Comscore Tracker

Tampil Impresif, 5 Kiper Top Ini Justru Kurang Mendapatkan Sorotan

Posisinya hampir tak tergantikan

Deretan kiper ternama di liga top Eropa saat ini kian bermunculan. Terlebih bagi mereka yang bermain untuk tim papan atas, kiper-kiper itu jelas mendapatkan sorotan lebih. Apalagi jika mampu tampil apik dan menjadi pahlawan bagi timnya, nama sang kiper bakal melejit.

Namun, tak semua kiper di liga top Eropa saat ini mendapatkan atensi yang sesuai. Hal tersebut dialami oleh kiper-kiper yang tengah membela klub medioker yang tak terlalu disorot banyak pihak. Sejatinya mereka tampil apik di bawah mistar gawang, tetapi namanya belum terlalu diperhatikan.

1. Koen Casteels

Tampil Impresif, 5 Kiper Top Ini Justru Kurang Mendapatkan SorotanKoen Casteels (twitter.com/WhoScored)

Bundesliga diklaim sebagai panggung bersinarnya Manuel Neuer, tetapi tak hanya ia saja. Ada beberapa kiper lain yang sejatinya juga mampu menunjukkan performa apik bersama timnya di liga teratas Jerman itu, salah satunya Koen Casteels. Kiper berkebangsaan Belgia itu saat ini berseragam Wolfsburg.

Sejak bergabung pada tahun 2015 lalu, Casteels terus berkembang menjadi sosok vital bagi timnya. Hal tersebut terus ia lanjutkan hingga musim 2021/2022 ini masih berlangsung. Dipercaya menjadi kapten utama, Casteels memainkan peran penting dengan catatan 23 penampilan. Dari angka itu, ia sukses mengemas 7 clean sheet.

2. Robert Sanchez

Tampil Impresif, 5 Kiper Top Ini Justru Kurang Mendapatkan SorotanRobert Sanchez (twitter.com/OfficialFPL)

Karier Robert Sanchez seketika berubah dengan begitu cepat. Diawali kepindahan kiper utama Brighton, Matt Ryan, dengan status pinjaman pada musim lalu, Sanchez sukses menggantikannya sebagai kiper nomor satu. Usainya relatif masih muda, 24 tahun, tetapi kualitas yang dimiliki Sanchez tak kalah dengan kiper lain.

Memasuki musim keduanya bersama tim utama The Seagulls, performa Sanchez makin menggila. Sempat membawa timnya merangsek ke papan atas Premier League, ia tampil brilian dalam menjaga gawangnya dari serbuan lawan. Catatan 6 clean sheet dari 16 laga membuatnya nyaris tak tergantikan hingga detik ini.

Baca Juga: 10 Fakta Lewis Dunk, Bek Underrated Brighton & Hove Albion

3. Walter Benitez

Tampil Impresif, 5 Kiper Top Ini Justru Kurang Mendapatkan SorotanWalter Benitez (twitter.com/aspor)

Walter Benitez menjadi salah satu kunci kesuksesan OGC Nice musim ini. Nice kini sukses menduduki posisi runner-up Ligue 1. Hal ini tak lepas dari para pemainnya yang bersinar, tak terkecuali Walter Benitez yang menjadi tembok kokoh Nice.

Performa kiper berpaspor Argentina itu sangat menjanjikan dengan sejumlah statistik apik. Benitez hanya kebobolan 18 kali saja dari 21 laga yang ia jalani dengan catatan 7 clean sheet. Jika mampu mempertahankan konsistensi performanya, Benitez tentu punya kans besar membela Timnas Argentina di Piala Dunia 2022.

4. Yassine Bounou

Tampil Impresif, 5 Kiper Top Ini Justru Kurang Mendapatkan SorotanYassine Bounou (twitter.com/Squawka)

Di saat tim besar LaLiga seperti Atletico Madrid dan Barcelona terkatung-katung di papan tengah, hal yang berbeda dialami Sevilla. Klub berjuluk Los Nervionenses ini menjadi rival terdekat Real Madrid dalam perebutan titel juara LaLiga di akhir musim. Hal tersebut jelas cukup mengejutkan banyak pihak.

Keberhasilan Sevilla, selain karena racikan sang pelatih, juga karena performa impresif para pemainnya. Salah satu pemain yang punya kontribusi besar di balik itu adalah Yassine Bounou. Kiper Maroko itu tampil heroik dalam menjaga gawang timnya. Bono sukses mengamankan 11 clean sheet dari 23 penampilan.

5. Jose Sa

Tampil Impresif, 5 Kiper Top Ini Justru Kurang Mendapatkan SorotanJose Sa (twitter.com/Squawka)

Wolves tak perlu menunggu lama dalam upayanya mencari pengganti Rui Patricio. Usai ditinggal Patricio ke AS Roma, Wolves sukses mendaratkan Jose Sa dari Olympiacos. Ia jelas diproyeksikan jadi kiper utama Wolves pada musim ini.

Kepercayaan itu tak disia-siakan Jose untuk tampil impresif. Kiper berusia 28 tahun tersebut membayar lunas investasi Wolves kepadanya dengan penampilan yang menjanjikan. Jose berhasil mengantongi 8 clean sheet dari 20 penampilan serta membawa timnya konsisten berkutat di papan tengah Premier League.

 

Tampil konsisten sejauh ini membuat kelima nama di atas menyandang predikat sebagai kiper utama di timnya. Kira-kira, akankah mereka bakal dilirik oleh klub papan atas Eropa suatu saat nanti? Kita nantikan saja.

Baca Juga: 5 Penyerang Ternama yang Berseragam Wolves dalam Sedekade Terakhir

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya