Comscore Tracker

Illan Meslier, Malaikat Penjaga Leeds United

Baru berusia 20 tahun, Meslier sudah matang di bawah mistar!

Jakarta, IDN Times - Di balik kemenangan Leeds United atas Sheffield United, gak cuma nama Patrick Bamford yang mencuri atensi. Di bawah mistar gawang, sang kiper muda, Illan Meslier, muncul sebagai unsung hero. 

Tampil di partai ketiganya di kancah Premier League, kiper muda asal Prancis ini tampil luar biasa membendung gempuran John Lundstram dan kolega.

1. Statistik istimewa Illan Meslier di laga lawan Sheffield

Illan Meslier, Malaikat Penjaga Leeds UnitedAksi Illan Meslier di laga lawan Sheffield United. Twitter/@meslierillan

Tampil gagah berani di bawah mistar, eks kiper FC Lorient ini menunjukkan performa yang luar biasa untuk kiper muda yang baru berusia 20 tahun.

Sepanjang 90 menit, Meslier tercatat melakukan 5 penyelamatan, 46 sentuhan, 90 persen di rataan distribusi bola, serta diakhiri dengan clean sheet perdananya di kasta tertinggi Liga Inggris. Tak pelak, oleh Premier League, ia diganjar gelar man of the match di akhir laga.

Baca Juga: Banjir 7 Gol, Leeds United Sukses Jinakkan Fulham!

2. Dua penyelamatan super Meslier

Illan Meslier, Malaikat Penjaga Leeds UnitedIllan Meslier tampil di laga lawan Sheffield United. Twitter/@meslierillan

Di laga Yorkshire derby melawan Sheffield, 2 dari 5 penyelamatan yang dilakukan Illan Meslier memang mengundang decak kagum. Dalam aksinya, kiper yang awalnya adalah deputi Kiko Casilla ini sanggup mementahkan aksi pemain lawan yang punya peluang emas mencetak gol.

Pertama, kiper Timnas U-21 Prancis ini menggagalkan peluang John Lundstram dengan brilian. Berada di depan gawang dan tak terkawal, sepakan keras mendatar yang dilepaskan Lundstram sukses digagalkan Meslier dengan tangan kanannya.

Yang kedua, Meslier menggagalkan peluang emas George Baldock dengan tangan kirinya.

3. Awalnya jadi kiper cadangan, Meslier kini kiper nomor satu pilihan Marcelo Bielsa

Illan Meslier, Malaikat Penjaga Leeds UnitedKiper muda Leeds United, Illan Meslier, tampil di laga lawan Sheffield United. Twitter/@lufcdata

Illan Meslier awalnya adalah kiper cadangan dari Kiko Casilla, mantan penjaga gawang Real Madrid yang diboyong Marcelo Bielsa ke Leeds. Meslier datang pada musim panas 2019 dengan status pemain pinjaman dan opsi pembelian permanen.

Debut di putaran ketiga Piala FA musim lalu saat melawan Arsenal, Meslier mencuri perhatian dengan performanya di bawah mistar gawang. Peluang emas hadir ketika Casilla kemudian mendapat larangan bermain selama 8 laga karena tindak rasialisme dan Meslier tak menyia-nyiakan kesempatan itu.

Meslier lalu bermain di 10 laga terakhir Championship musim lalu dan sukses mencatatkan 7 clean sheet untuk membantu Leeds mengunci gelar juara dan tiket promosi. Atas performa konsistennya itu, The Whites lantas mempermanenkan sang kiper muda hanya dengan mahar £5 juta dan di musim 2020/2021, jatah sebagai kiper nomor satu Leeds ia patenkan dengan mantap.

Baca Juga: Patrick Bamford: Dibuang Chelsea, Disayang Bielsa

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya