5 Mantan Pemain Andalan Olympique Lyon yang Digaet Klub Top LaLiga

Kebanyakan direkrut oleh Barcelona dan Real Madrid

Olympique Lyon merupakan salah satu klub legendaris di Prancis. Meskipun ketenarannya saat ini masih kalah dibandingkan Paris Saint-Germain, klub berjuluk Les Gones tersebut tetap patut untuk diperhitungkan. Terlebih, Lyon selalu konsisten di papan atas Ligue 1 dalam beberapa musim terakhir.

Konsistensi Les Gones didukung dengan keberadaan para pemain andalannya. Pemain itu menjadi sosok kunci bagi permainan Lyon. Namun, tetap saja, tak semuanya memutuskan untuk bertahan lama bersama Les Gones.

Beberapa pemain andalan Lyon memilih hijrah ke klub lain, khususnya ke klub papan atas LaLiga. Siapa saja mereka? Check this out!

1. Ferland Mendy

5 Mantan Pemain Andalan Olympique Lyon yang Digaet Klub Top LaLigaFerland Mendy (instagram.com/ferland_mendy)

Ferland Mendy hanya membela Olympique Lyon selama dua musim (2017--2019). Sekilas, waktu yang cukup singkat, tetapi sudah cukup baginya hingga dilirik klub sekelas Real Madrid.

Selama berseragam Les Gones, Mendy mampu berkembang sebagai salah satu bek kiri potensial yang dimiliki oleh Prancis. Ia menjadi tulang punggung timnya di sisi kiri pertahanan dengan catatan 79 penampilan.

Performa apiknya saat itu memikat Real Madrid yang tengah mencari suksesor Marcelo. Mendy akhirnya benar-benar hengkang ke klub ibu kota Spanyol tersebut. Ia ditebus Real Madrid dengan banderol 48 juta euro atau sekitar Rp742 miliar.

2. Samuel Umtiti

5 Mantan Pemain Andalan Olympique Lyon yang Digaet Klub Top LaLigaSamuel Umtiti (twitter.com/brfootball)

Olympique Lyon merupakan klub masa kecil Samuel Umtiti. Sedari belasan tahun, ia menghabiskan kariernya bersama Les Gones di tim akademi. Beberapa tahun berlalu hingga namanya masuk ke skuad utama pada musim 2012/2013. Sejak keberhasilannya itu, Umtiti selalu diandalkan Lyon di jantung pertahanan.

Umtiti begitu digdaya dengan menorehkan 170 penampilan di semua ajang. Usai empat musim bersama, ia direkrut oleh Barcelona. Umtiti dibeli seharga 25 juta euro atau sekitar Rp386 miliar. Kepindahannya ke Spanyol sempat berjalan indah di awal musim, tetapi cedera berkepanjangan memaksa karier Umtiti kian menurun.

Baca Juga: 5 Pemain Top Ini Kariernya Terselamatkan usai Pindah ke Olympique Lyon

3. Nabil Fekir

5 Mantan Pemain Andalan Olympique Lyon yang Digaet Klub Top LaLigaNabil Fekir (twitter.com/RealBetis_en)

Nabil Fekir memiliki perjalanan panjang bersama Olympique Lyon. Berstatus sebagai lulusan akademi menandakan kesetiaannya yang begitu besar.

Terlebih sejak naik kasta ke skuad utama pada 2013 lalu, ia bertahan lama dengan Lyon. Di titik inilah Fekir menikmati puncak performa di sepanjang kariernya. Selama enam musim mengenakan jersey Lyon, Fekir berhasil membukukan 69 gol dan 46 assists dari 193 penampilan.

Berkat performa impresif yang ia buat, Fekir dirumorkan bakal bergabung ke Liverpool. Namun, transfer itu urung terjadi. Tak disangka, ia malah lebih memilih hijrah ke Real Betis dengan mahar 19,75 juta euro atau sekitar Rp305 miliar.

4. Mariano Diaz

5 Mantan Pemain Andalan Olympique Lyon yang Digaet Klub Top LaLigaMariano Diaz (twitter.com/ChampionsLeague)

Mariano Diaz merupakan salah satu produk akademi Real Madrid Castilla. Ia dipromosikan ke skuad utama pada musim 2016/2017 lalu, tetapi kesulitan memperoleh jam terbang karena ketatnya persaingan. Oleh karena itu, Los Blancos melepasnya ke Olympique Lyon dengan opsi pembelian kembali.

Kepindahannya ke Prancis berbuah manis. Mariano tampil apik di lini depan Les Gones. Dari 48 penampilan, ia berhasil mengemas 21 gol dan enam assists. Tak mengherankan apabila Real Madrid kembali mendaratkannya ke Santiago Bernabeu. Saat itu, Los Blancos harus membayar 21,5 juta euro atau sekitar Rp332 miliar.

5. Memphis Depay

5 Mantan Pemain Andalan Olympique Lyon yang Digaet Klub Top LaLigaMemphis Depay (twitter.com/Memphis)

Usai terpuruk bersama Manchester United, Memphis Depay melanjutkan perjalanannya ke Prancis. Ia bergabung dengan Olympique Lyon demi mengembalikan performa terbaiknya lagi.

Benar saja, Memphis seolah terlahir kembali usai tampil gemilang selama 5,5 musim berseragam Les Gones. Ia mampu konsisten mengisi pos penyerangan timnya tersebut.

Tercatat, 76 gol dan 55 assists berhasil dicetak pemain Belanda itu saat membela Lyon. Usai kontraknya berakhir, Memphis memilih untuk tak memperpanjangnya. Ia bergabung dengan Barcelona secara bebas transfer pada awal musim 2021/2022.

 

Usai hengkang dari Olympique Lyon, kelima pemain di atas menampilkan performanya masing-masing. Ada yang masih konsisten dengan diandalkan klubnya, tetapi ada juga yang malah menurun, seperti yang dialami oleh Samuel Umtiti.

Baca Juga: 5 Penyerang Top yang Pernah Membela Olympique Lyon Sedekade Terakhir

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya