Comscore Tracker

Sempat Terpuruk, Kepindahan 5 Kiper Ini Sukses Menyelamatkan Kariernya

Mereka tampil reguler di klub barunya

Industri sepak bola, khususnya di Eropa, terus mengalami perkembangan. Tiap klub juga berusaha menyusun komposisi terbaiknya untuk menyongsong musim.

Pemain yang mampu konsisten tentu punya jaminan bermain yang lebih besar. Beberapa yang gagal bisa tersingkir.

Oleh karena itulah para kiper ini tersingkirkan. Untungnya, mereka berhasil menyelamatkan karier setelah pindah ke tempat lain.

1. Peter Gulacsi

Sempat Terpuruk, Kepindahan 5 Kiper Ini Sukses Menyelamatkan KariernyaPeter Gulacsi (twitter.com/WhoScored)

Sebelum dikenal luas bersama RB Leipzig, ada masanya Peter Gulacsi menjalani periode sulit dalam kariernya. Ia memang pernah membela Liverpool, tetapi perjalanan Gulacsi malah penuh lika-liku yang berkepanjangan. Bergabung ke tim Merseyside pada 2007/2008, ia tak pernah tampil sama sekali untuk The Reds.

Kiper berkebangsaan Hungaria itu lebih sering menghabiskan waktunya di klub lain dengan status pinjaman. Usai kontraknya habis di Liverpool, Gulacsi mulai bersinar. Sempat singgah ke RB Salzburg, Gulacsi akhirnya menemukan performa terbaiknya sejak diboyong RB Leipzig pada 2015/2016.

2. Antonio Adan

Sempat Terpuruk, Kepindahan 5 Kiper Ini Sukses Menyelamatkan KariernyaAntonio Adan (twitter.com/AntonioAdan13)

Berstatus sebagai lulusan akademi Real Madrid Castilla bukan menjadi hak istimewa yang membanggakan bagi Antonio Adan. Kariernya cenderung stagnan di satu titik tanpa peningkatan yang berarti. Adan juga pernah menjadi bagian dari skuad Real Madrid selama 4 musim, tetapi hanya sebagai kiper cadangan.

Usai berpisah dengan Los Blancos, kiper Spanyol itu sempat bertualang ke beberapa klub, mulai dari Cagliari, Real Betis, dan Atletico Madrid. Namun, tak ada yang menduga jika Adan justru tampil impresif pada usia senja. Hal ini terealisasi sewaktu dirinya diboyong Sporting Lisbon pada 2020/2021. Adan dengan cepat menjadi kiper utama dan membawa timnya jadi juara liga.

Baca Juga: Kepindahan 5 Pemain Ini Sukses Menyelamatkan Kariernya, Tampil Apik!

3. Jasper Cillessen

Sempat Terpuruk, Kepindahan 5 Kiper Ini Sukses Menyelamatkan KariernyaJasper Cillessen (twitter.com/Sportnieuwsnl)

Kenyataan berbeda harus diterima Jasper Cillessen saat membela Barcelona selama 3 musim. Alih-alih bisa menjadi kompetitor sepadan Marc-Andre ter Stegen, dirinya justru kalah telak. Hal itu membuatnya selangkah di belakang ter Stegen dalam persaingan status kiper utama La Blaugrana.

Menjadi cadangan selama 3 musim berturut-turut bukanlah hal yang menyenangkan untuk dilalui. Begitu juga bagi Cillessen yang akhirnya memilih pindah ke Valencia pada musim panas 2019. Meski secara kekuatan tim Valencia masih kalah dari Barca, Cillessen sukses membuktikan dirinya layak jadi kiper nomor satu Los Che.

4. Keylor Navas

Sempat Terpuruk, Kepindahan 5 Kiper Ini Sukses Menyelamatkan KariernyaKeylor Navas (twitter.com/NavasKeylor)

Selama 4 musim awal membela Real Madrid, Keylor Navas sukses mengunci status kiper nomor satu Los Blancos. Tak ada kiper lain yang mampu menggantikan dirinya saat itu, yang memang tampil superior. Namun, pada akhirnya, posisi kiper Kosta Rika itu akhirnya tergusur oleh kedatangan Thibaut Courtois.

Navas tak lagi menjadi kiper utama selepas kedatangan Courtois ke Santiago Bernabeu. Jenuh melihat situasinya yang terancam, Navas memutuskan untuk angkat kaki dari Spanyol. Ia bergabung dengan klub kaya raya Ligue 1, Paris Saint-Germain, pada musim panas 2019. Keputusan tersebut mampu meningkatkan kembali performa Navas yang sempat meredup.

5. Emiliano Martinez

Sempat Terpuruk, Kepindahan 5 Kiper Ini Sukses Menyelamatkan KariernyaEmiliano Martinez (twitter.com/emimartinezz1)

Emiliano Martinez menjalani masa-masa sulit selama membela Arsenal. Berkarier dengan The Gunners selama sedekade, ia kalah bersaing yang memaksanya lebih sering dipinjamkan ke klub lain. Terus-terusan seperti itu jelas bukanlah hal yang bagus bagi kariernya sendiri. Martinez akhirnya memilih untuk meninggalkan Arsenal.

Kiper berusia 29 tahun itu hijrah ke Aston Villa pada musim panas 2020. Meski bermain di klub yang relatif di bawah The Gunners, hal yang berbeda justru dialami olehnya. Martinez bermetamorfosis menjadi salah satu kiper terbaik di Premier League. Ia tampil cekatan menjaga gawang The Villans hingga membawa timnas Argentina juara Copa America 2021.

Pada akhirnya, para kiper di atas membuktikan bahwa mereka punya mentalitas yang baik untuk bangkit dari keterpurukan. Kini, mereka menjadi andalan serta membawa pengaruh positif bagi tim barunya.

Baca Juga: 5 Fakta Usai Kepindahan Philippe Coutinho ke Aston Villa

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya