5 Kiper Top Sevilla dalam Sedekade Terakhir

Bagaimana kiprah mereka?

Sevilla merupakan salah satu klub kontestan LaLiga. Klub berjuluk Los Nervionenses ini memang tak menjadi favorit juara LaLiga pada tiap musimnya. Meski begitu, Sevilla tak bisa dipandang sebelah mata. Apalagi, Sevilla juga dikenal sebagai penguasa Liga Europa.

Perjalanan Sevilla dalam sedekade terakhir cukup stabil. Banyak pemain yang silih berganti mengenakan seragam tempur Los Nervionenses, khususnya pada posisi kiper. Sederet nama top pernah mengisi posisi kiper utama Sevilla dalam sedekade terakhir. Siapa saja mereka?

1. Salvatore Sirigu

5 Kiper Top Sevilla dalam Sedekade TerakhirSalvatore Sirigu (twitter.com/ChampionsLeague)

Akhir dari kisah Salvatore Sirigu bersama PSG justru tak berjalan mulus. Bagaimana tidak, Salvatore Sirigu kehilangan statusnya sebagai kiper utama Les Parisiens. Ia harus menjalani beberapa kali peminjaman ke klub lain. Salah satu klub yang pernah ia singgahi dengan status pinjaman itu adalah Sevilla.

Sirigu dipinjam oleh Los Nervionenses pada awal musim 2016/2017. Namun, kiprahnya bersama Sevilla hanya bertahan seumur jagung. Ia tak diandalkan sebagai kiper nomor satu lantaran hanya tampil sebanyak tiga kali. Oleh sebab itu, Sevilla memulangkannya lebih awal pada musim dingin 2017 lalu.

Baca Juga: 5 Pelatih Terakhir yang Menukangi Sevilla sebelum Jose Luis Mendilibar

2. David Soria

5 Kiper Top Sevilla dalam Sedekade TerakhirDavid Soria (sevillafc.es)

Awal dari perjalanan karier David Soria cukup unik. Pasalnya, ia telah bertualang ke beberapa klub top Eropa. Soria mengawali semuanya di tim akademi Atletico Madrid. Setelah itu, ia sempat hengkang ke Real Madrid Castilla dan tim berbagai kelompok umur Leicester City. Soria lalu pindah ke Sevilla pada musim panas 2013.

Ia menghabiskan tiga musim yang rumit untuk menembus skuad utama. Kiprahnya bersama tim inti Los Nervionenses juga tak terlalu gemilang. Ia gagal mendapatkan jam terbang yang banyak sebab hanya menjadi pelapis. Alhasil, pada musim panas 2018 lalu, Soria hengkang secara permanen ke Getafe.

3. Sergio Rico

5 Kiper Top Sevilla dalam Sedekade TerakhirSergio Rico (sevillafc.es)

Sergio Rico merupakan produk akademi Sevilla. Ia telah akrab dengan seragam tempur Los Nervionenses sejak masih berusia 13 tahun. Tahun demi tahun berlalu, puncaknya Rico berhasil promosi ke skuad utama Sevilla pada awal musim 2014/2015. Sejak saat itu, namanya makin dikenal luas.

Rico membuktikan kualitasnya sebagai kiper utama Sevilla selama bermusim-musim. Ia mampu mengantongi 170 penampilan di semua ajang. Namun, posisinya malah terpinggirkan akibat kedatangan nama-nama baru. Rico sempat dipinjamkan ke Fulham hingga akhirnya dilepas secara permanen ke PSG pada musim panas 2020 lalu.

4. Tomas Vaclik

5 Kiper Top Sevilla dalam Sedekade TerakhirTomas Vaclik (twitter.com/vaclos31)

Tomas Vaclik mulai menghiasi skuad Sevilla pada awal musim 2018/2019. Ia diproyeksikan sebagai kiper utama Los Nervionenses. Hasilnya pun berbuah manis. Vaclik berhasil menjadi andalan Sevilla pada musim debutnya. Total, ia mengemas 17 clean sheet dari 49 penampilan di semua kompetisi.

Sayangnya, ia tergusur oleh kedatangan kiper anyar, yaitu Yassine Bounou pada musim panas 2019. Vaclik kehilangan tempatnya sebagai kiper utama Sevilla. Ia lebih banyak menghabiskan waktunya di bangku cadangan. Alhasil, Vaclik tidak memperpanjang kontraknya yang berakhir pada Juni 2021.

5. Yassine Bono

5 Kiper Top Sevilla dalam Sedekade TerakhirYassine Bounou (sevillafc.es)

Yassine Bounou atau akrab dengan sapaan Bono merupakan salah satu kiper terbaik yang pernah membela Sevilla. Ia awalnya bergabung ke skuad Los Nervionenses pada musim panas 2019. Saat itu, Bono dipinjam dari Girona selama semusim. Ia dengan cepat mengambil alih kiper utama sehingga jasanya dipermanenkan.

Bono berperan penting dengan berbagai penyelamatan yang ia lakukan. Tercatat, Bono masih aktif membela Sevilla dengan catatan 58 clean sheet dari 140 penampilan di semua kompetisi. Ia berkontribusi besar dalam keberhasilan Los Nervionenses merengkuh dua gelar Liga Europa.

Sederet kiper di atas memiliki perjalanan kariernya masing-masing di Sevilla. Mereka saling bergantian untuk melanjutkan tongkat estafet sebagai kiper utama. Saat ini, posisi tersebut nyaman dipercayakan kepada Yassine Bounou yang masih punya kontrak bersama Sevilla hingga 2025.

Baca Juga: 5 Pembelian Terakhir Sevilla dari Klub Ligue 1, Ada Nama Baru!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya