5 Pemain Top Ini Membela Timnas di Benua Afrika yang Kurang Dikenal

Ada pemain favoritmu?

Membela tim nasional merupakan impian bagi pesepak bola pada umumnya. Ini disebabkan membela timnas negaranya adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi sang pemain, terlebih lagi berhasil membawa negaranya meraih prestasi bergengsi.

Namun, tak selamanya hal di atas bisa berlaku. Tak semua negara memiliki pemain dengan kualitas mumpuni di dalam tim nasional sepak bolanya. Ada sejumlah pemain top saat ini yang membela timnas "antah-berantah", khususnya di benua Afrika yang memang masih kalah bersaing dengan benua lain.

Berikut kami sajikan 5 pemain top yang membela timnas di benua Afrika yang kurang dikenal. Penasaran siapa saja? Dibaca sampai tuntas, ya!

Baca Juga: 5 Fakta Unik The Gambia, Negara yang Merdeka pada 18 Februari

1. Musa Barrow (Gambia)

5 Pemain Top Ini Membela Timnas di Benua Afrika yang Kurang Dikenalchronicle.gm

Striker Bologna yang masih berusia 21 tahun, Musa Barrow, berhasil menunjukkan performa apik di musim ini. Pemain pinjaman dari Atalanta ini sukses membukukan 4 gol dan 4 assist dari 21 laga yang sudah ia mainkan. Untuk level timnas, saat ini Barrow membela Timnas Gambia.

Mungkin banyak yang tidak mengetahui dimana negara ini. Faktanya, Gambia merupakan negara kecil di kawasan Afrika bagian barat dan memiliki kehidupan yang terbelakang, sama seperti negara di benua Afrika lainnya. Untuk prestasi sepak bolanya, Timnas Gambia tak memiliki prestasi mentereng dan berada di ranking 159 FIFA saat ini.

2. Naby Keita (Guinea)

5 Pemain Top Ini Membela Timnas di Benua Afrika yang Kurang Dikenalthisisanfield.com

Naby Keita mulai menarik perhatian setelah direkrut Liverpool dari RB Leipzig musim 2018/2019 lalu dengan banderol fantastis, yaitu 60 juta euro. Namun, kontribusinya untuk The Reds masih jauh dari kata maksimal lantaran Keita sering berkutat dengan cedera.

Membahas timnas yang dibela Keita, dirinya bermain untuk Guinea. Negara ini berada di Afrika bagian barat dan tak terlalu memiliki prestasi gemilang dalam sepak bola. Keita telah mencatatkan 37 caps bersama Timnas Guinea dan membukukan 8 gol.

3. Steve Mounie (Benin)

5 Pemain Top Ini Membela Timnas di Benua Afrika yang Kurang Dikenalsb29.bzh

Tak bisa dimungkiri, nama Steve Mounie memang tak sepopuler pemain top asal Afrika lainnya. Penyerang yang berusia 26 tahun ini bermain untuk Stade Brest sejak awal musim usai direkrut dari Huddersfield Town dan berhasil memberikan kontribusi yang begitu signifikan untuk timnya.

Sejauh ini, Mounie telah mencetak 5 gol dan 3 assist dari 19 pertandingan yang ia mainkan. Untuk level timnas, Mounie bermain untuk Timnas Benin. Negara yang masih awam di telinga kebanyakan orang ini berada di benua Afrika bagian barat dan tak memiliki prestasi mengkilap dalam sejarah sepak bolanya dan kini menduduki ranking 83 FIFA.

4. Pierre-Emerick Aubameyang (Gabon)

5 Pemain Top Ini Membela Timnas di Benua Afrika yang Kurang Dikenalgoal.com

Pierre-Emerick Aubameyang merupakan salah satu penyerang terbaik yang dimiliki Afrika saat ini. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat dirinya yang telah berhasil meraih sejumlah gelar bergengsi, baik tim maupun individu. Teranyar, gelar Piala FA sukses ia sabet musim lalu bersama Arsenal. Meski lahir di Laval, Prancis, Aubameyang memilih untuk membela Timnas Gabon.

Hal ini terealisasi saat dirinya menjalani debut pada 28 Maret 2009 dan telah mencatatkan 57 caps hingga saat ini. Secara garis besar, tak ada prestasi mentereng yang bisa dibanggakan negara yang berada di barat Afrika ini dalam olahraga sepak bola. Gabon kini berada di ranking 84 FIFA.

5. Bertrand Traore (Burkina Faso)

5 Pemain Top Ini Membela Timnas di Benua Afrika yang Kurang Dikenalgoal.com

Pemain terakhir adalah winger milik Aston Villa, Bertrand Traore. Mantan pemain Chelsea ini telah bermain di Aston Villa sejak awal musim ini usai direkrut dari Olyimpique Lyon dengan mahar 18,4 juta euro. Pengalamannya yang telah beberapa kali membela sejumlah klub top di Eropa ini membuat namanya dikenal luas oleh para pencinta sepak bola.

Sementara itu, di level timnas, Traore membela Timnas Burkina Faso. Negara tersebut adalah negara landlocked di kawasan Afrika bagian barat dan berada di ranking 58 FIFA saat ini. Traore telah mencatatkan 55 caps untuk timnasnya tersebut dengan torehan 10 gol.

 

Meski tampil apik di klubnya masing-masing, para pemain di atas tak bisa membawa timnasnya menunjukkan performa impresif dan kalah bersaing dengan negara-negara di Afrika lainnya.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Paling Menarik di Burkina Faso, Bikin Takjub

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya