5 Kiper Top Berseragam AC Milan dalam Sedekade Terakhir

Rossoneri punya banyak kiper berkualitas

Dalam sedekade terakhir, performa AC Milan cenderung fluktuatif. Meski sempat mengalami penurunan dan tercecer ke papan tengah, Rossoneri berhasil bangkit. Ini dibuktikan dengan kesuksesannya meraih scudetto pada 2021/2022 lalu.

Selain performa, komposisi skuad AC Milan juga terus berubah. Pemain datang silih berganti, termasuk di posisi kiper. Rossoneri disinggahi sederet kiper jempolan dalam sedekade terakhir.

Penasaran siapa saja? Berikut kiper top berseragam AC Milan dalam sedekade terakhir!

1. Christian Abbiati

5 Kiper Top Berseragam AC Milan dalam Sedekade TerakhirChristian Abbiati (uefa.com)

Nama Christian Abbiati melegenda di AC Milan. Selain rekam jejaknya yang panjang, Abbiati juga meraih banyak kesuksesan bersama Rossoneri. Ia berjasa besar mengantarkan AC Milan mendominasi berbagai kompetisi.

Abbiati membela AC Milan selama nyaris 2 dekade. Bergabung pada 1998, Abbiati mengakhiri kariernya di skuad Rossoneri pada musim panas 2016. Dalam kurun waktu itu, dirinya mengoleksi 380 penampilan di semua kompetisi.

2. Diego Lopez

5 Kiper Top Berseragam AC Milan dalam Sedekade TerakhirDiego Lopez (twitter.com/acmilan)

Sebagian besar waktunya dihabiskan bersama klub Spanyol. Diego Lopez pernah berseragam Sevilla dan Real Madrid. Meski begitu, dirinya sempat bertualang ke luar negeri. Itu terjadi saat Lopez sepakat hijrah ke AC Milan pada 2014.

Kiper yang kini berusia 41 tahun itu membela Rossoneri selama 3 musim. Meski cukup lama, Lopez tak menjadi pilihan utama. Ia hanya bermain sebanyak 37 kali di semua kompetisi dengan koleksi 6 clean sheet.

Baca Juga: 5 Pemain Terakhir yang Direkrut AC Milan dari Bundesliga, Siapa Saja?

3. Pepe Reina

5 Kiper Top Berseragam AC Milan dalam Sedekade TerakhirPepe Reina (twitter.com/AVFCOfficial)

Pepe Reina sudah kenyang pengalaman di Eropa. Ia pernah membela sejumlah klub besar, termasuk AC Milan. Itu terealisasi pada musim panas 2018. Reina bergabung bersama Rossoneri dengan status bebas transfer dari Napoli.

Sayangnya, Reina tak mampu berbuat banyak. Ia gagal menjadi kiper utama sebab kalah bersaing dengan Gianluigi Donnarumma. Reina hanya bermain sebanyak 13 kali selama 3 musim. Ia juga sempat dipinjamkan ke Aston Villa sebelum akhirnya dilepas ke Lazio secara gratis.

4. Asmir Begovic

5 Kiper Top Berseragam AC Milan dalam Sedekade TerakhirAsmir Begovic (twitter.com/asmir1)

Popularitasnya lebih tinggi di English Premier League. Asmir Begovic merupakan mantan pemain Bournemouth dan Chelsea yang kini berseragam Everton. Namun, ia sempat hijrah ke Serie A Italia pada musim dingin 2020.

Begovic dipinjam AC Milan hingga akhir musim 2020/2021. Karena hanya menjadi kiper cadangan, Begovic jarang diturunkan. Tercatat, kiper berpaspor Bosnia-Herzegovina itu hanya bermain dalam dua pertandingan.

5. Gianluigi Donnarumma

5 Kiper Top Berseragam AC Milan dalam Sedekade TerakhirGianluigi Donnarumma (twitter.com/gigiodonna1)

Sebelum diisi Mike Maignan, status kiper utama AC Milan selalu dipegang Gianluigi Donnarumma. Jebolan akademi asli Rossoneri itu mampu menjadi andalan tim sedari muda. Dirinya dipercaya sebagai kiper nomor satu.

Promosi ke skuad utama pada 2014, Donnarumma berhasil mengumpulkan 251 penampilan di berbagai ajang. Sayangnya, kontraknya habis pada Juni 2021 dan urung diperpanjang. Donnarumma lantas pindah ke Paris Saint-Germain secara gratis.

Mereka punya perjalanan karier yang beragam di AC Milan. Christian Abbiati dan Gianluigi Donnarumma sukses di AC Milan, sedangkan sisanya hanya membela Rossoneri dalam waktu singkat.

Baca Juga: 5 Klub Serie A Paling Sering Mengalahkan Inter Milan, Ada AC Milan!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya