5 Mantan Pemain Chelsea yang Memilih Hengkang ke Klub Lamanya

Karier mereka kurang gemilang di Inggris

English Premier League (EPL) dipandang sebagai destinasi utama bagi banyak pemain sepak bola. Chelsea, sebagai salah satu klub besar di dalamnya, merupakan tujuan favorit yang menawarkan peningkatan karier dan pamor yang begitu pesat.

Membela klub sekaliber Chelsea tak bisa diraih secara instan. Selain itu, banyaknya rival demi mendapatkan tempat utama juga menjadi rintangan lain. Ada sejumlah pemain Chelsea yang bahkan pulang kembali ke klub lamanya karena beragam alasan.

Inilah lima mantan pemain Chelsea yang langsung hengkang ke klub lamanya.

1. Filipe Luis

5 Mantan Pemain Chelsea yang Memilih Hengkang ke Klub LamanyaFilipe Luis (instagram.com/filipeluis)

Chelsea pernah membajak bek kiri andalan Atletico Madrid, Filipe Luis, pada musim panas 2014. The Blues merekrutnya untuk memperkuat sisi kiri pertahanan tim yang berlubang. Namun, kiprah Filipe bersama Chelsea justru hanya sebentar.

Pemain berpaspor Brasil ini semusim berseragam The Blues. Masalah adaptasi yang ia hadapi di Inggris memaksanya untuk tak bertahan lama membela Chelsea. Alhasil, Filipe memutuskan kembali ke Atletico Madrid pada musim panas 2015 lalu.

2. Davide Zappacosta

5 Mantan Pemain Chelsea yang Memilih Hengkang ke Klub LamanyaDavide Zappacosta (instagram.com/zappacosta)

Davide Zappacosta merupakan produk akademi Atalanta yang memulai karier profesional pada 2011 silam. Berselang 6 tahun kemudian, ia yang tengah membela Torino dipinang Chelsea. Zappacosta akhirnya menerima tawaran The Blues tersebut.

Ia membela Chelsea selama 5 musim, tetapi kebanyakan dipinjamkan ke klub lain. Zappacosta gagal mendapatkan tempat sebagai bek kanan utama Chelsea dengan hanya tampil sebanyak 52 kali. Pada musim panas 2022, ia pulang ke klub masa kecilnya, Atalanta.

Baca Juga: 5 Pemain yang Kembali ke Bundesliga Musim Panas 2022, Ada Timo Werner

3. Diego Costa

5 Mantan Pemain Chelsea yang Memilih Hengkang ke Klub LamanyaDiego Costa (instagram.com/diego.costa)

Produktif di lini depan Atletico Madrid membuat Diego Costa diminati banyak klub. Ia akhirnya pindah dan memilih Chelsea sebagai pelabuhan baru pada musim panas 2014. Keputusan Costa ini sejatinya berbuah manis lantaran jadi mesin gol andalan The Blues.

Ia tampil tajam dengan koleksi 59 gol dari 120 penampilan. Namun, konfliknya dengan sang pelatih, Antonio Conte, memastikan karier Costa di Chelsea harus terhenti. Ia akhirnya memilih pulang ke Atletico Madrid pada pertengahan musim 2017/2018

4. Romelu Lukaku

5 Mantan Pemain Chelsea yang Memilih Hengkang ke Klub LamanyaRomelu Lukaku (instagram.com/inter)

Perjalanan karier Romelu Lukaku bak sebuah siklus. Pernah membela Chelsea pada 2011, dirinya sempat berkelana ke beberapa klub, termasuk Inter Milan pada 2019 lalu. Bersama Nerazzuri, performa Lukaku menggila sehingga Chelsea memulangkannya ke London.

Lukaku kembali ke Chelsea pada musim panas 2021. Namun, performanya justru menurun drastis. Ia gagal membuktikan kualitasnya di lini serang Chelsea. Pada akhirnya, Lukaku memilih kembali ke Inter Milan dengan status pinjaman hingga musim panas 2023 nanti.

5. Timo Werner

5 Mantan Pemain Chelsea yang Memilih Hengkang ke Klub LamanyaTimo Werner (instagram.com/timowerner)

Setelah sanksi larangan transfer berakhir, Chelsea jor-joran membeli pemain pada musim panas 2020. Salah satu nama yang diangkut The Blues saat itu adalah Timo Werner. Ia dibeli dari RB Leipzig dengan mahar mencapai 53 juta euro atau sekitar Rp887 miliar.

Werner datang untuk menambah amunisi lini serang Chelsea. Namun, dirinya gagal tampil moncer seperti saat berkarier di Bundesliga. Ketajaman Werner menurun dengan hanya mencetak 23 gol dari 89 laga. Pada musim panas 2022, ia sepakat pulang ke RB Leipzig.

Kelima pemain di atas memiliki alasan yang berbeda-beda saat kembali ke klub lamanya. Walaupun begitu, kebanyakan dari mereka memilih untuk hengkang dari Chelsea sebab gagal bersinar.

Baca Juga: Chelsea Siap Tukar Joao Felix dan Romelu Lukaku ke Atletico

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya