Termasuk Timo Werner, Inilah 5 Penjualan Termahal RB Leipzig

Siapakah yang paling fenomenal?   

RB Leipzig sejatinya bukanlah tim tradisional maupun raksasa Bundesliga seperti Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Pasalnya, Leipzig merupakan klub yang baru berusia 10 tahun di Jerman. Meski begitu, skuat asuhan Julian Nagelsmann saat ini menjelma menjadi tim yang begitu perkasa di Eropa. Tercatat, mereka hanya sekali gagal masuk empat besar sejak promosi pada 2016 silam.

Torehan itu tak lain karena kontribusi memukau para punggawanya. Tak heran jika para pemain Leipzig sampai bernilai sangat tinggi. Beberapa dari mereka pun membuat klub yang bermarkas di Red Bull Arena ini berhasil melegonya dengan harga yang fantastis. Lalu, siapa sajakah pemain-pemain tersebut? Ini daftarnya.

1. Naby Keita - 60 juta euro 

Termasuk Timo Werner, Inilah 5 Penjualan Termahal RB Leipzigbleacherreport.com

Tak butuh lama sejak promosi pada 2016, Leipzig langsung melahirkan pemain berbakat dalam nama Naby Keita. Pemain berposisi gelandang tengah itu pun membuat Liverpool naksir oleh kemampuannya. Pada musim 2018/2019, The Reds tak segan menebus pemain asal Guinea itu dengan banderol 60 juta euro atau sekitar 1 triliun rupiah. Penjualan tersebut menjadikan Keita sebagai pemain termahal sepanjang sejarah semifinalis Liga Champions musim lalu itu.

2. Timo Werner - 53 juta euro 

Termasuk Timo Werner, Inilah 5 Penjualan Termahal RB Leipziginsider.com

Nama selanjutnya adalah rekrutan anyar Chelsea, Timo Werner. The Blues berani membayar mahal sang pemain dengan mahar sebesar 53 juta euro atau sekitar 882 miliar rupiah. Harga selangit itu memang pantas disematkan pada pemain 24 tahun tersebut. Pasalnya, sang striker memiliki catatan impresif bersama Leipzig. Dari 168 laga yang ia mainkan bersama klub yang identik dengan lambang banteng itu, Werner berhasil membukukan 95 gol dan 40 assist.

Baca Juga: Mengenal RB Leipzig, Klub Promosi Bundesliga yang Paling Dibenci di Jerman

3. Matheus Cunha - 18 juta euro 

Termasuk Timo Werner, Inilah 5 Penjualan Termahal RB Leipzigbleacherreport.com

Di tempat ketiga terdapat nama Matheus Cunha. Stiker berkebangsaan Brasil itu berhasil dilego Leipzig dengan harga senilai 18 juta euro atau sekitar 300 miliar rupiah. Adalah tim ibu kota, Hertha Berlin yang menebus sang pemain dengan harga yang tinggi. Direkrut pada Januari musim lalu, Cunha diharapkan bisa menjadi bomber andalan skuat asuhan Bruno Labbadia. Apalagi pemain 21 tahun itu memiliki kemampuan komplet yang bisa mengisi semua posisi di lini serang.

4. Oliver Burke - 15,2 juta euro 

Termasuk Timo Werner, Inilah 5 Penjualan Termahal RB Leipzigindependent.co.uk

Olivier Burke berada di posisi keempat sebagai pemain termahal yang dijual RB Leipzig. Burke dilepas pada misim 2017/2018 ke West Bromwich Albion dengan mahar 15,2 juta euro atau berkisar 252 miliar rupiah. Pemain 23 tahun itu memiliki kecepatan apik yang dinilai cocok bermain di Liga Inggris. Tak ayal, sang winger hingga kini masih eksis di Premier League bersama Sheffield United.

5. Diego Demme - 12 juta euro  

Termasuk Timo Werner, Inilah 5 Penjualan Termahal RB Leipzighitc.com

Dijual ke Napoli dengan mahar 12 juta euro atau sekitar 200 miliar rupiah, menjadikan nama Diego Demme masuk ke dalam jajaran pemain termahal Leipzig. Bergabung pada musim dingin 2019/2020, Demme kembali menunjukkan penampilan apiknya seperti di Leipzig bersama Il Partenopei. Sang gelandang bertahan pun mampu memberikan kontribusi yang impresif hingga membawa Napoli menjuarai Coppa Italia pada musim lalu.

Hingga kini, Leipzig masih dihuni pemain-pemain bagus dengan nilai pasar yang tinggi. Tak heran jika dalam beberapa waktu ke depan Die Bullen akan kembali memperpanjang deretan pemain termahalnya. Sebab, nama-nama seperti Dani Olmo dan Dayot Upamecano sedang dalam radar tim papan atas Eropa. Akankah rekor tersebut kembali terulang? Patut dinantikan!

Baca Juga: RB Leipzig Tuntut Kompensasi Dari Liverpool Untuk Naby Keita

Celvin M Sipahutar Photo Verified Writer Celvin M Sipahutar

Freelance Journalist | @celvinms

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya