7 Transfer Paling Menguntungkan Klub Bundesliga ke Klub Premier League

Transfer Haaland memberi keuntungan besar untuk Dortmund

English Premier League (EPL) punya segudang keunggulan yang membuat kompetisi jadi semakin menarik di mata publik. Dalam urusan transfer pemain, klub-klub elite di Inggris selalu paling gencar dalam perburuan pemain bertalenta.

Bundesliga sendiri jadi salah satu tempat favorit untuk mencari para pemain berpotensi tinggi. Sejauh ini, banyak transfer yang telah dilakukan dan menghasilkan keuntungan besar untuk klub Jerman. 

1. Jadon Sancho (dari Borussia Dortmund ke Manchester United)

7 Transfer Paling Menguntungkan Klub Bundesliga ke Klub Premier LeagueJadon Sancho ketika masih bermain untuk Borussia Dortmund. (twitter.com/Squawka)

Kita semua tahu, betapa moncernya Jadon Sancho saat masih berseragam Borussia Dortmund. Meskipun lahir di Inggris dan belajar sepak bola di akademi Manchester City, tetapi Sancho pertama kali naik daun di Jerman.

Jadon Sancho direkrut oleh Borussia Dortmund saat masih berusia 17 tahun pada musim panas 2017. Ia berkembang sangat baik dan sukses menorehkan 50 gol dan 64 assists dalam 137 penampilan (2017—2021).

Kemudian, Manchester United membawanya dengan mahar 85 juta euro atau sekitar Rp1,3 triliun pada musim panas 2021. Pihak Die Borussen pun diketahui meraup keuntungan hingga 64,4 juta euro atau sekitar Rp987 miliar dari penjualan tersebut.

2. Kevin De Bruyne (dari Wolfsburg ke Manchester City)

7 Transfer Paling Menguntungkan Klub Bundesliga ke Klub Premier LeagueKevin De Bruyne ketika masih bermain untuk VfL Wolfsburg. (twitter.com/VfL_Wolfsburg)

Wolfsburg mendapatkan keuntungan senilai 54 juta euro (Rp827 miliar) dari transfer Kevin De Bruyne yang pindah ke Manchester City pada tahun 2015. Pada saat itu, klub berhasil menjual sang pemain mencapai 76 juta euro (Rp1,1 triliun).

Kevin De Bruyne pernah gagal bermain untuk Chelsea. Namun, bersama The Cityzens, ia berhasil menjadi salah satu gelandang terbaik. Sejauh ini, pemain berusia 30 tahun tersebut telah menyumbang 86 gol dan 120 assists dalam 305 penampilan untuk klub. 

Baca Juga: 6 Transfer Terbesar di Bundesliga pada Musim Dingin 2022

3. Pierre-Emerick Aubameyang (dari Borussia Dortmund ke Arsenal)

7 Transfer Paling Menguntungkan Klub Bundesliga ke Klub Premier LeaguePierre-Emerick Aubameyang (twitter.com/Bundesliga_EN)

Pierre-Emerick Aubameyang pernah jadi penyerang tengah andalan Borussia Dortmund. Selama 5 tahun (2013—2018) merumput di Bundesliga, sang pemain sukses mencetak 141 gol dan 36 assists dalam 213 penampilan di seluruh ajang untuk Die Borussen.

Arsenal membawa Aubameyang ke Inggris dengan kesepakatan 63,8 juta euro atau sekitar Rp978 miliar. Dortmund mengantongi untung setidaknya 50,8 juta euro atau sekitar Rp778 miliar dari transfer tersebut. Sebab, dulu klub merekrutnya hanya 13 juta euro atau sekitar Rp199 miliar.

Namun, pemain asal Gabon tersebut telah berseragam Barcelona sejak Januari 2022 lalu. Setelah mengalami kesulitan di Emirates Stadium, kini nama Pierre-Emerick Aubameyang kembali melejit bersama raksasa Spanyol tersebut.

4. Joelinton (dari Hoffenheim ke Newcastle United) 

7 Transfer Paling Menguntungkan Klub Bundesliga ke Klub Premier LeagueJoelinton ketika masih membela TSG Hoffenheim. (instagram.com/joelinton34)

Pada musim panas 2019, Newcastle United resmi merekrut Joelinton senilai 44 juta euro atau sekitar Rp674 miliar dari klub Bundesliga, Hoffenheim. Dari transfer tersebut, Hoffenheim berhasil meraup keuntungan mencapai 41,8 juta euro atau sekitar Rp641 miliar.

Joelinton diandalkan tim sebagai gelandang serang. Sejak melakoni pertandingan debut pada 11 Agustus 2019, kini pemain berusia 25 tahun tersebut telah menorehkan 14 gol dan 8 assist dalam 112 penampilan di semua kompetisi untuk The Magpies.

5. Erling Haaland (dari Borussia Dortmund ke Manchester City)

7 Transfer Paling Menguntungkan Klub Bundesliga ke Klub Premier Leaguepotret Erling Haaland (twitter.com/ChampionsLeague)

Manchester City secara resmi telah mengumumkan kedatangan Erling Haaland ke Etihad Stadium. Pemain muda asal Norwegia tersebut diketahui telah lolos dalam tes medis dan akan menandatangani kontrak pada 1 Juli 2022 nanti.

Borussia Dortmund dulu merekrut Haaland hanya senilai 20 juta euro (Rp306 miliar) dari RB Salzburg. Namun, sekarang klub bisa menjualnya mencapai 60 juta euro (Rp920 miliar) dan meraup untung hingga 40 juta euro (Rp613 miliar).

Erling Haaland merupakan salah satu talenta muda paling banyak diincar di Eropa. Ia bersinar dengan koleksi 134 gol dan 36 assists yang dicetaknya dalam 181 penampilan sepanjang karier profesionalnya. Padahal Haaland baru berusia 21 tahun.

 

Bundesliga memang gak kalah jago dalam mengembangkan para pemain potensial. Jadi gak heran, mereka bisa meraup keuntungan besar dari setiap transfer. Terlebih ke klub Premier League yang terkenal dengan sumber dana melimpah.

Baca Juga: 5 Transfer Terbaik Bundesliga ke Premier League, Sukses Besar!

Akromah Zonic Photo Verified Writer Akromah Zonic

"Sometimes to stay alive, you gotta kill your mind" (Tyler Joseph)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya