5 Pengguna Nomor Punggung 10 Tottenham Hotspur sebelum James Maddison

Maddison mengawali kiprahnya di Tottenham dengan baik

Kejutan terjadi pada awal musim 2023/2024. Striker utama Tottenham Hotspur, Harry Kane, memutuskan untuk hengkang dari klub masa kecilnya tersebut. Kepergiannya sempat membuat nomor punggung 10 The Lilywhites lowong untuk sementara waktu. Namun, tak butuh waktu lama bagi nomor tersebut untuk dimiliki lagi oleh pemain lain.

James Maddison ditunjuk sebagai pemilik nomor punggung 10 Tottenham Hotspur. Kehadirannya pun langsung memberikan pengaruh positif terhadap lini serang The Lilywhites. Sebelum digunakan oleh Maddison, nomor punggung 10 ini digunakan oleh beberapa pemain penting Tottenham Hotspur pada masanya. Siapa saja mereka?

1. Darren Bent meraih gelar juara Piala FA bersama Tottenham Hotspur

5 Pengguna Nomor Punggung 10 Tottenham Hotspur sebelum James MaddisonDarren Bent (efl.com)

Darren Bent membela Tottenham Hotspur selama 2 musim (2007--2009). Pada musim debutnya, Bent memakai nomor punggung 23. Setelah itu, ia mengganti nomornya menjadi 10. Meski kiprahnya terhitung singkat, Bent merupakan pemain andalan The Lilywhites. Ia menjadi mesin gol utama yang selalu tampil impresif.

Bent mampu mengemas 25 gol dan 7 assist dari 79 penampilan di semua kompetisi. Ia juga berjasa dalam keberhasilan Tottenham Hotspur meraih gelar juara Piala FA pada musim 2007/2008. Trofi tersebut menjadi gelar terakhir yang diraih oleh The Lilywhites hingga sekarang.

2. Performa Robbie Keane menurun karena faktor usia

5 Pengguna Nomor Punggung 10 Tottenham Hotspur sebelum James MaddisonRobbie Keane (uefa.com)

Robbie Keane mengambil alih kepemilikan nomor punggung 10 Tottenham Hotspur usai ditinggal oleh Darren Bent. Keane sejatinya bukanlah sosok yang asing di skuad The Lilywhites. Ia pernah membela klub London utara itu selama 6 musim (2002--2008). Keane sempat hijrah ke Liverpool, tetapi kembali lagi ke kota London.

Ia pulang ke Tottenham Hotspur pada musim dingin 2009. Keane awalnya sempat memakai nomor punggung 15, lalu berganti menjadi nomor 10 pada awal musim 2009/2010. Sayangnya, ia tak bertahan lama di sana. Kualitas Keane sudah menurun karena faktor usia. Ia juga kerap dipinjamkan ke klub lain, yaitu Celtic dan West Ham United.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Ange Postecoglou, Juru Taktik Tottenham Hotspur

3. Emmanuel Adebayor tampil apik di lini depan Tottenham Hotspur

5 Pengguna Nomor Punggung 10 Tottenham Hotspur sebelum James MaddisonEmmanuel Adebayor (twitter.com/SpursOfficial)

Emmanuel Adebayor bergabung dengan Tottenham Hotspur pada musim panas 2011. Ia dipinjam dari Manchester City. Meski berstatus pinjaman, ia langsung dipercaya untuk mengenakan nomor punggung 10. Kesempatan emas itu berhasil dimanfaatkan olehnya dengan baik. Adebayor mampu bersinar di lini serang The Lilywhites.

Jasanya ditebus permanen oleh manajemen Tottenham Hotspur. Selama 4 musim, Adebayor menjadi salah satu pemain penting di lini depan The Lilywhites. Dari 113 penampilan yang ia jalani, Adebayor berhasil membukukan 42 gol dan 20 assist. Ia lalu hengkang pada musim panas 2015.

4. Rafael van der Vaart menjadi gelandang serang mematikan yang diandalkan oleh The Lilywhites

5 Pengguna Nomor Punggung 10 Tottenham Hotspur sebelum James MaddisonRafael Van der Vaart (uefa.com)

Rafael van der Vaart membela Tottenham Hotspur sejak musim 2010/2011. Dalam 2 musim perdananya bersama The Lilywhites, van der Vaart sukses tampil menjanjikan sebagai gelandang serang utama. Dengan balutan nomor punggung 11, ia mencetak 27 gol dan 18 assist dari 76 penampilan di semua kompetisi.

Pada awal musim 2012/2013, ada sedikit perubahan nomor punggung Tottenham Hotspur. Pemilik nomor punggung 10, Emmanuel Adebayor, mengganti nomornya menjadi 25. Sementara itu, van der Vaart dipilih sebagai pengguna terbaru nomor punggung 10. Sayangnya, pada awal musim tersebut juga, van der Vaart memilih untuk menerima tawaran dari Hamburger SV.

5. Harry Kane tampil ganas meski gagal meraih gelar juara sama sekali

5 Pengguna Nomor Punggung 10 Tottenham Hotspur sebelum James MaddisonHarry Kane (twitter.com/HKane)

Harry Kane merupakan salah satu legenda abadi yang dimiliki oleh Tottenham Hotspur. Berstatus sebagai jebolan akademi, ia menjelma mesin gol utama The Lilywhites. Namanya mulai menghiasi skuad utama sejak musim 2010/2011. Namun, Kane sempat dipinjamkan beberapa kali demi menambah jam terbang.

Soal nomor punggung 10, ia sudah mengenakannya sejak musim 2015/2016. Nomor tersebut dipakainya selama bermusim-musim. Kane membuktikan performanya sebagai salah satu striker terbaik di Inggris. Ia mengemas 278 gol selama membela Tottenham Hotspur. Pada musim panas 2023, Kane hengkang ke Bayern Munich.

Kelima pemain di atas memiliki karier yang gemilang bersama Tottenham Hotspur. Hal yang sama diharapkan bakal terus berlanjut kepada pemilik nomor punggung 10 The Lilywhites saat ini, James Maddison. Bisakah ia membawa klub barunya itu memutus paceklik gelar juara?

Baca Juga: 5 Pemain Termahal Bayern Munich pada 2023/2024, Ada Harry Kane!

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya