5 Kiper Utama Klub Ligue 1 dengan Masa Bakti Terlama, Konsisten!

Loyalitasnya sulit untuk ditiru

Peta persaingan Ligue 1 Prancis cenderung monoton dibandingkan liga top Eropa lain. Dalam sedekade terakhir, kampiun nyaris didominasi Paris Saint-Germain. Meski begitu, kompetisi sepak bola tertinggi di Prancis ini tetap menarik untuk diikuti.

Ligue 1 tengah disinggahi banyak pemain elite, macam Lionel Messi dan Neymar Jr. Selain itu, deretan pemain loyal juga sudah berkarier di Ligue 1 dalam waktu yang lama.

Dari pemain-pemain itu, kelima kiper utama berikut ini pantas untuk diapresiasi. Siapa saja?

1. Yehvann Diouf

5 Kiper Utama Klub Ligue 1 dengan Masa Bakti Terlama, Konsisten!Yehvann Diouf (instagram.com/yehvann)

Usia Yehvann Diouf baru menginjak 23 tahun. Namun, ia mampu menjadi kiper utama klub sekaliber Stade Reims. Diouf sudah menjadi bagian dari Stade Reims pada musim panas 2019. Ia bergabung secara gratis dari Troyes.

Performa Diouf sangat menjanjikan. Bahkan, pada 2022/2023, ia mampu mengemas 12 clean sheet dari 25 penampilan. Tak ayal dirinya dinilai sebagai salah satu kiper muda potensial yang dimiliki Prancis.

2. Gauthier Gallon

5 Kiper Utama Klub Ligue 1 dengan Masa Bakti Terlama, Konsisten!Gauthier Gallon (instagram.com/gallon_gauthier)

Sosoknya mungkin belum terlalu familier. Namun, Gauthier Gallon sudah menjadi bagian penting dari Troyes. Ia selalu menjadi pilar penting di bawah mistar gawang. Perannya nyaris tak tersentuh kiper Troyes lainnya.

Ia membela klub Ligue 1 itu sejak musim panas 2019. Kiper berusia 29 tahun itu sudah diturunkan dalam 111 penampilan di semua kompetisi. Dari laga tersebut, Gallon berhasil membukukan 35 clean sheet.

Baca Juga: Berusia Senja, 5 Kiper Gaek Ini Masih Berstatus Kiper Utama Negaranya

3. Alban Lafont

5 Kiper Utama Klub Ligue 1 dengan Masa Bakti Terlama, Konsisten!Alban Lafont (instagram.com/alban_lafont)

Pos kiper utama Nantes selalu diisi satu nama yang sama dalam beberapa musim terakhir. Dia adalah Alban Lafont. Kiper berusia 24 tahun ini mampu menjadi andalan Nantes pada usianya yang masih muda.

Mantan pemain Fiorentina ini sudah mengoleksi 140 penampilan di semua kompetisi. Tak hanya diandalkan, Lafont juga punya peran penting lainnya. Ia dipercaya sebagai kapten utama tim sejak 2022/2023.

4. Matz Sels

5 Kiper Utama Klub Ligue 1 dengan Masa Bakti Terlama, Konsisten!Matz Sels (instagram.com/matzsels)

Matz Sels sudah berkelana di Ligue 1 sejak 2018. Ia membela Strasbourg hingga sekarang. Dengan pengalaman dan kualitasnya, Sels tak kesulitan merebut pos kiper utama. Ia mampu menjaga pencapaian itu dalam waktu yang lama. 

Kiper berpaspor Belgia itu punya andil yang besar untuk timnya. Sels sudah tampil dalam 142 pertandingan di semua kompetisi. Berkat aksinya di Strasbourg, Sels rutin dipanggil Timnas Belgia meski hanya menjadi kiper cadangan.

5. Anthony Lopes

5 Kiper Utama Klub Ligue 1 dengan Masa Bakti Terlama, Konsisten!Anthony Lopes (instagram.com/antholopes_officiel)

Makin sulit menemukan pemain yang hanya membela satu klub dalam kariernya saat ini. Di posisi kiper, Anthony Lopes merupakan contoh nyata dari bentuk kesetiaan tersebut. Ia menghabiskan waktunya dengan berseragam Olympique Lyon.

Mulai dari menimba ilmu di tim akademi hingga beranjak matang, semuanya dilalui bersama Les Gones. Lopes sudah mengisi skuad utama Lyon sejak 2011/2012. Sampai sekarang, ia sudah bermain sebanyak 444 kali.

Kesetiaan para kiper Ligue 1 di atas patut mendapatkan dua jempol. Meski tim yang dibelanya minim prestasi, mereka bertahan dan menjadi andalan di bawah mistar gawang.

Baca Juga: 5 Kiper Prancis dengan Banderol Termahal Saat Ini, Tak Ada Lloris

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya