5 Mantan Pemain Partizan yang Saat Ini Berseragam Klub Top Eropa

Dusan Vlahovic salah satunya!

FK Partizan Belgrade merupakan salah satu tim papan atas di kompetisi Liga Serbia. Bersama tim kuat lain, seperti Red Star Belgrade, Partizan terus mendominasi kompetisi domestik. Tak hanya itu, Partizan juga acap kali tampil di kompetisi Eropa.

Keberhasilan tim ini selalu konsisten bersaing di papan atas dilatarbelakangi oleh sejumlah hal, salah satunya diisi oleh pemain-pemain berkualitas. Dari pemain tersebut, sejumlah nama di antaranya bahkan tengah berkelana bersama klub papan atas Eropa saat ini. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Stefan Savic

5 Mantan Pemain Partizan yang Saat Ini Berseragam Klub Top EropaStefan Savic (twitter.com/WhoScored)

Stefan Savic lebih dikenal namanya dengan balutan jersey Atletico Madrid. Hal tersebut wajar mengingat ia telah membela Los Rojiblancos sejak tahun 2015 lalu. Savic berperan mengantarkan timnya konsisten di papan atas klasemen hingga merengkuh titel LaLiga pada musim 2020/2021.

Menilik ke belakang, Savic sejatinya pernah membela sejumlah klub Eropa, salah satunya Partizan. Ia bergabung dengan klub Serbia ini pada tahun 2010 lalu dan hanya bertahan selama semusim. Setelah itu, Savic dilepas ke Manchester City dan sempat berkelana di Italia bersama Fiorentina.

2. Nemanja Matic

5 Mantan Pemain Partizan yang Saat Ini Berseragam Klub Top EropaNemanja Matic (twitter.com/StatmanDave)

Saat merajut awal karier profesionalnya, Nemanja Matic seringkali berganti tim di usia belasan tahun. Dalam hal ini, ia juga pernah bergabung ke tim U-17 Partizan pada tahun 2004 silam, tetapi hanya bertahan selama beberapa bulan. Ia mulai bertualang ke negara-negara Eropa lainnya.

Seiring berjalannya waktu, Matic mulai dikenal luas oleh khalayak ramai. Terlebih saat ia bergabung dengan Chelsea pada musim 2013/2014. Ia sukses merengkuh sejumlah gelar hingga memilih hijrah ke klub Premier League lain, yaitu Manchester United. Matic datang pada tahun 2017 dan masih bertahan hingga kini.

Baca Juga: Tidak Lagi Muda, 5 Gelandang yang Bisa Gantikan Nemanja Matic di MU

3. Stevan Jovetic

5 Mantan Pemain Partizan yang Saat Ini Berseragam Klub Top EropaStevan Jovetic (twitter.com/goal)

Karier Stevan Jovetic dihabiskan dengan kegemarannya bergonta-ganti klub. Ia juga dikenal sebagai salah satu pesepak bola yang pernah mencicipi lima liga top Eropa. Sebelum tenar di liga-liga itu, Jovetic pernah menimba ilmu di tim akademi Partizan dan merasakan atmosfer tim utama selama dua musim.

Setelah berkarier di Serbia, barulah ia bertualang di lima liga top Eropa. Jovetic telah membela Fiorentina, Manchester City, Sevilla hingga AS Monaco. Hingga pada musim panas 2021 lalu, Jovetic melengkapi petualangannya dengan bergabung bersama Hertha Berlin. Di Jerman, ia sudah tampil 18 kali.

4. Nikola Milenkovic

5 Mantan Pemain Partizan yang Saat Ini Berseragam Klub Top EropaNikola Milenkovic (twitter.com/cultofcalcio)

Serbia memiliki sederet pemain muda berharga yang punya karier apik saat ini. Salah satunya yaitu Nikola Milenkovic. Pemain yang beroperasi sebagai bek tengah ini merupakan pilar utama Fiorentina sejak musim 2017/2018. Sebelumnya, Milenkovic bermain untuk Partizan dalam waktu yang cukup lama.

Di Italia, pemain berusia 24 tahun tersebut punya kiprah yang mulus. Ia menjelma jadi palang pintu kokoh La Viola yang sudah dipercaya tampil 163 kali hingga sekarang. Makin terasa istimewa lantaran Milenkovic juga rutin dipanggil Timnas Serbia. Jika terus konsisten, bukan hal yang mustahil ia bakal diminati klub top Eropa lainnya.

5. Dusan Vlahovic

5 Mantan Pemain Partizan yang Saat Ini Berseragam Klub Top EropaDusan Vlahovic (twitter.com/goal)

Salah satu penyerang potensial saat ini yang baru saja berganti baju tempur. Dusan Vlahovic terus menciptakan bumbu-bumbu produktif di dalam kariernya. Memulai semuanya bersama Partizan dan berkembang pesat di Fiorentina, kini Vlahovic sukses menjadi bagian dari salah satu klub papan atas Italia, Juventus.

Ia bergabung dengan skuad Si Nyonya Tua pada musim dingin 2022 ini. Vlahovic didatangkan dengan biaya mahal, yaitu 81,6 juta euro atau setara Rp1,3 triliun. Sejauh ini, ia mulai mampu beradaptasi dengan gaya permainan Juventus. Vlahovic sudah membukukan lima gol dan dua assist dari 11 pertandingan.

Didominasi oleh pemain Serbia, Partizan terus  mampu konsisten di level teratas meskipun ditinggal oleh para pemain andalannya. Kira-kira, siapakah pemain Partizan selanjutnya yang bakal mengikuti jejak kelima nama di atas? Menarik untuk dinantikan.

Baca Juga: Dusan Vlahovic Jadi Faktor Cabutnya Paulo Dybala dari Juventus

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya