5 Rekor Unik dan Aneh dalam Sepak Bola, Bangga atau Malu?

Rekor yang berbeda dari kebanyakan rekor lainnya

Jika selama ini kita mengenal berbagai rekor menakjubkan dalam sepakbola, seperti Lionel Messi dengan rekor gol terbanyak dalam 1 tahun kalender atau Cristiano Ronaldo dengan rekornya sebagai pencetak gol terbanyak Champions League sepanjang sejarah. Tentunya, rekor-rekor tersebut banyak mendapatkan apresiasi serta pujian dari berbagai pihak.

Namun, dalam sepak bola rekor bukan hanya mengartikan sesuatu yang bagus. Ada beberapa rekor yang tercipta, tetapi rekor tersebut tidak biasa dan malah terlihat aneh. Berikut 5 rekor unik yang diciptakan pemain sepakbola.

Baca Juga: Hebat! Inilah 10 Rekor yang Belum Terpecahkan dalam Sepak Bola

1. Kartu Merah Tercepat dalam Pertandingan

5 Rekor Unik dan Aneh dalam Sepak Bola, Bangga atau Malu?twitter.com/FootballRemind

Bagaimana rasanya jika pertandingan baru saja dimulai tapi ada salah satu pemain yang langsung terkena kartu merah oleh wasit? Mungkin sebagian orang tak percaya, tetapi inilah yang dirasakan oleh pemain dari Cross Farm Park Celtic, Lee Todd, kala melawan Taunton East Reach pada 14 Oktober 2000.

Lee Todd diberikan kartu merah oleh wasit hanya dalam waktu 2 detik setelah kick off. Hal itu terjadi karena Lee Todd merasa kesal dengan wasit yang dianggap meniup peluit terlalu kencang dan menghina wasit dengan kata-kata yang tidak pantas. Mulutmu, harimaumu, ya!

2. Pemain yang Paling Banyak Berganti Klub

5 Rekor Unik dan Aneh dalam Sepak Bola, Bangga atau Malu?as.com

Umumnya para pemain sepakbola tidak terlalu sering bergonta-ganti klub dalam kariernya. Ada yang 2 kali atau 3 kali dan jarang ada yang berganti klub sampai 10 kali, apalagi lebih. Namun, ada satu pemain yang mematahkan pernyataan di atas.

Dialah Sebastian Abreu, pemain asal Uruguay yang membela 27 klub sepanjang kariernya. Klub-klub besar yang pernah dibela Sebastian Abreu di antaranya adalah Deportivo La Coruna, Real Sociedad, Gremio, dan River Plate. Abreu menyudahi karier sepak bolanya di klub asal negaranya, Boston River.

3. Skor Terbesar dalam Satu Pertandingan

5 Rekor Unik dan Aneh dalam Sepak Bola, Bangga atau Malu?twitter.com/_zrypto

Dalam sebuah pertandingan sepakbola, biasanya dapat tercipta beberapa gol dan itu butuh proses, kerja sama, dan taktik yang matang. Namun, bagaimana jika suatu pertandingan berakhir dengan skor yang di luar nalar, yaitu 149-0?

Skor ini pernah terjadi. Tepatnya di Liga Madagaskar antara AS Adema melaman Stade Olympique L'Emyne. Saat itu, pemain SOE melakukan gol bunuh diri sebanyak 149 kali sebagai bentuk protes atas kinerja wasit yang dianggap tidak profesional. Wah, banyak banget, ya!

4. Gol Sundulan Terjauh dalam Pertandingan

https://www.youtube.com/embed/trE0bjEO9VI

Rekor unik ini berhasil dicatatkan oleh pemain berkebangsaan Norwegia, Jone Samuelsen pada 2011 lalu. Tepatnya pada laga lanjutan liga Norwegia antara ODD Greenland melawan Tromso.

Gol sundulan yang berhasil dilakukan oleh Samuelsen dari 58,13 meter. Samuelsen melakukannya saat gawang lawan yang sedang kosong ditinggalkan oleh kiper Tromso yang berniat membantu penyerangan.

5. Hattrick Gagal Penalti dalam Satu Pertandingan

5 Rekor Unik dan Aneh dalam Sepak Bola, Bangga atau Malu?twitter.com/Quiroga12_

Pengalaman tak menyenangkan ini didapat oleh legenda timnas Argentina, Martin Palermo, kala tampil dalam pertandingan timnas Argentina kontra Kolombia. Palermo gagal mengeksekusi tiga penalti yang didapat Argentina.

Hebatnya, ketiga penalti tersebut gagal dengan tiga alasan yang berbeda. Penalti pertama membentur tiang gawang, penalti kedua melambung, dan penalti ketiga berhasil ditepis kiper lawan. Di akhir laga, Argentina tumbang dengan skor 0-3.

Itulah beberapa rekor unik dalam sepakbola yang mungkin saja tak ada yang bisa memecahkannya. Yang mana rekor paling unik yang pernah kamu lihat?

Baca Juga: 10 Pemain Top Dunia Paling Sering Gagal Eksekusi Penalti di Abad 21

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya