Comscore Tracker

Sempat Hengkang, 5 Pemain Ini Pilih 'Balik Kucing' ke Klub Lamanya

Kadung cinta apa homesick? #IDNTimesSport

Istilah CLBK atau Cinta Lama Berseri Kembali tak hanya berlaku pada hubungan asmara saja. Dalam perspektif sepak bola, hal seperti itu juga kerap terjadi. Salah satu yang populer adalah kepindahan pemain yang pulang ke klub lamanya.

Kejadian seperti itu terjadi lantaran didasari beragam hal. Mulai dari kesetiaan ataupun karena kebutuhan tim yang memang tengah memerlukan tenaga tambahan yang sesuai dengan karakter permainan pemain tersebut.

Setidaknya 5 pemain aktif ini merupakan segelintir dari contoh CLBK dalam dunia sepak bola. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Mariano Diaz

Sempat Hengkang, 5 Pemain Ini Pilih 'Balik Kucing' ke Klub Lamanyapotret Mariano Diaz (eurosport.com)

Mariano Diaz bergabung dengan Real Madrid sejak masih berusia belasan tahun. Puncaknya di musim 2016/2017 lalu, Diaz berhasil promosi ke tim utama Los Blancos. Lini depan Madrid yang tengah on fire lewat kehadiran trio Ronaldo, Benzema, dan Bale bikin menit bermain Diaz jadi sangat sedikit.

Tampil minim di ibu kota Spanyol tersebut, pemain asal Republik Dominika ini memilih untuk hengkang ke Olympique Lyon. Di Lyon Diaz mampu menunjukkan performa impresif melalui raihan 21 gol dalam semusim.

Hal itu juga yang membuat Madrid kepincut untuk merekrutnya kembali. Akan tetapi, Diaz justru gagal bersinar dan hanya menjadi penghangat bangku cadangan.

2. Daley Blind

Sempat Hengkang, 5 Pemain Ini Pilih 'Balik Kucing' ke Klub Lamanyapotret Daley Blind (ajax.nl)

Daley Blind bergabung dengan tim Ajax Amsterdam sejak belia dan menimba ilmu di tim akademi. Setelahnya, ia promosi ke tim utama di tahun 2009 lalu dan mulai menarik atensi klub besar Eropa lainnya.

Daley Blind memilih hengkang ke Manchester United di musim panas 2014 untuk menjalani persaingan yang lebih kompetitif. Blind begitu dipercaya dan tampil di 141 pertandingan bersama Setan Merah.

Setelah 4 musim berkiprah di daratan Inggris, Blind memutuskan untuk pulang ke Ajax, klub yang sudah membesarkan namanya sebagai pemain sepak bola.

Baca Juga: 5 Calon Kuat Pengganti Mbappe di PSG Jika Jadi Hengkang ke Madrid

3. Paulinho

Sempat Hengkang, 5 Pemain Ini Pilih 'Balik Kucing' ke Klub Lamanyapotret Paulinho (goal.com)

Kariernya yang meredup bersama Tottenham Hotspurs membuat Paulinho harus mencari pelabuhan baru. Ia memilih Guangzhou Evergrande di tahun 2015 sebagai destinasi karir selanjutnya. Bersama klub asal China itu, Paulinho tampil apik dan selalu berperan motor permainan.

Di saat yang sama, Barcelona yang baru saja ditangani pelatih baru, Ernesto Valverde mencoba membangun ulang kekuatannya. Tak diduga, Paulinho menjadi salah satu rekrutan anyar La Blaugrana saat itu. Meski sempat dikritik, Paulinho mampu tampil gemilang di tiap laganya.

Di Barcelona Paulinho hanya bertahan selama satu musim saja. Pemain asal Brasil ini lantas 'balik kucing' ke Negeri Tirai Bambu pada musim panas 2018.

4. Paul Pogba

Sempat Hengkang, 5 Pemain Ini Pilih 'Balik Kucing' ke Klub Lamanyapotret Paul Pogba (eurosport.com)

Kepulangan Paul Pogba ke Manchester United menjadi cerita indah tersendiri bagi Juventus. Sejatinya, Pogba terdepak dari tim muda Setan Merah di tahun 2012 lalu. 

Di bawah asuhan Antonio Conte, Pogba bertransformasi menjadi gelandang yang energik dan punya determinasi tinggi. Empat musim yang ia jalani di Italia terbilang menjanjikan lewat sederet capaian trofi elit yang berhasil diraih oleh Pogba.

Manchester United akhirnya memutuskan untuk membawa Pogba pulang ke Inggris dengan mahar fantastis, yaitu senilai 105 juta euro atau setara Rp1,8 triliun di musim 2016/2017 lalu.

5. Alvaro Morata

Sempat Hengkang, 5 Pemain Ini Pilih 'Balik Kucing' ke Klub Lamanyapotret Alvaro Morata (goal.com)

Perjalanan karier Alvaro Morata bisa dibilang cukup unik karena kerap bergonta-ganti klub. Menariknya, klub yang ia bela tersebut justru cenderung itu-itu saja.

Semua bermula saat Morata tergabung ke tim Real Madrid Castilla. Seiring berjalannya waktu, Morata dipromosikan ke tim utama Los Blancos di musim 2013/2014 lalu.

Ia gagal menembus skuad inti Madrid dan akhirnya dijual ke Juventus setahun setelahnya. Bersama klub Turin, Morata tampil apik dan membuatnya direkrut kembali oleh Real Madrid. Ia juga sempat membela Chelsea dan Atletico Madrid dalam waktu yang relatif singkat.

Musim lalu, Morata kembali pulang ke Juventus dengan status pinjaman yang diperpanjang hingga akhir musim 2021/2022.

Keputusan mereka untuk 'balik kucing' ke klub lamanya ini tentu dilatarbelakangi oleh beragam alasan. Siapa pemain favoritmu yang masuk ke dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Pemain Juventus yang Harus Tampil Apik di Pertandingan Pramusim

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya