5 Pemain Top Amerika Serikat yang Bermain di Kompetisi Eropa

Kebanyakan dari mereka masih berusia muda

Dalam olahraga sepak bola, Amerika Serikat mungkin tak sepopuler dengan negara-negara seperti Italia, Spanyol, Inggris, ataupun Brasil. Amerika Serikat lebih dikenal dengan kompetisi basket NBA-nya yang mempertemukan banyak pemain bintang hebat. Namun, bukan berarti sepak bola tak berkembang di Negeri Paman Sam tersebut.

Amerika Serikat juga punya kompetisi sepakbola sendiri yang bernama Major League Soccer atau yang biasa disingkat MLS. Selain itu, negara adikuasa ini juga punya banyak pemain bertalenta dan potensial yang tengah membela beberapa klub top Eropa. Berikut adalah 5 pemain top asal Amerika Serikat yang membela klub di kompetisi Eropa. Penasaran siapa saja? Dibaca sampai tuntas, ya!

Baca Juga: Termasuk Timo Werner, Inilah 5 Penjualan Termahal RB Leipzig

1. Tyler Adams - RB Leipzig

5 Pemain Top Amerika Serikat yang Bermain di Kompetisi Eropainstagram.com/tyler_adams14

Tyler Adams adalah gelandang bertahan milik klub Jerman, RB Leipzig. Adams bermain di Leipzig sejak musim 2018/2019 setelah direkrut dengan banderol 2,63 juta euro dari New York Red Bulls. Bersama Leipzig, Adams telah tampil di 42 laga dengan torehan 1 gol dan 2 assist.

Jumlah itu merupakan kesempatan bermain yang banyak mengingat Adams masih berusia 21 tahun saat ini dan punya perjalanan karier yang sangat panjang ke depannya. Untuk penampilan bersama timnas Amerika Serikat, Tyler Adams berhasil debut di tim senior pada 14 November 2017 dan telah mencatatkan 12 caps dengan torehan 1 gol.

2. Giovanni Reyna - Borussia Dortmund

5 Pemain Top Amerika Serikat yang Bermain di Kompetisi Eropainstagram.com/giaoreyna

Reyna merupakan produk asli akademi Borussia Dortmund yang berposisi sebagai penyerang tengah. Ia tampil moncer musim ini. Reyna telah tampil di 19 laga dengan mencetak 4 gol dan 6 assist. Di usianya yang masih muda, 18 tahun, Reyna masih punya banyak waktu untuk terus mengasah kemampuannya.

Untuk level timnas, Reyna telah menjalani debutnya pada 12 November lalu. Hingga kini, Reyna telah mencatatkan 2 caps bersama timnas Amerika Serikat dengan torehan 1 gol. Berkat performa menawannya, harga pasar Reyna pun berhasil naik menjadi 30 juta euro.

3. Sergino Dest - FC Barcelona

5 Pemain Top Amerika Serikat yang Bermain di Kompetisi Eropainstagram.com/sgd_2

Didatangkan Barcelona pada musim panas lalu dari Ajax seharga 21 juta euro, Sergino Dest berhasil menunjukkan performa impresif di sektor bek kanan Barca sejauh ini. Dest telah tampil di 13 laga Barca di semua kompetisi dan mencetak 1 gol.

Sempat tampil bergantian dengan Sergi Roberto di posisi bek sayap, sekarang Dest telah jadi pilihan utama mengingat Roberto harus menepi dalam waktu lama karena masalah cedera. Untuk level timnas, Sergino Dest telah mencatatkan 5 caps setelah melakukan debutnya pada 7 September 2019 lalu.

4. Weston McKennie - Juventus

5 Pemain Top Amerika Serikat yang Bermain di Kompetisi Eropainstagram.com/west.mckennie

Selanjutnya ada nama Weston McKennie. Pemain yang baru naik daun musim ini adalah pemain Juventus yang dipinjam dari klub Bundesliga, Schalke 04 dengan biaya 4,5 juta euro selama satu musim. McKennie yang berposisi asli sebagai gelandang tengah ini telah tampil di 12 laga di semua kompetisi musim ini dan berhasil mencetak 2 gol serta 1 assist.

Salah satu gol yang berhasil ia ciptakan adalah gol cantik ke gawang Barcelona pada matchday terakhir fase penyisihan grup Liga Champions minggu lalu. Yang terbaru, pemain yang genap berusia 22 tahun pada 28 Agustus lalu ini mempunyai market value sebesar 22 juta euro.

5. Christian Pulisic - Chelsea

5 Pemain Top Amerika Serikat yang Bermain di Kompetisi Eropainstagram.com/cmpulisic

Pemain terakhir adalah Christian Pulisic. Pulisic bermain di Chelsea sejak musim 2018/2019 setelah direkrut seharga 64 juta euro dari Borussia Dortmund. Kala itu, Pulisic diproyeksikan untuk mengisi kekosongan di lini serang Chelsea, setelah ditinggal Eden Hazard yang hijrah ke Real Madrid.

Bersama Chelsea, Pulisic telah bermain di 42 laga di semua kompetisi dan berhasil mencetak 13 gol serta 10 assist. Di level timnas, Pulisic telah mencatatkan 34 caps untuk timnas Amerika Serikat sepanjang kariernya. Namun sayang, musim ini Pulisic lebih banyak berkutat dengan cedera hamstring.

Pemain-pemain di atas membuktikan bahwa Amerika Serikat tidak hanya mampu melahirkan atlet basket terbaik, tetapi juga atlet sepak bola kelas dunia. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 9 Potret Memesona Christian Pulisic, Pemain Top Andalan Chelsea

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya