Sebelum Raphinha, Ini 5 Pemain Brasil yang Pernah Membela Barcelona

Raphinha punya kesempatan bersinar

Barcelona bergerak aktif pada bursa transfer musim panas 2022. Usai merekrut Andreas Christensen dan Franck Kessie secara gratis, La Blaugrana juga berhasil mendaratkan Raphinha ke Camp Nou.

Raphinha menambah catatan panjang pemain Brasil yang pernah membela Barcelona. Sebelum kedatangannya, ini lima pemain Brasil yang pernah membela Barcelona.

1. Matheus Fernandes

Sebelum Raphinha, Ini 5 Pemain Brasil yang Pernah Membela BarcelonaMatheus Fernandes (instagram.com/matheusfernandes)

Matheus Fernandes merupakan pemain Negeri Samba yang berposisi sebagai gelandang. Ia diboyong Barcelona pada musim dingin 2020. Saat itu, Matheus ditebus dengan banderol 7 juta euro atau sekitar Rp106 miliar dari klub Brasil, Palmeiras.

Ia terlebih dahulu dipinjamkan ke Real Valladolid selama setengah musim. Matheus akhirnya masuk skuad utama Barcelona pada 2020/2021.

Sayangnya, ia justru kesulitan bersaing. Matheus hanya tampil sekali dan langsung dilepas pada musim panas 2021.

2. Malcom

Sebelum Raphinha, Ini 5 Pemain Brasil yang Pernah Membela BarcelonaMalcom (twitter.com/Squawka)

Barcelona mendatangkan pemain muda berbakat pada musim panas 2018. Dia adalah Malcom, winger potensial dari Bordeaux. Untuk menebus sang pemain, Barcelona harus merogoh kocek sebesar 41 juta euro atau sekitar Rp620 miliar.

Malcom dinilai mampu berkembang di Spanyol. Hanya saja, ekspektasi tersebut gagal tersampaikan.

Malcom hanya menjadi pelapis Lionel Messi dengan tampil 24 kali. Ia bertahan semusim dan langsung dijual ke Zenit St Petersburg.

Baca Juga: 5 Pemain Brasil Termahal yang Direkrut Klub LaLiga, Raphinha Terbaru

3. Arthur Melo

Sebelum Raphinha, Ini 5 Pemain Brasil yang Pernah Membela BarcelonaArthur Melo (twitter.com/SquawkaNews)

Arthur Melo adalah gelandang muda berbakat asal Brasil. Barcelona pun tertarik dengan potensi yang dimilikinya.

Pada musim panas 2018, La Blaugrana resmi mendaratkannya ke Camp Nou. Barcelona menebusnya seharga 31 juta euro atau sekitar Rp469 miliar.

Ia sejatinya cukup diandalkan selama membela La Blaugrana. Arthur dipercaya untuk mengoleksi 71 penampilan di semua kompetisi. Akan tetapi, ia hanya bertahan 2 musim akibat keputusan Barcelona menukar dirinya dengan Miralem Pjanic.

4. Neto

Sebelum Raphinha, Ini 5 Pemain Brasil yang Pernah Membela BarcelonaNeto (instagram.com/netomurara)

Neto resmi menjadi milik Barcelona pada awal musim 2019/2020. Ia direkrut La Blaugrana melalui skema pertukaran Jasper Cillessen yang bergantian membela Valencia. Kiper berusia 32 tahun itu diplot sebagai pelapis Marc-Andre ter Stegen.

Oleh sebab itu, ia jarang diturunkan sejauh ini. Neto hanya tampil 21 kali di semua ajang.

Ia sejatinya masih bertahan dengan klub asal Catalan hingga sekarang. Hanya saja, masa depan Neto masih abu-abu. Ia dikabarkan masuk ke dalam daftar jual klub.

5. Emerson Royal

Sebelum Raphinha, Ini 5 Pemain Brasil yang Pernah Membela BarcelonaEmerson Royal (instagram.com/emerson_royal)

Barcelona memulangkan Emerson Royal pada musim panas 2021 lalu. Dibeli dari Real Betis, La Blaugrana merogoh kocek sebesar 14 juta euro atau sekitar Rp212 miliar demi mendapatkan jasanya. Emerson diharapkan mampu beradaptasi dengan cepat.

Alih-alih bertahan lama, kariernya di Barcelona justru hanya sebulan. Usai mengoleksi tiga penampilan, nasibnya berubah drastis.

Emerson malah dijual ke Tottenham Hotspur pada bursa transfer yang sama. Hal ini dilakukan Barcelona untuk mengatasi krisis finansial yang dialaminya.

Banyak talenta Brasil yang pernah membela Barcelona, tetapi tak semuanya bersinar. Dari kelima nama di atas saja, kebanyakan sudah pergi ke klub lain akibat minimnya jam terbang.

Baca Juga: Usai Resmikan Raphinha, Barcelona Amankan Dembele

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya