Comscore Tracker

Lahir di Negara Lain, 5 Pemain Top yang Memilih Bela Timnas Spanyol

Ansu Fati salah satunya!

Bermain untuk tim nasional merupakan impian tiap pesepak bola. Untuk mencapai hal tersebut, tak mengherankan bila para pemain bekerja keras menampilkan performa impresif agar bisa dilirik ke dalam skuad timnas negaranya. Namun, bukan hanya itu saja, tak jarang terdapat pemain yang memilih berganti kewarganegaraan agar berkesempatan membela timnas.

Seperti yang dilakukan 5 pemain ini. Mereka memilih membela timnas Spanyol, meskipun lahir dan besar di negara lain. Tentunya, keputusan yang mereka buat sudah dipikirkan matang-matang dan siap menghadapi segala konsekuensi ke depannya. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Thiago Alcantara

Lahir di Negara Lain, 5 Pemain Top yang Memilih Bela Timnas SpanyolThiago Alcantara (goal.com)

Thiago Alcantara memang dikenal sebagai salah satu gelandang mumpuni yang dimiliki timnas Spanyol saat ini. Namun di balik itu, Thiago memiliki fakta menarik seputar timnas yang ia bela tersebut. Ia lahir di Italia dari keturunan Brasil, di mana sang ayah merupakan eks pemain profesional Tim Samba yang meraih kampiun Piala Dunia 1994 silam, yaitu Mazinho.

Sederhananya, gelandang yang kini membela Liverpool tersebut berasal dari keturunan olahragawan. Ibunya adalah mantan atlet bola voli, sedangkan adik kandungnya yaitu Rafinha, adalah pesepak bola yang kini bermain untuk PSG.

Namun, berbeda dengan keluarganya yang berkewarganegaraan Brasil, Thiago memilih menjadi warga Spanyol dan ia didapuk jadi andalan timnas Matador hingga sekarang.

2. Rodrigo Moreno

Lahir di Negara Lain, 5 Pemain Top yang Memilih Bela Timnas Spanyolbrfootball.com

Nama Rodrigo Moreno dikenal harum saat tampil gemilang bersama Valencia. Tak hanya itu, pemain berusia 30 tahun tersebut juga sering mendapat panggilan untuk tampil bersama timnas Spanyol. Padahal, ia tak lahir di negara beribu kota Madrid tersebut. Menilik lebih jauh, eks pemain Real Madrid Castilla ini lahir dan besar di negara kawasan Amerika Latin, Brasil.

Ayah Rodrigo juga merupakan mantan pesepak bola profesional, yaitu Adalberto Machado. Namun, sebagian besar hidup Rodrigo dihabiskan di Spanyol yang membuatnya memilih menjadi penduduk tetap di sana.

Meski saat ini tak lagi tinggal di Spanyol dikarenakan tengah berkarier di Leeds United, Rodrigo tetap jadi salah satu pemain yang diperhitungkan di timnas Matador.

3. Diego Costa

Lahir di Negara Lain, 5 Pemain Top yang Memilih Bela Timnas SpanyolDiego Costa (teamtalk.com)

Kepindahan status kewarganegaraan Diego Costa menjadi Spanyol sempat menimbulkan kontroversi. Sejatinya, ia merupakan pemain timnas Brasil dan sempat tampil dalam dua pertandingan persahabatan pada 2013 lalu. Namun, akar permasalahan pun muncul ke permukaan. Eks pemain Atletico Madrid ini justru tak dipanggil pelatih Brasil saat itu, Luis Felipe Scolari pada ajang Piala Konfederasi.

Melihat momen tersebut, RFEF selaku federasi sepak bola di Spanyol langsung bergerak cepat membujuk Costa agar mau berganti kewarganegaraan. Eks pemain Atletico Madrid tersebut memang telah lama tinggal di Spanyol dan berkarier untuk sejumlah klub top di sana. Setelahnya, Costa memutuskan bermain untuk timnas Spanyol, dengan debutnya pada 5 Maret 2014 lalu.

4. Ansu Fati

Lahir di Negara Lain, 5 Pemain Top yang Memilih Bela Timnas SpanyolAnsu Fati (goal.com)

Ansu Fati mulai menyita perhatian setelah tampil impresif bersama Barcelona musim lalu. Dengan usianya yang masih 18 tahun, Fati diyakini sebagai salah satu talenta potensial di masa mendatang. Berkat kegemilangannya bersama klub Catalan, Fati dipercaya masuk ke dalam skuad timnas Spanyol dan mencatatkan debutnya pada 3 September 2020 lalu.

Menariknya, Fati bukanlah penduduk asli Spanyol. Ia lahir dan besar di Guinea Bissau, sebuah negara di kawasan benua Afrika. Saat usianya beranjak 6 tahun, Fati dibawa kedua orangtuanya untuk pindah dan menetap di Spanyol. Tak mengherankan, bila ia bisa berganti kewarganegaraan menjadi Spanyol lantaran telah tinggal dalam waktu yang cukup lama. 

5. Aymeric Laporte

Lahir di Negara Lain, 5 Pemain Top yang Memilih Bela Timnas SpanyolAymeric Laporte (goal.com)

Terbaru, ada Aymeric Laporte menambah deretan pemain top yang memilih bermain untuk timnas Spanyol. Kepindahannya dari Prancis lantaran tak pernah debut untuk timnas senior hingga saat ini.

Padahal, pemain Manchester City ini telah bermain untuk timnas berbagai kelompok umur Prancis. Banyaknya opsi di sektor bek tengah disinyalir juga menjadi alasan lain Laporte urung membuat debut pertamanya.

Sementara itu, keputusan Laporte memilih membela timnas Spanyol dikarenakan ikatan keluarganya. Sang kakek merupakan penduduk asli di Basque, sebuah wilayah di Spanyol. Alhasil, Laporte telah resmi berganti kewarganegaraan beberapa saat yang lalu dan bisa membela timnas Matador dalam perhelatan Euro 2020 pada Juni nanti.

 

Keputusan kelima pemain di atas tentu didasari oleh beragam faktor. Selain itu, kepindahan mereka menjadi pemain berpaspor Spanyol telah melalui pertimbangan yang sudah matang. Siapa favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Top Spanyol yang Belum Pernah Catatkan Debut Timnas

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya