5 Kiper Pelapis Ederson Moraes saat Berseragam Manchester City

Ederson sulit digeser di bawah asuhan Pep Guardiola

Posisi kiper utama Manchester City diisi orang yang sama dalam beberapa musim terakhir. Sosok tersebut adalah Ederson Moraes. Ia sudah menjadi kiper nomor satu The Citizens sejak direkrut pada awal musim 2017/2018.

Posisinya nyaris tak tersentuh. Dominasinya masih kuat hingga musim keenam di Etihad Stadium. Ia bahkan membuat kiper Manchester City lainnya harus puas duduk di bangku cadangan.

Ada sedikitnya lima kiper pelapis Ederson Moraes saat berseragam Manchester City.

1. Claudio Bravo

5 Kiper Pelapis Ederson Moraes saat Berseragam Manchester CityClaudio Bravo (twitter.com/C1audioBravo)

Claudio Bravo sempat menjadi kiper utama Manchester City. Ia menyegel status tersebut pada musim debut Pep Guardiola sebagai pelatih di English Premier League (EPL) 2016/2017.

Sayangnya, performa Bravo justru tak konsisten. Mantan kiper Barcelona ini gagal menunjukkan kualitas terbaiknya.

The Citizens lantas memboyong Ederson Moraes pada musim panas 2017. Kiper Brasil itu membuat Bravo kehilangan tempat sebagai kiper utama.

2. Arijanet Muric

5 Kiper Pelapis Ederson Moraes saat Berseragam Manchester CityArijanet Muric (twitter.com/ManCityAcademy)

Arijanet Muric merupakan lulusan akademi Manchester City. Ia mulai menghiasi skuad utama pada 2018/2019.

Oleh karena usianya yang masih muda, Muric lebih sering dipinjamkan. Ia dikirim ke tim-tim seperti NAC Breda hingga Nottingham Forest.

Kiper berpaspor Kosovo ini hanya mengoleksi lima penampilan bersama tim utama Manchester City. Setelah melewati serangkaian masa pinjaman, Muric sepakat pindah secara permanen ke Burnley pada musim panas 2022.

Arijanet Muric berjasa mengantarkan Burnley promosi ke EPL 2023/2024. Ia membantu timnya juara EFL Championship pada 2022/2023 ini.

Baca Juga: Arijanet Muric, Eks Kiper Manchester City yang Membawa Burnley Juara

3. Zack Steffen

5 Kiper Pelapis Ederson Moraes saat Berseragam Manchester CityZack Steffen (twitter.com/zacksteffen_)

Manchester City mendatangkan Zack Steffen, kiper dari Amerika Serikat, pada awal musim 2019/2020. Ia tak langsung menjadi bagian dari skuad utama sebab dipinjamkan terlebih dahulu ke Fortuna Duesseldorf.

Setelah kembali dari masa pinjaman, Steffen didapuk sebagai pelapis Ederson Moraes. Ia tak banyak bermain sehingga hanya sempat mencatat 21 penampilan di semua kompetisi. Pada musim panas 2022, Steffen dilepas ke Middlesbrough dengan status pinjaman.

4. Scott Carson

5 Kiper Pelapis Ederson Moraes saat Berseragam Manchester CityScott Carson (twitter.com/ManCity)

Scott Carson masih menjadi bagian dari Manchester City pada 2022/2023. Ini merupakan musim ketiganya bersama The Citizens. Namun, kehadirannya tak begitu disorot sebab ia hanyalah kiper ketiga yang jarang sekali bermain.

Secara keseluruhan, Carson baru diturunkan dalam dua laga selama membela The Citizens. Usianya saat ini pun tidak muda lagi. Ia sudah menginjak 37 tahun.

Kontrak Carson sendiri akan habis pada Juni 2023 mendatang. Kontraknya kemungkinan tidak diperpanjang.

5. Stefan Ortega

5 Kiper Pelapis Ederson Moraes saat Berseragam Manchester CityStefan Ortega (twitter.com/ManCity)

Musim 2022/2023 merupakan musim perdana Stefan Ortega bersama Manchester City. Ia bergabung dengan status bebas transfer pada musim panas lalu. Ini terjadi sebab kontraknya bersama Arminia Bielefeld berakhir pada Juni 2022.

Ortega memang datang sebagai cadangan Ederson Moraes. Namun, kiper berusia 30 tahun ini diproyeksikan untuk memberi persaingan berarti kepada kiper utama.

Ortega sendiri baru diturunkan dalam sembilan pertandingan. Dirinya belum mendapat jatah debut di Premier League.

Ederson Moraes saat ini masih sulit digeser sebagai kiper utama Manchester City. Ketangkasannya memungkinkan sang kiper terus menjadi andalan di bawah asuhan Pep Guardiola.

Baca Juga: 5 Kiper Klub Premier League Kelahiran Tahun 1993, Ada Ederson!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya