Comscore Tracker

5 Eks Pemain Glasgow Celtic yang Berhasil Dijual Mahal ke Klub Lain

Kieran Tierney salah satunya!

Berada dalam satu kawasan yang sama, yakni Britania Raya, perkembangan sepak bola di antara Skotlandia dan Inggris justru berbeda jauh. Jika Inggris memiliki banyak klub top, Skotlandia hanya punya segelintir nama beken saja, salah satunya yaitu Glasgow Celtic.

Klub yang berdiri pada tahun 1888 silam ini dikenal sebagai salah satu tim tersukses di Skotlandia. Di bawah Rangers, klub berjuluk The Bhoys ini telah mengoleksi 51 gelar domestik hingga sekarang. Selain itu, dalam bursa transfer, Celtic juga sering menjual mahal sejumlah pemainnya ke klub lain. Siapa saja?

1. Virgil van Dijk

5 Eks Pemain Glasgow Celtic yang Berhasil Dijual Mahal ke Klub LainVirgil van Dijk (twitter.com/VirgilvDijk)

Sebelum malang melintang di Premier League, Virgil van Dijk sempat menghabiskan 2 musim bersama Glasgow Celtic. Ia berkarier bersama The Bhoys sejak tahun 2013 hingga 2015 lalu.

Bersama Celtic, van Dijk menunjukkan peningkatan kualitas yang membuatnya dilirik banyak klub saat itu. Van Dijk akhirnya dilepas ke Southampton seharga 15,7 jita euro atau sekitar Rp256 miliar.

Pindah ke Soton menjadi batu loncatan baginya untuk terus mengeksplorasi kemampuan terbaik. Van Dijk tampil impresif bersama The Saints hingga dijadikan rekrutan bek termahal oleh Liverpool pada musim dingin 2018 lalu.

2. Kristoffer Ajer

5 Eks Pemain Glasgow Celtic yang Berhasil Dijual Mahal ke Klub LainKristoffer Ajer (twitter.com/BrentfordVAVEL)

Untuk memperkuat komposisi skuadnya, Brentford melakukan manuver besar-besaran usai promosi ke Premier League. Salah satu pemain yang didaratkan ke Inggris adalah Kristoffer Ajer, bek berkebangsaan Norwegia.

Ia dibeli dari Celtic seharga 15,7 juta euro atau sekitar Rp256 miliar. Investasi Brentford terhadap sang pemain dikhususkan untuk pengembangan jangka panjang.

Terlebih usia Ajer masih berusia 23 tahun. Meski begitu, sejauh ini, ia cukup kesulitan tampil reguler sebagai bek utama Brentford. Ajer baru tampil 12 kali dan harus bersaing dengan pemain lain, sepertk Ethan Pinnock dan Pontus Jansson.

Baca Juga: Jarang Diketahui, 5 Pemain Top Ini Pernah Berseragam Celtic

3. Odsonne Edouard

5 Eks Pemain Glasgow Celtic yang Berhasil Dijual Mahal ke Klub LainOdsonne Edouard (twitter.com/Oedouard22)

Sempat kesulitan di tim utama PSG, Odsonne Edouard menemukan performa terbaiknya bersama Celtic. Berkolaborasi selama 4 musim, Edouard sukses bermetamorfosis menjadi salah satu penyerang muda mematikan.

Hal itulah yang membuat Crystal Palace kepincut dan resmi mendatangkannya musim panas lalu. Demi menggaet pemain Prancis itu, The Eagles harus merogoh kocek 16,3 juta euro atau sekitar Rp266 miliar.

Harga mahal tersebut sepertinya sesuai dengan performa Edouard sejauh ini. Ia berhasil menyegel satu tempat di lini serang Palace berkat tampil produktif. Tercatat, ia sudah membukukan 8 gol dan 5 assists bersama Palace.

4. Moussa Dembele

5 Eks Pemain Glasgow Celtic yang Berhasil Dijual Mahal ke Klub LainMoussa Dembele (twitter.com/AFTVMedia)

Mekar bersama Celtic, Moussa Dembele dibeli Olympique Lyon dengan banderol yang lumayan tinggi. Proses kepindahannya terjadi pada awal musim 2016/2017 lalu usai Lyon mengeluarkan biaya 22 juta euro atau sekitar Rp358 miliar.

Dembele masih bertahan bersama Les Gones hingga kini meski performanya naik turun. Sempat diandalkan dalam beberapa musim pertamanya, posisi Dembele mulai terancam dari waktu ke waktu.

Ia bahkan sempat dipinjamkan ke Atletico Madrid pada paruh kedua musim lalu. Kini, kisah kembalinya ke Prancis juga berujung hal serupa. Dembele baru dipercaya tampil 15 kali di semua kompetisi pada musim ini.

5. Kieran Tierney

5 Eks Pemain Glasgow Celtic yang Berhasil Dijual Mahal ke Klub LainKieran Tierney (twitter.com/Arsenal)

Kieran Tierney masuk ke dalam buku sejarah Celtic sebagai pemain termahal yang sukses dijual ke klub lain. Ia dilego ke Arsenal pada musim panas 2019 lalu seharga 27 juta euro atau sekitar Rp440 miliar.

Di sisi yang berbeda, The Gunners merekrutnya untuk membenahi pos bek kiri yang kerap bermasalah. Kedatangan Tierney ternyata menjadi solusi yang ampuh. Pemain berusia 24 tahun itu menjelma jadi bek kiri utama The Gunners yang selalu diandalkan.

Piawai dalam bertahan, Tierney dikenal memiliki paket komplit lantaran juga mahir dalam membantu serangan. Ia sudah mengoleksi 78 penampilan untuk Arsenal.

 

Meski sering menjual pemain andalannya, Glasgow Celtic tetap mampu bersaing di papan atas Liga Skotlandia. Kira-kira, siapakah pemain lain yang bisa memecahkan rekor transfer milik Tierney di atas?

Baca Juga: 11 Potret Joe Hart, Kiper yang Terlahir Kembali Bersama Glasgow Celtic

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya