5 Bek Tengah Ternama Prancis yang Tak Tampil di Piala Eropa 2020

Dayot Upamecano salah satunya!

Di Piala Eropa 2020, Timnas Prancis masih menjadi salah satu tim favorit yang berstatus unggulan. Dengan komposisi skuat yang terbilang merata, dan statusnya sebagai juara bertahan Piala Dunia 2018 lalu, banyak pihak meyakini Timnas Prancis bakal berjaya di ajang sepak bola bergengsi Eropa tersebut.

Membahas pemain di dalam skuatnya, Prancis dikenal karena memiliki banyak opsi yang melimpah. Salah satu posisi yang begitu disorot adalah bek tengah. Pada perhelatan Piala Eropa 2020, setidaknya ada 5 bek tengah ternama yang tidak dibawa Timnas Prancis. Lantas, siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Wesley Fofana

5 Bek Tengah Ternama Prancis yang Tak Tampil di Piala Eropa 2020Wesley Fofana. (goal.com)

Wesley Fofana tampil impresif di musim debutnya bersama Leicester City. Meski baru pertama kali bermain di Premier League, Fofana mampu beradaptasi dengan cepat terhadap gaya permainan disana yang keras dan mengandalkan kecepatan. Terlebih, di umurnya masih 20 tahun, Fofana begitu diandalkan.

Duetnya bersama Caglar Soyuncu menjadi yang paling sering dipasang pelatih Leicester, Brendan Rodgers. Tak hanya itu, Fofana juga sukses mengantarkan timnya juara Piala FA musim ini. Kendati demikian, ia dipastikan tak tampil di Piala Eropa 2020, usai kalah bersaing dengan bek-bek Prancis lainnya.

2. Ibrahima Konate

5 Bek Tengah Ternama Prancis yang Tak Tampil di Piala Eropa 2020Ibrahima Konate (vbetnews.com)

Ibrahima Konate menarik atensi banyak pihak usai direkrut Liverpool beberapa waktu yang lalu. Memang, ia merupakan bek potensial yang kemampuannya masih bisa diasah. Apalagi di usianya yang baru 22 tahun, Konate menjadi salah satu prospek jangka panjang berharga Timnas Prancis.

Namun, di Piala Eropa 2020, Konate tak dapat berpartisipasi. Di waktu yang sama, ia membela Timnas U-21 Prancis yang tengah berjuang di Piala Eropa U-21. Berduet dengan rekan setimnya di RB Leipzig, Dayot Upamecano, Konate hanya mampu membawa negaranya tersebut ke fase perempat final.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pindah Kewarganegaraan dan Dipanggil di Piala Eropa 2020

3. Dan-Axel Zagadou

5 Bek Tengah Ternama Prancis yang Tak Tampil di Piala Eropa 2020Dan-Axel Zagadou (fearthewall.com)

Dan-Axel Zagadou tak tampil reguler bersama Borussia Dortmund musim ini. Persaingan yang ketat dengan bek Die Borussen lain, seperti Mats Hummels dan Manuel Akanji, membuat Zagadou harus ekstra kerja keras demi bisa mendapatkan tempat utama. Tercatat, ia cuma membuat 13 penampilan di semua ajang.

Kesempatannya untuk memperkuat Timnas Prancis di Piala Eropa 2020 juga harus kandas. Selain harus bersaing dengan nama-nama top lain di sektor bek tengah, Zagadou juga harus menepi lantaran cedera. Eks pemain Paris Saint-Germain tersebut mengalami cedera lutut dan diprediksi akan pulih pada awal musim depan. 

4. Samuel Umtiti

5 Bek Tengah Ternama Prancis yang Tak Tampil di Piala Eropa 2020Samuel Umtiti. (goal.com)

Selama 3 musim terakhir, performa Samuel Umtiti terus menurun usai dibekap cedera berkepanjangan. Tak hanya terpinggirkan di Barcelona, Umtiti juga tak pernah lagi tampil bersama Timnas Prancis. Padahal, ia merupakan andalan timnas negaranya tersebut saat juara Piala Dunia 2018 lalu.

Namun, semua telah berubah. Akibat cedera yang kerap kambuh, serta penampilan inkonsistensinya, Umtiti begitu kesulitan mengeluarkan performa terbaiknya lagi. Terlebih, usianya masih 27 tahun, Umtiti tentu harus memikirkan penampilan reguler demi bisa kembali memperkuat Timnas Prancis.

5. Dayot Upamecano

5 Bek Tengah Ternama Prancis yang Tak Tampil di Piala Eropa 2020Dayot Upamecano. (goal.com)

Bek tengah Prancis lainnya yang juga tak tampil di Piala Eropa adalah Dayot Upamecano. Pria berusia 22 tahun tersebut harus menguburkan impiannya untuk tampil di Piala Eropa 2020. Bukan karena masalah cedera, ia diproyeksikan tampil bersama Timnas U-21 Prancis di waktu yang hampir berdekatan.

Menilik performanya musim ini, Upamecano tampil apik bersama RB Leipzig dan tak tergantikan posisinya di jantung pertahanan. Lewat 41 penampilan, Upamecano berhasil mengantarkan Die Roten Bullen tersebut runner-up Bundesliga dan DFB Pokal. Terbaru, ia bakal berseragam Bayern Munchen musim depan.

Timnas Prancis memang dikenal dengan komposisi bek tengahnya yang terbilang mewah. Akankah mereka mampu berjaya di Piala Eropa 2020? Menarik untuk ditunggu.

Baca Juga: 6 Pemain Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Piala Eropa

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya