5 Pemain Top Ini Kariernya Terselamatkan usai Pindah ke Olympique Lyon

Dari Islam Slimani hingga Memphis Depay!

Sebagai salah satu klub top Prancis, Olympique Lyon sejatinya mampu konsisten di papan atas Ligue 1. Meski tak mampu meruntuhkan dominasi PSG di kancah domestik, eksistensi Lyon di industri sepak bola Prancis masih sangat populer.

Tak hanya itu, peran Les Gones di sisi lain juga terbilang mumpuni, salah satunya mendatangkan pemain yang punya reputasi besar. Lyon juga acap kali mendaratkan pemain yang tengah terpuruk sekaligus menyelamatkan kariernya yang sempat terombang-ambing.

1. Islam Slimani

5 Pemain Top Ini Kariernya Terselamatkan usai Pindah ke Olympique LyonIslam Slimani (twitter.com/slimaniislam)

Nama Islam Slimani pernah melambung tinggi sewaktu pertama kali diboyong Leicester City. Tiba pada musim panas 2016, Slimani diproyeksikan sebagai tandem ideal Jamie Vardy sebagai predator di lini depan. Namun, hal tersebut sulit terealisasi sebab pemain Aljazair ini kesulitan beradaptasi di Inggris.

Slimani hanya bertahan selama 1,5 musim dan beberapa kali dipinjamkan. Beruntung baginya, Olympique Lyon tertarik dan membawa Slimani ke Prancis pada musim dingin 2021 lalu. Hijrah menuju skuad Les Gones setidaknya mampu membangkitkan kembali permainannya. Sejauh ini, Slimani telah mencetak 8 gol dan 5 assist untuk Lyon.

2. Jason Denayer

5 Pemain Top Ini Kariernya Terselamatkan usai Pindah ke Olympique LyonJason Denayer (twitter.com/noisettinho)

Jason Denayer pernah mengenakan jersey Manchester City di usia muda. Namanya bahkan dipromosikan ke skuad utama The Cityzens pada musim 2014/2015 lalu. Alih-alih kariernya bakal berkembang, kiprah Denayer justru cenderung stagnan. Tanpa sekali pun tampil, ia malah lebih sering dipinjamkan demi menambah jam terbang.

Tercatat klub-klub seperti Celtic, Galatasaray, hingga Sunderland pernah ia singgahi dalam waktu singkat. Dewi Fortuna masih menaungi pemain Belgia itu lantaran diminati Olympique Lyon. Denayer akhirnya hijrah ke Prancis pada musim panas 2018 dan berhasil menampilkan performa terbaiknya di sektor pertahanan.

Baca Juga: 5 Pemain Top Premier League yang Diboyong Olympique Lyon, Ada Shaqiri!

3. Emerson Palmieri

5 Pemain Top Ini Kariernya Terselamatkan usai Pindah ke Olympique LyonEmerson Palmieri (twitter.com/emersonpalmieri)

Perjalanan berliku harus ditempuh Emerson Palmieri selama berseragam Chelsea. Ia tak benar-benar menunjukkan potensi terbaiknya lantaran hanya berstatus pelapis. Sejak diboyong pada tahun 2018 lalu, pemain berpaspor Italia tersebut harus menerima pil pahit dengan lebih banyak berkutat di bangku cadangan.

Situasi tersebut terus berlangsung tiap musimnya. Semuanya makin rumit bagi Emerson sebab The Blues menggaet Ben Chilwell pada musim 2019/2020 lalu. Dipastikan tak terpakai, ia akhirnya dipinjamkan ke Lyon pada musim ini. Keputusan tersebut berbuah manis baginya. Emerson sukses tampil reguler mengisi pos bek kiri Les Gones.

4. Lucas Paqueta

5 Pemain Top Ini Kariernya Terselamatkan usai Pindah ke Olympique LyonLucas Paqueta (twitter.com/LucasPaqueta97)

Eksplorasi AC Milan dalam mencari bakat potensial dari Amerika Latin menghadirkan Lucas Paqueta sebagai aktor utama. Bersinar bersama Flamengo di usia muda, Rossoneri menggantungkan harapannya ke pemain Brasil itu. Milan resmi membawa Paqueta ke San Siro pada musim dingin 2019 lalu.

Namun, performa Paqueta justru tak mampu memenuhi ekspektasi. Tekanan tinggi dari berbagai pihak menghambat kariernya di Italia. Paqueta lantas memutuskan hijrah ke klub lain. Ia bergabung dengan Olympique Lyon demi mendapatkan kembali versi permainan terbaiknya. Benar saja, Paqueta berhasil menjad andalan Les Gones hingga detik ini.

5. Memphis Depay

5 Pemain Top Ini Kariernya Terselamatkan usai Pindah ke Olympique LyonMemphis Depay (twitter.com/Memphis)

Digadang-gadang bisa menjadi sosok pembeda di Manchester United, kiprah Memphis Depay justru bertahan seumur jagung. Kegagalannya tampil impresif di lini depan The Red Devils membuahi berbagai kritik pedas yang terus mengalir. Baginya, mau tak mau, Memphis harus menentukan jalan keluar dari United.

Sosok penyelamat itu akhirnya datang dalam wujud Olympique Lyon. Les Gones memboyong pemain berusia 27 tahun tersebut pada musim dingin 2017 lalu. Bermain tanpa beban di Prancis, Memphis sukses menemukan kembali performa terbaiknya. Ia tampil produktif di lini serang Lyon dengan koleksi 76 gol serta 55 assist.

 

Olympique Lyon mampu memanfaatkan sejumlah pemain yang kariernya tengah terpuruk. Les Gones sukses memoles mereka agar kembali menemukan sentuhan terbaiknya lagi di level teratas.

Baca Juga: 5 Penyerang Top yang Pernah Membela Olympique Lyon Sedekade Terakhir

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya