Dipinjamkan, 5 Kiper Ini Sukses Memperoleh Banyak Menit Bermain

Karier mereka mengalami peningkatan signifikan

Berbicara seputar bursa transfer tak hanya tentang kepindahan pemain yang bersifat permanen. Ada juga pemain yang dilepas sementara ke klub lain atau sering dikenal dengan istilah pinjaman.

Hal ini kerap dilakukan oleh suatu klub kepada para pemainnya yang kesulitan mendapatkan menit bermain, seperti yang terjadi pada bursa transfer musim panas lalu. Ada beberapa pemain top yang terpaksa hijrah demi mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak.

Dari kesepakatan peminjaman pemain pada periode tersebut, kelima kiper berikut ini sukses mengalami peningkatan karier lantaran dipercaya tampil pada banyak laga oleh klub barunya. Penasaran siapa saja mereka? Simak ulasannya!

1. Pau Lopez

Dipinjamkan, 5 Kiper Ini Sukses Memperoleh Banyak Menit BermainPau Lopez (twitter.com/OM_English)

Kabar mengejutkan datang dari AS Roma yang melepas Pau Lopez. Kiper berusia 26 tahun tersebut dipinjamkan ke Olympique Marseille selama semusim penuh. Ia terdepak dari skuad utama I Giallorosso akibat kedatangan Jose Mourinho sebagai juru taktik. Pada saat yang sama, Mourinho mendatangkan kiper anyar, Rui Patricio.

Peminjamannya ke Marseille ternyata tak terbilang buruk. Menit bermain Lopez terus bertambah lantaran dipercaya jadi kiper nomor satu. Ia bahkan mampu mendepak Steve Mandanda yang sudah lama berkarier di Marseille. Lopez tampil 17 kali di semua ajang dan berhasil menorehkan 9 clean sheet sejauh ini.

2. Kiko Casilla

Dipinjamkan, 5 Kiper Ini Sukses Memperoleh Banyak Menit BermainKiko Casilla (instagram.com/kikocasilla)

Keputusan Kiko Casilla hengkang ke Leeds United tak mampu mengangkat performanya. Ia justru kalah bersaing dengan Illan Meslier sebagai kiper utama The Whites. Eks pemain Real Madrid itu harus mencari peruntungan baru pada usia yang sudah tak muda lagi. Beruntungnya, Elche bersedia merekrut Casilla musim panas lalu.

Casilla didatangkan klub LaLiga tersebut dengan status pinjaman selama semusim. Keputusannya untuk menerima pinangan Elche ternyata sangat jitu. Casilla dipercaya menjadi kiper nomor satu dan nyaris tak tersentuh. Hingga pertengahan musim ini, ia sudah tampil 13 kali dengan koleksi 4 clean sheet di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Youngster Premier League yang Perlu Dipinjamkan, Demi Menit Bermain!

3. Ivo Grbic

Dipinjamkan, 5 Kiper Ini Sukses Memperoleh Banyak Menit BermainIvo Grbic (twitter.com/losclive)

Bersaing dengan Jan Oblak bukan perkara mudah. Hal itulah yang dialami Ivo Grbic musim lalu. Ia nyaris tak mencatatkan satu pun penampilan karena dominasi Oblak yang sulit dipatahkan di Atletico Madrid. Agar menambah porsi jam terbang, Los Rojiblancos memutuskan untuk meminjamkannya musim panas lalu.

Grbic dilepas kepada juara bertahan Ligue 1, LOSC Lille, dengan status pinjaman selama semusim. Ia juga diproyeksikan sebagai pengganti Mike Maignan yang hengkang ke AC Milan pada waktu yang sama. Bersama klub Prancis itu, Grbic mampu menjadi kiper utama di semua ajang. Ia sudah tampil 21 kali dan mengoleksi 4 clean sheet.

4. Giorgi Mamardashvili

Dipinjamkan, 5 Kiper Ini Sukses Memperoleh Banyak Menit BermainGiordi Mamardashvili (twitter.com/Atletican1)

Giorgi Mamardashvili membuat kejutan. Berasal dari Georgia yang bukan termasuk negara kuat di dunia sepak bola, Mamardashvili menorehkan sensasi. Bagaimana tidak, namanya mulai naik daun setelah direkrut Valencia musim panas lalu. Ia diboyong dari Dinamo Tbilisi dengan status pinjaman selama semusim.

Mamardashvili mampu membuat peta persaingan di sektor penjaga gawang Valencia makin ketat. Pada usianya yang masih 21 tahun, ia sudah dipercaya tampil enam kali bersama tim LaLiga itu. Ia bergantian dengan Jasper Cillessen serta sukses menggusur Jaume Domenech yang posisinya kian terpinggirkan.

5. Alexander Nubel

Dipinjamkan, 5 Kiper Ini Sukses Memperoleh Banyak Menit BermainAlexander Nubel (asmonaco.com)

Kepindahannya ke Bayern Munchen diklaim sebagai transfer yang menguntungkan. Alexander Nubel disebut-sebut sebagai penerus ideal Manuer Neuer, baik bersama Bayern Munchen maupun timnas Jerman pada masa depan. Namun, ia belum mampu mendapatkan kepercayaan penuh di tim utama Die Bayern.

Hanya berstatus pelapis membuat Nubel dilepas ke klub lain untuk memperoleh menit bermain. Ia dipinjamkan ke AS Monaco selama dua musim berturut-turut. Dewi Fortuna ternyata menaungi pemain berusia 25 tahun itu. Nubel bersinar di Prancis dengan menjadi kiper utama. Ia sudah dipercaya tampil 25 kali dan menorehkan 6 clean sheet.

Keputusan tepat dilakukan kelima kiper di atas dengan hengkang ke klub lain. Meski hanya berstatus pinjaman, mereka mampu dipercaya tampil pada banyak laga, bahkan menjadi kiper nomor satu di timnya masing-masing.

Baca Juga: Kalah Bersaing, 5 Kiper Top Ini Sering Dipinjamkan ke Klub Lain

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya