5 Kiper Andalan Klub Premier League yang Jadi Cadangan di Timnas

Ederson Moraes salah satunya!

Englis Premier League (EPL) dicap sebagai liga sepak bola paling kompetitif saat ini. Hal ini bukan tanpa alasan mengingat peta persaingan antarklub di dalamnya yang sulit ditebak. Selain itu, Premier League juga dipenuhi deretan pemain bintang di berbagai klub.

Tak setali tiga uang, meski menjadi andalan di klub EPL masing-masing, ternyata masih banyak nama nyatanya hanya menjadi penghangat bangku cadangan ketika di timnas. Sederet nama kiper EPL ini jadi contoh paling nyata. 

1. Bernd Leno

5 Kiper Andalan Klub Premier League yang Jadi Cadangan di TimnasBernd Leno (instagram.com/berndleno1)

Karier Bernd Leno kembali menemukan tempat terbaik. Ia kembali menjadi kiper utama setelah hengkang ke Fulham pada musim panas 2022. Leno dengan cepat mengambil alih status kiper nomor satu The Cottagers.

Bersama Fulham, Leno tampil dominan dan sulit tergantikan. Namun, itu berbeda jauh saat dirinya membela Timnas Jerman. Mantan kiper Arsenal ini hanya menjadi pelapis dari Manuel Neuer dan Marc Andre ter Stegen. Tak heran apabila dirinya baru mengoleksi 9 caps bersama Timnas Jerman.

Baca Juga: 5 Kiper Cadangan di EPL yang Menjadi Andalan Timnas Negaranya

2. Jose Sa

5 Kiper Andalan Klub Premier League yang Jadi Cadangan di TimnasJose Sa (instagram.com/josesaoficial)

Jose Sa merupakan pengganti sepadan Rui Patricio di Wolverhampton. Ia mampu menutup lubang di sektor kiper Wolves. Kiprahnya juga cenderung konsisten dengan penyelamatan penting yang ia buat hingga membuat namanya makin naik daun.

Karena aksi apiknya di level klub, Jose kerap dipanggil oleh Timnas Portugal. Meski begitu, ia masih menjadi pelapis. Jose didapuk sebagai cadangan dari Diogo Costa dan Rui Patricio yang masih dipercaya mengawal gawang Portugal dalam berbagai pertandingan.

3. Robert Sanchez

5 Kiper Andalan Klub Premier League yang Jadi Cadangan di TimnasRobert Sanchez (twitter.com/OfficialFPL)

Di balik performa Brighton & Hove Albion yang meyakinkan, ada kontribusi penting yang diberikan oleh Robert Sanchez. Ia menjadi aktor utama di bawah mistar gawang The Seagulls. 

Ia turut mengantarkan Brighton menjadi salah satu tim kuda hitam yang kerap mengejutkan di Premier League. Usianya juga masih muda, yaitu 25 tahun. Namun, di Timnas Spanyol, Sanchez belum sanggup menjadi kiper utama karena kalah bersaing dengan Unai Simon.

4. Aaron Ramsdale

5 Kiper Andalan Klub Premier League yang Jadi Cadangan di TimnasAaron Ramsdale (instagram.com/aaronramsdale)

Timnas Inggris memiliki banyak kiper hebat saat ini. Hal itu membuat mereka harus bersaing ketat demi menjadi kiper utama The Three Lions. Sayangnya, situasi yang rumit dijalani oleh beberapa nama, termasuk Aaron Ramsdale.

Kiper utama Arsenal ini telah membuktikan kualitasnya. Ia tampil impresif di bawah mistar gawang The Gunners. Meski begitu, Ramsdale tak mampu menggusur posisi Jordan Pickford yang masih dipercaya sebagai kiper nomor satu Timnas Inggris.

5. Ederson Moraes

5 Kiper Andalan Klub Premier League yang Jadi Cadangan di TimnasEderson Moraes (instagram.com/ederson93)

Ederson Moraes telah membuktikan kualitasnya bersama Manchester City. Ia merupakan sosok penting di bawah mistar gawang The Citizens. Tak hanya itu, kariernya juga cukup gemilang dengan raihan sejumlah gelar bergengsi, termasuk 4 titel Premier League.

Meski kariernya di level klub cukup konsisten, Ederson tak mendapati hal yang sama di Timnas Brasil karena ia hanya menjadi cadangan Alisson Becker. Ederson bahkan baru membuat 19 caps sejak debut Oktober 2017 lalu.

Berstatus kiper utama klub Premier League tidak menjadi jaminan bagi mereka di timnas. Alih-alih bisa jadi andalan, kelima nama di atas justru harus menelan pil pahit sebab hanya menjadi pelapis.

Baca Juga: 5 Kiper Pelapis Ederson Moraes saat Berseragam Manchester City

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya