5 Nonpenyerang yang Memakai Nomor Punggung 7 di Bundesliga

Kebanyakan dari mereka merupakan gelandang

Di dunia sepak bola, nomor punggung 7 identik dengan penyerang. Sederet penyerang hebat menggunakan nomor tersebut sehingga sangat ikonik. Salah satunya Cristiano Ronaldo.

Kebanyakan pengguna nomor punggung 7 pun rata-rata berposisi sebagai penyerang. Meski begitu, nomor punggung itu tidak mutlak untuk seorang penyerang. Ada juga yang bukan penyerang mengenakannya. Sebut saja di Bundesliga Jerman 2022/2023 lalu. Beberapa pemain dengan nomor punggung 7 beroperasi di posisi lain.

Inilah nonpenyerang yang memakai nomor punggung 7 di Bundesliga itu.

1. Kevin Stoger

5 Nonpenyerang yang Memakai Nomor Punggung 7 di BundesligaKevin Stoger (twitter.com/VfLBochum1848eV)

Kevin Stoger merupakan pemain anyar VfL Bochum pada 2022/2023. Ia bergabung dengan status bebas transfer usai kontraknya bersama Mainz 05 habis. Bersama klub barunya itu, Stoger diberikan nomor punggung istimewa, yaitu nomor punggung 7. Kebetulan nomor tersebut kosong setelah ditinggal Danny Blum.

Stoger sejatinya bukanlah penyerang. Ia lebih banyak bermain di lini tengah yang berperan sebagai kreator serangan. Performanya pada musim lalu pun terbilang impresif. Stoger tampil menjanjikan bersama Bochum dengan catatan 36 penampilan. Ia membawa timnya terhindar dari jurang degradasi.

2. Lee Jae Sung

5 Nonpenyerang yang Memakai Nomor Punggung 7 di BundesligaLee Jae-sung (twitter.com/Mainz05en)

Lee Jae Sung mengenakan nomor punggung 7 Mainz 05 sejak bergabung pada musim panas 2021. Ia tak asing dengan nomor tersebut. Pasalnya, bersama klub yang ia bela sebelumnya, Holsten Kiel, Jae Sung juga memakai nomor punggung serupa. Padahal, ia memiliki posisi asli gelandang serang.

Memakai nomor punggung 7 merupakan motivasinya untuk tampil apik. Buktinya, Jae Sung menunjukkan aksi impresifnya di lini tengah Mainz 05. Dalam 2 musim perdananya bersama klub Bundesliga itu, Jae Sung sudah bermain dalam 66 pertandingan. Ia mampu mengoleksi 11 gol dan 7 assist.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 7 Real Madrid sebelum Vinicius Jr

3. Dejan Ljubicic

5 Nonpenyerang yang Memakai Nomor Punggung 7 di BundesligaDejan Ljubicic (instagram.com/dejanljubicic)

Setelah kepergian Tolu Arokodare, pemilik nomor punggung 7 FC Koeln langsung berganti pada musim panas 2021. Sang pemilik baru itu adalah Dejan Ljubicic. Ia bergabung dengan Koeln secara gratis dari Rapid Vienna. Sebelum memakai nomor punggung 7, Ljubicic sebenarnya akrab dengan nomor 39 di klub lamanya.

Pemain yang beroperasi sebagai gelandang bertahan ini tak terlalu rutin diturunkan. Hingga akhir musim 2022/2023, Ljubicic hanya mengoleksi 65 penampilan di semua ajang. Namun, Ljubicic masih punya banyak waktu untuk berkembang sebab masih berusia 25 tahun saat ini.

4. Luca Waldschmidt

5 Nonpenyerang yang Memakai Nomor Punggung 7 di BundesligaLuca Waldschmidt (instagram.com/lucawaldschmidt)

Nomor punggung 7 VfL Wolfsburg tak terlalu ikonik. Deretan pemain top yang pernah membela Wolfsburg justru memilih nomor lain. Saat ini, nomor punggung tersebut dipakai gelandang berusia 27 tahun, Luca Waldschmidt. Ia sudah memakainya sejak bergabung pada musim panas 2021 lalu.

Meski begitu, nasib Waldschmidt justru tak begitu mulus di Wolfsburg. Ia tak menjadi pilihan utama di lini tengah Die Wolfe. Hingga akhir musim 2022/2023 saja, mantan pemain Benfica itu baru tampil dalam 36 pertandingan. Ia bahkan dikabarkan bakal hijrah ke Koeln dengan status pinjaman pada musim panas 2023.

5. Giovanni Reyna

5 Nonpenyerang yang Memakai Nomor Punggung 7 di BundesligaGiovanni Reyna (twitter.com/GioAReyna10)

Tongkat estafet kepemilikan nomor punggung 7 Borussia Dortmund terus berlanjut. Usai dipakai Jadon Sancho, pemain selanjutnya adalah Giovanni Reyna. Ia mulai memakai nomor punggung tersebut pada awal musim 2021/2022. Sebelumnya, Reyna memakai nomor punggung 32.

Tak hanya di level klub, pemain berpaspor Amerika Serikat itu juga menggunakan nomor serupa di timnas. Reyna sudah memakai nomor punggung 7 sejak 2019 lalu. Ia sempat berganti nomor punggung menjadi 11, tetapi kembali ke nomor favoritnya pada 2020 hingga sekarang.

Kelima pemain di atas tak ragu memakai nomor punggung 7. Mereka menggunakannya dengan alasan tersendiri. Sayangnya, tak semua dari mereka tampil impresif bersama nomor yang kerap dianggap keramat tersebut.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal Terbaik yang Memakai Nomor Punggung 7

Alvin Pratama Photo Verified Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya