Comscore Tracker

5 Kiper Premier League yang Dipastikan Tak Tampil di Piala Eropa 2020

Ada kiper favoritmu?

Tak sampai seminggu lagi Piala Eropa 2020 bakal segera bergulir. Demi menyambut turnamen bergengsi di Benua Biru tersebut, 24 negara kontestan telah mempersiapkan skuadnya secara matang agar bisa tampil maksimal di Piala Eropa kali ini. Deretan pemain ternama juga bakal berpartisipasi.

Menariknya, banyak pemain tersebut yang kini berkarier di Premier League. Hal tersebut tentu bukan tanpa sebab mengingat kompetisi Negeri Ratu Elizabeth ini yang memang dikenal kompetitif dan punya daya tarik tersendiri. Meski begitu, ternyata ada juga pemain top Premier League yang tak tampil di Piala Eropa 2020, khususnya para kiper. Siapa sajakah mereka? Berikut ulasannya.

1. Nick Pope

5 Kiper Premier League yang Dipastikan Tak Tampil di Piala Eropa 2020Nick Pope (premierleague.com)

Peluang Nick Pope untuk memperkuat Timnas Inggris di Piala Eropa 2020 akhirnya pupus. Beberapa minggu krusial menjelang ajang bergengsi tersebut, Pope harus menepi lantaran mengalami cedera lutut. Alhasil, ia akan menepi dari lapangan hijau setidaknya selama musim panas tahun ini.

Ketidakhadiran kiper Burnley tersebut tentunya begitu berpengaruh untuk Timnas Inggris. Sejak menjalani debut pada 2018 lalu, kiper berusia 29 tahun tersebut telah mencatatkan 8 caps hingga sekarang. Demi mengisi kekosongan yang ditinggalkan Pope, Timnas Inggris memanggil kiper West Bromwich Albion, Sam Johnstone.

2. Illan Meslier

5 Kiper Premier League yang Dipastikan Tak Tampil di Piala Eropa 2020Illan Meslier (skysports.com)

Illan Meslier menjalani musim debutnya di Premier League dengan sangat baik. Meski baru berusia 21 tahun dan bermain untuk klub promosi, Leeds United, Meslier mampu bersinar berkat performa solidnya di bawah mistar gawang. Ia sukses tampil reguler dengan membuat 35 penampilan di semua ajang.

Namun, di Piala Eropa 2020 nanti, Meslier tak bisa berpartisipasi untuk pertama kalinya. Bukan karena mengalami cedera, ia diproyeksikan membela Timnas U-21 Prancis yang tengah berjuang di Euro U-21. Mengingat kariernya yang masih panjang, kans Meslier untuk tampil di Piala Eropa edisi selanjutnya tentu terbuka lebar.

Baca Juga: Illan Meslier, Malaikat Penjaga Leeds United

3. Kepa Arrizabalaga

5 Kiper Premier League yang Dipastikan Tak Tampil di Piala Eropa 2020Kepa Arrizabalaga (twitter.com/kepa_46)

Kepa Arrizabalaga menjalani musim ini dengan hanya berstatus kiper pelapis di Chelsea. Maklum, sejak kedatangan Edouard Mendy di awal musim, Kepa tak mampu menyaingi kiper berpaspor Senegal tersebut. Hal ini tentu menjadi semacam ironi mengingat status Kepa yang merupakan kiper termahal di dunia.

Terlepas dari kegagalannya mendapatkan tempat utama di Chelsea, kiper berusia 26 tahun tersebut dipastikan tak tampil di Piala Eropa 2020. Pasalnya, nama Kepa kalah bersaing dengan 3 kiper lain yang dipilih oleh Timnas Spanyol. Ketiga kiper tersebut adalah David De Gea, Unai Simon, dan Robert Sanchez.

4. Alphonse Areola

5 Kiper Premier League yang Dipastikan Tak Tampil di Piala Eropa 2020Alphonse Areola (psgtalk.com)

Bergabung ke Fulham dengan status pinjaman, Alphonse Areola sejatinya mampu tampil impresif di bawah mistar gawang. Lewat sejumlah penyelamatan yang ia buat, Areola masuk jajaran kiper tersibuk di Premier League. Kendati demikian, ia gagal menyelamatkan timnya yang harus terdegradasi musim depan.

Buntut dari kegagalannya tersebut adalah Areola tak dipanggil Timnas Prancis untuk melakoni Piala Eropa 2020. Padahal, Areola merupakan bagian timnas negaranya tersebut juara Piala Dunia 2018 lalu. Pelatih Timnas Prancis, Didier Deschamps, memilih memanggil 3 kiper lain, yaitu Hugo Lloris, Steve Mandanda, dan Mike Maignan.

5. Joe Hart

5 Kiper Premier League yang Dipastikan Tak Tampil di Piala Eropa 2020Joe Hart (tbrfootball.com)

Dalam beberapa tahun terakhir, nama Joe Hart seakan menghilang dalam sepak bola Inggris. Namun, faktanya ia masih berkarier di Premier League saat ini. Setelah kontraknya habis bersama Burnley, Joe Hart hengkang ke Tottenham Hotspur di awal musim. Bersama The Lilywhites, ia cuma berstatus pelapis.

Untuk Piala Eropa 2020, nama Joe Hart kembali tak dipanggil karena kalah bersaing. Sebenarnya ia merupakan andalan The Three Lions selama beberapa tahun, tepatnya sejak 2008 silam. Joe Hart telah mencatatkan 75 caps hingga sekarang. Namun, namanya tak pernah lagi dipanggil sejak tahun 2018 lalu.

 

Ketidakhadiran para kiper Premier League di atas di Piala Eropa 2020 tentu dilatarbelakangi berbagai faktor. Adakah kiper favoritmu yang masuk dalam daftar di atas?

Baca Juga: 5 Kiper Utama Manchester City dalam Sedekade Terakhir, Ada Joe Hart!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya