10 Pemain Top Dunia Paling Sering Gagal Eksekusi Penalti di Abad 21

Pemain bintang juga bisa gagal penalti, lho!

Akhir-akhir ini cukup ramai diperbincangkan publik sepak bola tentang beberapa pemain yang kerap mencetak gol dari penalti. Padahal penalti merupakan hukuman yang diberikan oleh wasit kepada tim yang melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti.

Namun nyatanya penalti bukanlah perkara yang mudah meskipun tinggal satu lawan satu dengan kiper. Perlu mental dan ketenangan dalam mengeksekusi penalti. Setelah merilis daftar pemain yang berlabel 'raja penalti', kali ini merupakan daftar pemain top dunia paling sering gagal penalti di abad 21. Siapa saja mereka? Check it out!

10. Sergio Aguero - 12 kali gagal

10 Pemain Top Dunia Paling Sering Gagal Eksekusi Penalti di Abad 21mancity.com

Sergio Aguero menjadi salah satu pemain paling sering gagal penalti di abad 21. Sebelum menjadi andalan Manchester City, Aguero juga pernah membela Atletico Madrid. Sebagai seorang striker, pemain Argentina ini dipercara mengambil tendangan penalti, yakni sebanyak 61 kali. Pemain berusia 32 tahun ini juga pernah gagal dalam eksekusi penalti sebanyak 12 kali di semua kompetisi.

9. Frank Lampard - 13 kali gagal

10 Pemain Top Dunia Paling Sering Gagal Eksekusi Penalti di Abad 21thesefootballtimes.co

Frank Lampard menjadi salah satu legenda yang dimiliki Chelsea. Sosok yang kini menjadi pelatih The Blues tersebut juga kerap dipercaya mengambil eksekusi penalti saat bermain. Di abad 21, Lampard mengeksekusi penalti sebanyak 80 kali di semua kompetisi. Dari jumlah tersebut, 13 di antaranya gagal di eksekusi menjadi gol.

8. Ronaldinho - 13 kali gagal

10 Pemain Top Dunia Paling Sering Gagal Eksekusi Penalti di Abad 21sempremilan.com

Ronaldinho menjadi salah satu pemain yang diandalkan klubnya untuk mengeksekusi penalti. Pemain asal Brasil ini pernah membela Paris Saint-Germain, Barcelona dan AC Milan. Di abad 21, Ronaldinho tercatat telah mengeksekusi 68 penalti. Namun ternyata, ia juga mengalami kegagalan dalam mengeksekusi penalti sebanyak 13 kali di semua kompetisi.

7. Wayne Rooney - 13 kali gagal

10 Pemain Top Dunia Paling Sering Gagal Eksekusi Penalti di Abad 21premierleague.com

Wayne Rooney menjadi pemain Inggris yang cukup produktif hingga saat ini. Pemain yang kini berusia 34 tahun ini tercatat mengawali karier bersama Everton dan bersinar saat membela Manchester United. Rooney juga dipercaya mengambil kesempatan dari titik putih, yakni sebanyak 53 kali. Namun Rooney juga beberapa kali gagal mengeksekusi penalti, yakni sebanyak 13 kali di semua kompetisi.

6. Edinson Cavani - 14 kali gagal

10 Pemain Top Dunia Paling Sering Gagal Eksekusi Penalti di Abad 21skysports.com

Kegarangan Edinson Cavani sebagai striker tak perlu diragukan lagi. Pemain asal Uruguay ini sudah malang melintang membela klub Eropa seperti Palermo, Napoli dan Paris Saint-Germain. Ia juga kerap dipercaya mengeksekusi penalti, yakni sebanyak 73 kali. Untuk penalti yang gagal, Cavani mencatatkan 14 kali gagal eksekusi penalti. 

Baca Juga: 10 Pemain Liga Top Eropa yang Berlabel 'Raja Penalti' Sejak Tahun 2000

5. Antonio Di Natale - 15 kali gagal

10 Pemain Top Dunia Paling Sering Gagal Eksekusi Penalti di Abad 21goal.com

Antonio Di Natale menjadi striker asal Italia yang cukup tajam pada masanya. Pemain yang pensiun pada tahun 2016 ini tercatat pernah membela Empoli dan Udinese. Di abad 21 ini, Di Natale mencatatkan 15 kali gagal penalti di semua kompetisi. Jumlah tersebut ia catat dari 58 kali mengeksekusi penalti.

4. Zlatan Ibrahimovic - 16 kali gagal

10 Pemain Top Dunia Paling Sering Gagal Eksekusi Penalti di Abad 21barcablaugranes.com

Zlatan Ibrahimovic juga merupakan pemain yang malang melintang bersama beberapa klub elite liga top Eropa seperti Manchester United, Paris Saint-Germain, Inter Milan, Barcelona hingga saat ini AC Milan. Sebagai seorang striker, ia juga dipercaya untuk mengambil eksekusi penalti. Pemain yang kini berusia 38 tersebut mengeksekusi 92 penalti di abad 21. Ibrahimovic juga pernah merasakan kegagalan penalti sebanyak 16 kali di semua kompetisi.

3. Francesco Totti - 19 kali gagal

10 Pemain Top Dunia Paling Sering Gagal Eksekusi Penalti di Abad 21instagram.com/francescototti

Berikutnya ada legenda AS Roma, siapa lagi kalau bukan Francesco Totti. Pemain yang pensiun pada tahun 2017 ini menjadi andalan Roma dalam mengeksekusi penalti. Mantan kapten Roma ini mengambil tendangan dari titik putih sebanyak 99 kali. Meskipun berpengalaman dalam eksekusi penalti, Totti juga pernah gagal. Ia mencatatkan 19 kali gagal mengeksekusi penalti di semua kompetisi. 

2. Cristiano Ronaldo - 27 kali gagal

10 Pemain Top Dunia Paling Sering Gagal Eksekusi Penalti di Abad 21calciomercato.com

Cristiano Ronaldo menjadi pemain dengan gol penalti terbanyak di abad 21. Pemain yang tercatat membela Manchester United, Real Madrid dan Juventus ini telah menendang penalti sebanyak 162 kali. Meskipun cukup banyak mencetak gol penalti, Ronaldo bukannya tanpa kekurangan. Pemain asal Portugal ini juga beberapa kali gagal mengeksekusi penalti, yakni sebanyak 27 kali di semua kompetisi.

1. Lionel Messi - 27 kali gagal

10 Pemain Top Dunia Paling Sering Gagal Eksekusi Penalti di Abad 21goal.com

Pemain top dunia paling sering gagal penalti di abad 21 adalah Lionel Messi. Pemain asal Argentina ini menjadi andalan Barcelona dalam mengeksekusi penalti. Meskipun memiliki skill olah bola mumpuni dan cetak gol penalti cukup banyak, ia juga beberapa kali gagal eksekusi penalti. Pemain berusia 33 tahun ini telah mengeksekusi 126 penalti di abad 21. Dari jumlah tersebut Messi mencatatkan 27 kali gagal eksekusi penalti di semua kompetisi.

Penalti bukanlah perkara mudah yang bisa dilakukan semua pemain. Meskipun sudah sangat berpengalaman, seorang pemain juga bisa gagal mengeksekusi penalti. So, buat penggemar sepak bola jangan salahkan pemain ya, jika gagal penalti. Adakah pemain favoritmu dalam daftar ini?

 

Baca Juga: 5 Pemain Berlabel "Raja Penalti" di Liga Champions, CR7 atau Messi?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya