Comscore Tracker

6 Pembelian Pemain Termahal Manchester City Sepanjang Sejarah

Tak ada nama Erling Haaland

Manchester City berhasil mendatangkan Erling Haaland dari Borussia Dortmund. Dia dibeli dengan harga 60 juta euro atau setara Rp918 miliar. Harga ini tergolong murah karena Haaland sendiri dikabarkan memiliki banderol 150 juta euro. 

Di sisi lain, Haaland merupakan rekrutan pertama Manchester City untuk 2022/2023. Dalam sejarahnya, Manchester City memiliki banyak pemain termahal yang dibeli mereka sebelumnya.

1. Jack Grealish (Rp1,7 triliun)

6 Pembelian Pemain Termahal Manchester City Sepanjang Sejarahpotret Jack Grealish saat diperkenalkan Manchester City (instagram.com/jackgrealish)

Jack Grealish merupakan rekrutan baru Manchester City pada bursa transfer musim panas 2021. Dia dibeli dengan harga fantastis, yaitu 117,5 juta euro atau setara Rp1,7 triliun.

Grealish menjadi rekrutan baru termahal yang pernah dibeli oleh Manchester City dalam sejarah. Tak hanya itu, dia juga menjadi pemain asal Inggris yang pernah dibeli dengan harga termahal.

2. Kevin De Bruyne (Rp1,1 triliun)

6 Pembelian Pemain Termahal Manchester City Sepanjang Sejarahpotret Kevin De Bruyne bersama Manchester City(the-sun.com)

Kevin De Bruyne menjadi salah satu pemain kunci Manchester City dalam beberapa musim terakhir. Pemain asal Belgia itu didatangkan dari Wolfsburg pada 2015 lalu dengan harga 76 juta euro atau Rp1,1 triliun. 

De Bruyne sendiri berposisi sebagai gelandang serang walau tak jarang dimainkan sebagai false 9. Sudah menyumbang berbagai trofi seperti Premier League, Piala FA, hingga Carabao Cup, De Bruyne belum mampu menyumbang trofi Liga Champions Eropa bagi Manchester City.

3. Ruben Dias (Rp1,04 triliun)

6 Pembelian Pemain Termahal Manchester City Sepanjang Sejarahpotret Ruben Dias bersama Manchester City (insider-voice.com)

Ruben Dias bergabung ke Manchester City pada musim 2020/2021 setelah didatangkan dari Benfica. Pembelian Dias merupakan salah satu hal yang mengejutkan karena sebelumnya Manchester City menargetkan mendatangkan Kalidou Koulibaly dari Napoli.

Dias sendiri dibeli dengan harga 68 juta euro atau setara Rp1,04 triliun. Musim pertamanya di Manchester City berbuah manis dengan menyumbangkan trofi Premier League dan Carabao Cup. Dias juga mampu membawa Manchester City ke final Liga Champions untuk pertama kalinya.

Baca Juga: 5 Pembelian Pemain Termahal dari Klub Bundesliga ke Premier League

4. Riyad Mahrez (Rp1,03 triliun)

6 Pembelian Pemain Termahal Manchester City Sepanjang Sejarahpotret Riyad Mahrez di Manchester City (atalayar.com)

Riyad Mahrez merupakan penyerang sayap andalan Manchester City saat ini. Dia memiliki kelebihan dalam hal umpan silang dan membuka ruang di sisi sayap. Mahrez didatangkan Manchester City dari Leicester City pada 2018 lalu.

Manchester City harus mengeluarkan dana sebesar 67,8 juta euro atau setara Rp1,03 triliun untuk mendatangkan pemain asal Aljazair itu. Kontrak Mahrez akan berakhir di Manchester City pada Juni 2023 mendatang.

5. Joao Cancelo (Rp995 miliar)

6 Pembelian Pemain Termahal Manchester City Sepanjang Sejarahpotret Joao Cancelo bersama Manchester City(forzaitalianfootball.com)

Joao Cancelo merupakan pemain serbabisa yang dimiliki Manchester City. Selain berposisi sebagai bek kanan, dia juga bisa ditempatkan sebagai bek kiri. Tak hanya itu, Cancleo bagus dalam membangun serangan dari lini tengah. 

Cancelo didatangkan Manchester City dari Juventus dengan harga 65 juta euro atau setara Rp995 miliar. Kala itu, Manchester City harus melepaskan Danilo ke Juventus demi melancarkan transfer. 

6. Aymeric Laporte (Rp995 miliar)

6 Pembelian Pemain Termahal Manchester City Sepanjang Sejarahpotret Aymeric Laporte bersama Manchester City (premierleague.com)

Selain Joao Cancelo, ada juga Aymeric Laporte yang dibeli dengan harga 65 juta euro atau Rp995 miliar. Laporte didatangkan Manchester City dari Athletic Bilbao pada 2018 lalu. Sempat naik-turun, pada musim ini dia berhasil menjadi andalan Pep Guardiola. 

Laporte memiliki kelebihan dalam membangun serangan dari sisi kiri lapangan. Dia juga bagus dalam memberikan umpan-umpan lambung yang akurat bagi para pemain depan Manchester City.

Saat ini, Grealish masih jadi pemain termahal yang didatangkan Manchester City. Sedangkan, Haaland hanya menempati posisi kesembilan di bawah Raheem Sterling dan Rodri.

Baca Juga: Erling Haaland Gabung Man City Tapi Idolakan Legenda Manchester United

Anoraga Ilafi Photo Verified Writer Anoraga Ilafi

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya