5 Kiper Klub Premier League Kelahiran Tahun 1993, Ada Ederson!

Tahun ini mereka mulai memasuki usia kepala tiga

English Premier League (EPL) memiliki atmosfer yang meriah. Banyak pemain bintang yang berkarier di kompetisi sepak bola tertinggi Inggris ini. Tak heran apabila Premier League mampu menyedot atensi yang besar dari berbagai belahan di seluruh dunia.

Di posisi kiper, Premier League disinggahi oleh banyak nama besar. Mereka tengah menjadi kiper utama klubnya masing-masing. Dari sederet nama kiper di Premier League musim 2022/2023, beberapa dari mereka merupakan kelahiran tahun 1993 dan mulai memasuki usia kepala tiga. Siapa saja mereka?

1. Sam Johnstone

5 Kiper Klub Premier League Kelahiran Tahun 1993, Ada Ederson!Sam Johnstone (instagram.com/samjohnstone)

Kiper kelahiran Preston pada 25 Maret 1993 ini bersahabat dengan Premier League sejak lama. Johnstone merupakan didikan akademi Manchester United. Namun, kariernya cenderung tak berjalan mulus sebab lebih banyak dipinjamkan.

Pada musim 2022/2023 ini ia membela Crystal Palace. Johnstone bergabung sebagai pelapis dari Vicente Guaita. Karena perannya sebagai cadangan, Johnstone baru bermain sebanyak dua kali bersama The Eagles musim ini.

2. Danny Ward

5 Kiper Klub Premier League Kelahiran Tahun 1993, Ada Ederson!Danny Ward (twitter.com/LCFC)

Karier Danny Ward berjalan lambat. Sebagian besar waktunya dihabiskan bersama klub-klub semenjana. Kesempatan emas itu baru datang pada musim 2022/2023. Ward mencuat sebagai kiper utama Leicester City yang ditinggal oleh Kasper Schmeichel.

Pria yang lahir pada 22 Juni 1993 ini dipercaya penuh sebagai kiper nomor satu The Foxes. Meski performanya belum konsisten, posisi Ward masih belum tersentuh. Sejauh musim ini berlangsung ia sudah bermain dalam 28 pertandingan dengan koleksi 7 clean sheet.

Baca Juga: 5 Kiper Utama Klub Premier League yang Tidak Memakai Nomor Punggung 1

3. Alphonse Areola

5 Kiper Klub Premier League Kelahiran Tahun 1993, Ada Ederson!Alphonse Areola (twitter.com/WestHam)

Alphonse Areola sudah berkecimpung di Premier League dalam dua musim terakhir. Kini ia berseragam West Ham United. Sebelumnya, kiper berdarah Filipina ini pernah berkelana bersama sejumlah klub besar macam PSG dan Real Madrid.

Kiprah Areola bersama The Hammers tak terlalu cerah. Pasalnya, ia hanya berperan sebagai kiper pelapis dari Lukasz Fabianski. Areola yang lahir pada 27 Februari 1993 ini lebih banyak menghabiskan waktunya di bangku cadangan.

4. Jose Sa

5 Kiper Klub Premier League Kelahiran Tahun 1993, Ada Ederson!Jose Sa (instagram.com/josesaoficial)

Wolverhampton Wanderers punya kiper tangguh di dalam diri Jose Sa. Sejak bergabung pada musim panas 2021, ia selalu dipercaya mengisi pos kiper utama Wolves. Jose tampil gemilang dengan berbagai penyelamatan penting yang ia buat.

Kiper kelahiran 17 Januari 1993 ini menjadi salah satu pemain Wolves yang paling sering diturunkan. Pada musim 2022/2023 saja, Jose Sa sudah bermain sebanyak 30 kali dengan catatan 8 clean sheet.

5. Ederson Moraes

5 Kiper Klub Premier League Kelahiran Tahun 1993, Ada Ederson!Ederson Moraes (instagram.com/ederson93)

Sosoknya dikenal luas sebagai salah satu pilar penting Manchester City. Dalam beberapa musim terakhir, gawang The Cityzens selalu dipercayakan kepadanya. Tak ada satu pun kiper Manchester City lain yang bisa merusak dominasi tersebut.

Ederson sudah menjalani musim keenam di Premier League. Ia menjadi tokoh kunci klub asal Manchester itu yang berjaya di kancah domestik. Sampai sekarang, Ederson masih tampil konsisten meski bakal berusia kepala tiga pada 17 Agustus 2023 mendatang.

Usia mereka akan dan sudah kepala tiga sekarang. Dengan usia yang terus bertambah, klub pemilik kelima nama kiper di atas tentu perlu mulai memikirkan opsi kiper yang lebih muda demi regenerasi.

Baca Juga: Dilema Alisson dan Ederson, Siapa Lebih Layak Jadi Kiper Utama Brasil?

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya