Comscore Tracker

5 Kiper asal Brasil yang Bermain di Kompetisi Top Eropa, Siapa Saja?

Deretan kiper top Tim Samba

Dalam sepak bola, Brasil memang dikenal sebagai negara tersukses meski berasal dari luar benua Eropa. Sepanjang sejarahnya, Brasil berhasil merengkuh 5 gelar Piala Dunia dan menjadi yang terbanyak di antara negara-negara lainnya.

Status Brasil di sepak bola pun kian harum berkat spesialisasi mereka dalam melahirkan bibit-bibit hebat yang menjelma menjadi pemain top. Kini, Brasil tak hanya lihai melahirkan pemain hebat di sektor penyerangan, tetapi juga di lini pertahanan terutama kiper.

Kiper Brasil juga memiliki kualitas mumpuni dan mampu bersaing dari negara-negara lain. Berikut ini 5 kiper Brasil yang bermain di kompetisi Eropa. Penasaran siapa saja mereka? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Neto (Barcelona)

5 Kiper asal Brasil yang Bermain di Kompetisi Top Eropa, Siapa Saja?90min.com

Neto Murara atau yang akrab disapa Neto ini bermain untuk salah satu klub raksasa Spanyol, yaitu Barcelona. Sebelum membela klub berjuluk La Blaugrana tersebut, nama Neto telah dikenal banyak kalangan dikarenakan ia pernah membela sejumlah klub top Eropa, seperti Fiorentina, Juventus serta Valencia.

Bersama Barca, Neto tak mendapatkan menit bermain reguler dan justru ditempatkan sebagai kiper pelapis sejak direkrut dari Valencia musim lalu. Ia tak mampu menyaingi Marc Andre ter Stegen yang selalu jadi pilihan utama pelatih di bawah mistar gawang. Saat ini, Neto telah menginjak usia 31 tahun.

2. Matheus Magalhaes (Braga)

5 Kiper asal Brasil yang Bermain di Kompetisi Top Eropa, Siapa Saja?globoesporte.globo.com

Kiper Brasil selanjutnya adalah Matheus Magalhaes yang berkarier di Portugal, tepatnya untuk Braga. Ia telah bermain bersama klub kontestan Liga NOS Portugal tersebut sejak musim 2014/2015 lalu usai diboyong dari klub Brasil, America-MG.

Matheus pun sukses menjadi andalan hingga saat ini. Performa yang Matheus tunjukkan dibawah mistar gawang Braga begitu solid bak tembok kokoh di usianya yang kini sudah beranjak 28 tahun.

Namun sayang, penampilan ciamiknya di Braga tak mampu membuat Matheus dilirik timnas Brazil. Sampai saat ini, ia belum pernah mencatatkan debut untuk timnas negaranya tersebut.

Baca Juga: 10 Pemain Brasil dengan Banderol Termahal Saat Ini, Siapa Saja?

3. Ederson Moraes (Manchester City)

5 Kiper asal Brasil yang Bermain di Kompetisi Top Eropa, Siapa Saja?goal.com

Pencinta sepak bola tentunya sudah hapal betul dengan kiper top Brasil yang satu ini. Dia adalah Ederson Moraes yang merupakan kiper nomor satu Manchester City. Ia menjadi andalan Pep Guardiola dalam mengawal gawang The Cityzen dalam beberapa musim terakhir.

Ederson mulai bermain di Manchester City sejak musim 2017/2018 lalu usai direkrut dari Benfica. Kedatangannya ke City sampai memakan korban, yaitu Claudio Bravo yang harus rela menjadi penghangat bangku cadangan. Tampil apik di City, Ederson selalu masuk daftar skuad timnas Brasil.

4. Helton Leite (Benfica)

5 Kiper asal Brasil yang Bermain di Kompetisi Top Eropa, Siapa Saja?record.pt

Nama Helton Leite mungkin belum banyak dikenal pencinta sepak bola. Saat ini, ia bermain di klub raksasa Portugal yaitu Benfica. Ia direkrut dari sesama klub Portugal lainnya, Boavista pada awal musim ini. Namun, ia jarang mendapat kesempatan bermain hingga sekarang.

Di Liga Portugal saja, Helton baru tampil di 2 pertandingan. Di usianya yang sudah berusia 30 tahun, Helton telah beberapa kali berganti jersey di sepanjang kariernya, yang didominasi klub dari Brasil. Senasib dengan Matheus, Helton belum pernah debut untuk timnas senior Brasil.

5. Alisson Becker (Brasil)

5 Kiper asal Brasil yang Bermain di Kompetisi Top Eropa, Siapa Saja?liverpool.com

Selain Ederson, kiper Brasil lainnya yang juga bermain di Premier League saat ini adalah Alisson Becker. Dirinya merupakan kiper utama Liverpool dalam beberapa musim terakhir dan jarang tergantikan. Bersama The Reds juga, Alisson meraih sejumlah trofi bergengsi.

Mulanya, Alisson direkrut Liverpool dari AS Roma pada musim 2017/2018 silam. Kedatangannya ke Anfield mampu membuat pertahanan Liverpool begitu kokoh berkat sejumlah penyelamatan gemilang yang Alisson lakukan. Tak ayal, Alisson didapuk menjadi kiper utama Brasil saat ini.

 

Itulah 5 kiper Brasil yang bermain di kompetisi top Eropa saat ini. Dari kelima nama di atas, Alisson dan Ederson lah yang menunjukkan performa paling mencolok. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Calon Bintang! 7 Pemain Timnas Brasil U-23 Paling Bernilai Saat Ini 

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya