Disia-siakan Manchester City, 5 Pemain Muda Ini Bersinar di Klub Lain

Kini menjadi andalan di klub barunya!

Manchester City menampilkan performa luar biasa selama sedekade terakhir, khususnya di ajang Premier League. The Cityzens sangat mendominasi dengan dukungan finansial yang menjanjikan. Tak ayal, seolah menjadi sebuah kebiasaan, City rutin merekrut pemain berharga mahal di tiap jendela transfer.

The Cityzens memiliki komposisi skuad yang kompetitif. Akan tetapi, efek domino yang timbul juga memengaruhi pemain muda miliknya.

Dengan minimnya jam terbang, banyak pemain muda Manchester City yang dilepas ke klub lain dan sukses bersinar. Penasaran siapa saja? Check this out!

1. Kelechi Iheanacho

Disia-siakan Manchester City, 5 Pemain Muda Ini Bersinar di Klub LainKelechi Iheanacho (twitter.com/OfficialFPL)

Kelechi Iheanacho kesulitan mendapatkan tempat utama di lini depan Manchester City. Dipromosikan ke skuad utama pada musim 2015/2016, ia harus rela menjadi pelapis dari Sergio Aguero yang sangat diandalkan. Tak heran bila jam terbang Iheanacho bersama The Cityzens sangat terbatas.

Usai dua musim di tim inti, pemain Nigeria itu akhirnya memutuskan berpisah. Iheanacho bergabung dengan tim Premier League lainnya, yaitu Leicester City.

Beruntung baginya, Iheanacho mampu berkembang bersama The Foxes. Dimentori penyerang senior sekelas Jamie Vardy, ia sudah mencetak 47 gol dan 28 assists sejauh ini.

2. Angelino

Disia-siakan Manchester City, 5 Pemain Muda Ini Bersinar di Klub LainAngelino (twitter.com/Squawka)

Angelino punya kenangan pahit selama membela tim akademi Manchester City. Datang pertama kali pada 2013 lalu, pemain berpaspor Spanyol itu harus menjalani serangkaian kesepakatan pinjaman ke klub lain, mulai dari New York City hingga Girona. Ia tak mendapatkan kepercayaan tampil di skuad utama The Cityzens. 

Angelino lantas dilepas permanen ke PSV Eindhoven dan sukses tampil impresif. Tak ayal, Manchester City merekrutnya kembali pada 2019. Sayangnya, Angelino lagi-lagi kalah bersaing hingga dipinjamkan ke RB Leipzig.

Bersama Leipzig, ia menemukan tempat terbaik bagi kariernya. Angelino bersinar dan jadi bek andalan Die Roten Bullen.

Baca Juga: 6 Pembelian Pemain Termahal Manchester City Sepanjang Sejarah

3. Lukas Nmecha

Disia-siakan Manchester City, 5 Pemain Muda Ini Bersinar di Klub LainLukas Nmecha (twitter.com/Bundesliga_EN)

Perjalanan panjang dirajut Lukas Nmecha bersama Manchester City. Bagaimana tidak, ia sudah bergabung dengan tim akademi The Cityzens sejak 2007 silam. Kariernya kian berkembang hingga dipercaya naik kasta ke skuad utama 12 tahun berselang. Namun, ia benar-benar kesulitan untuk bersaing.

Demi mendapatkan jam terbang, Nmecha sempat dipinjamkan ke beberapa klub lain. Gagal menembus skuad City, di musim 2021/2022 ia memilih hengkang secara permanen ke Wolfsburg. Di sana ia menemukan tajinya dengan berhasil mencetak total 10 gol dan 1 assist di semua kompetisi.

4. Jadon Sancho

Disia-siakan Manchester City, 5 Pemain Muda Ini Bersinar di Klub LainJadon Sancho (twitter.com/Squawka)

Kepergian Jadon Sancho dari Manchester City berbuah manis. Setelah dua tahun kariernya stagnan di tim akademi The Cityzens, Sancho membuat keputusan berisiko. Ia merantau ke Jerman dengan bergabung bersama Borussia Dortmund pada 2017 lalu.

Tak disangka, penampilannya sangat meningkat pesat. Bersama Die Borussen, Sancho sukses melambungkan namanya sebagai salah satu talenta paling diburu.

Koleksi 50 gol dan 64 assists selama empat musim membuktikan ketajamannya di usia muda. Pada akhirnya, Sancho menerima tawaran rival sekota City, yakni Manchester United di musim panas 2021.

5. Brahim Diaz

Disia-siakan Manchester City, 5 Pemain Muda Ini Bersinar di Klub LainBrahim Diaz (twitter.com/Brahim)

Karier Brahim Diaz bersama Manchester City cenderung stagnan. Terhitung selama lima tahun (2014--2019), ia berseragam The Cityzens. Sayangnya, Diaz gagal menemukan performa terbaiknya di klub ini. Terlebih ia harus bersaing dengan nama-nama lain yang jelas punya rekam jejak yang lebih berpengalaman.

Pada musim dingin 2019, Diaz dilepas ke Real Madrid. Bersama Los Blancos, ia juga memang kesulitan tampil reguler. Pemain berpaspor Spanyol itu lantas dipinjamkan ke AC Milan sejak musim 2020/2021 lalu.

Hijrah ke Italia merupakan pilihan yang tepat baginya. Diaz mampu berkembang dan mengantarkan timnya itu meraih Scudetto pada musim ini.

 

Dari banyaknya pemain muda yang Manchester City miliki, hanya Phil Foden yang mampu menembus skuad utama. Sedangkan sisanya memilih untuk hijrah ke klub lain demi kesempatan bermain yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Dilepas Manchester City Secara Gratis ke Klub Lain

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya