanda beruntung punya bomber macam Cody Gakpo untuk bertempur di Piala Dunia 2022. De Oranje dinilai belum mengerahkan penampilan terbaik. Untungnya, Gakpo selalu hadir memecah kebuntuan.

Baca Juga: Cody Gakpo, Mesin Gol Timnas Belanda di Piala Dunia 2022 Qatar

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya