Comscore Tracker

5 Kiper Muda yang Berstatus Pelapis di Klub Top Eropa, Aset Potensial!

Belum mendapatkan kesempatan reguler

Liga top Eropa saat ini dipenuhi oleh banyak pemain muda potensial. Setidaknya, di setiap klub papan atas, ada beberapa pemain muda miliknya yang dinilai punya potensi untuk terus berkembang. Terlebih, kariernya didukung dengan kehadiran akademi yang mumpuni.

Tak hanya mereka yang berposisi bek atau pun striker, para kiper berusia muda juga terus bermunculan. Bahkan, ada yang sudah menembus skuad utama timnya, meskipun hanya dijadikan kiper pelapis. Siapa saja mereka? Simak ulasannya berikut ini!

1. Giorgi Mamardashvili

5 Kiper Muda yang Berstatus Pelapis di Klub Top Eropa, Aset Potensial!Giordi Mamardashvili (twitter.com/PlaySegunda)

Georgia bukanlah negara maju di dunia sepak bola. Namun, Georgia punya secercah harapan cerah, setidaknya para pemainnya makin ramai berkarier di liga top Eropa. Giorgi Mamardashvili salah satunya. Saat ini ia membela klub top Spanyol, Valencia.

Mamardashvili datang pada musim panas 2021. Pemuda 21 tahun itu diplot sebagai pelapis dari Jasper Cillessen. Walau masih minim kans bermain, Mamardashvili mampu menunjukkan aksinya di bawah mistar gawang. Tercatat, ia sudah mengoleksi 9 clean sheet dari 21 laga.

2. Julen Agirrezabala

5 Kiper Muda yang Berstatus Pelapis di Klub Top Eropa, Aset Potensial!Julen Agirrezabala (instagram.com/julenagirrezabala)

Athletic Bilbao punya kiper masa depan yang potensial. Bagaimana tidak, Bilbao memiliki kiper pelapis yang sejatinya juga punya performa menjanjikan. Dia adalah Julen Agirrezabala, pemain jebolan akademi asli milik klub asal Basque tersebut.

Namanya mulai menghiasi skuad Bilbao sejak musim 2021/2022. Meski hanya berstatus pelapis dari Unai Simon, Agirrezabala tetap dinilai sebagai talenta prospektif yang dimiliki Bilbao. Ia sudah dipercaya tampil 8 kali dengan koleksi 3 clean sheet di skuad utama.

Baca Juga: 10 Potret Lukas Hradecky, Kiper Utama Bayer Leverkusen asal Finlandia

3. Inaki Pena

5 Kiper Muda yang Berstatus Pelapis di Klub Top Eropa, Aset Potensial!Inaki Pena (instagram.com/inakipenya)

Marc-Andre ter Stegen mulai dimakan usia. Namun, Barcelona sepertinya tak perlu khawatir untuk mencari penggantinya. Ada beberapa opsi lain yang bisa dipilih oleh La Blaugrana, termasuk Inaki Pena. Usianya masih terhitung muda saat ini, yaitu 23 tahun.

Pena juga memiliki modal bagus lantaran berstatus sebagai akademi La Masia. Sejauh ini, ia belum banyak mendapatkan kesempatan di skuad utama. Namun, ia punya kans pada musim depan mengingat Barcelona dikabarkan bakal segera melepas Neto ke klub lain.

4. Andriy Lunin

5 Kiper Muda yang Berstatus Pelapis di Klub Top Eropa, Aset Potensial!Andriy Lunin (instagram.com/andrey_lunin)

Andriy Lunin sudah membela Real Madrid sejak musim 2017/2018. Hanya saja, ia sempat dipinjamkan beberapa kali ke klub lain lantaran komposisi kiper Los Blancos yang sudah gemuk. Barulah pada musim 2020/2021, ia mulai dipercaya mengisi skuad utama tim.

Kiper berpaspor Ukraina itu didapuk sebagai pelapis Thibaut Courtois. Di satu sisi, Lunin harus menerima pil pahit sebab jarang dimainkan dan baru mengemas 5 penampilan sejauh ini. Akan tetapi, kariernya jelas bisa berkembang mengingat Lunin masih berusia 23 tahun.

5. Caoimhin Kelleher

5 Kiper Muda yang Berstatus Pelapis di Klub Top Eropa, Aset Potensial!Caomhin Kelleher (twitter.com/Squawka)

Liverpool punya kiper pelapis yang ideal. Meski masih mengandalkan Alisson Becker, The Reds sejatinya juga memiliki kiper muda, yaitu Caoimhin Kelleher. Ia bahkan lebih dipercaya daripada Adrian ataupun Loris Karius untuk mengisi pos kiper nomor dua Liverpool.

Dalam beberapa kesempatan, Kelleher mampu menunjukkan tajinya. Kiper berusia 23 tahun itu telah dipercaya tampil 17 kali dengan koleksi 8 clean sheet sejauh ini. Tak ayal Jurgen Klopp memastikan bahwa kiper mudanya itu bakal terus diandalkan musim depan.

 

Saat ini kelima nama di atas memang belum banyak mendapatkan kesempatan bermain. Namun, dengan bakat yang dimiliki, mereka punya masa depan cerah dan berpotensi menjelma salah satu kiper terbaik di dunia.

Baca Juga: 5 Kiper Muda yang Jadi Andalan Klub Medioker di Liga Top Eropa

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya